Tanggal:17 June 2024

Apa itu ‘Me Time’ yang Berperan Penting bagi Kesehatan Mental?

Apa itu me time? Pada era modern seperti sekarang, pasti kebanyakan orang menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk bekerja ataupun melakukan aktivitas yang membuat keseharian dipenuhi dengan kesibukan.

Me time sendiri memiliki arti kegiatan menghibur diri dengan menghabiskan waktu sendirian. Tujuan utamanya agar meningkatkan rasa kebahagiaan dan mengurangi beban pikiran akibat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, Me time juga bisa menjaga kesehatan mental kalian, lho!

Lantas, apa saja manfaat yang kita peroleh? Lalu, bagaimana cara melakukannya? Tak perlu risau, ya! Dalam artikel Vocasia ini akan kami bahas secara detail untuk kalian.

Baca Juga | Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

Apa itu Istilah Me Time?

Ilustrasi Me Time (Pixebay)

Me time merupakan istilah yang sering digunakan oleh seseorang yang perlu fokus pada diri mereka sendiri untuk sementara waktu tanpa terganggu oleh pekerjaan ataupun pada kehidupan yang penuh dengan hiruk-pikuk. Hal itu dilakukan untuk menghubungkan alam pikiran dan tubuh.

Dengan melakukan me time, kamu bisa bersantai menghibur diri sendiri, menghilangkan stres, dan me-recharge diri agar dapat bersemangat lagi. Me time dianggap sebagai kesempatan yang bagus untuk merilekskan diri sejenak. Setiap orang dapat menghabiskan me time dengan cara yang berbeda. Menurut Harvard Health Publishing, waktu yang ideal untuk meluangkan waktu ini bisa berdurasi minimal 5 hingga 30 menit.

Baca Juga | Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

Manfaat dari Me Time

Kegiatan Me Time (Pexels)

Padatnya tuntutan dan kesibukan sehari-hari, waktu khusus untuk me-refresh diri sendiri tentunya sangat diperlukan. Hal itu karena baik untuk kesehatan fisik dan mental kalian. Bagi kalian yang tidak punya waktu untuk me time, coba buatlah note pada kalender yang kalian punya. Dengan meluangkan waktu untuk me time, kalian dapat merasakan banyak manfaatnya, di antaranya seperti di bawah ini.

Baca Juga | 7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

1. Fokus dan produktivitas akan meningkat

Saat me time, secara otomatis kalian akan menyingkirkan gangguan pikiran tentang masalah lainnya dalam hidup untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan untuk merilekskan diri sejenak. Diharapkan setelah melakukan me time, kalian akan mendapatkan pikiran yang lebih jernih. Sehingga, kalian siap kembali untuk fokus bekerja sekaligus meningkatkan produktivitas di masa mendatang.

Baca Juga | 7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Optimal

2. Membantu memecahkan permasalahan

Me time dipercaya dapat membantu kalian secara efektif mengatasi masalah dan situasi sulit yang sedang dialami. Setelah menjalani aktivitas me time, kalian akan memiliki ide baru atau solusi terbaik untuk setiap masalah yang dimiliki.

Baca Juga | Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving!

3. Tubuh dan pikiran menjadi fresh

Ketika kalian merasa jenuh dan lelah karena menjalani hari-hari yang cukup berat, me time bisa membantu kalian kembali bersemangat. Selain itu, me time akan memberikan efek menyegarkan tubuh dan pikiran, lho.

Bebaskan pikiran dari segala macam hawa negatif yang membuat kalian tertekan dan rilekskan tubuh selama beberapa rentang waktu. Biarkan tubuh dan pikiran terhanyut dalam santai dan rasakan manfaat baiknya setelah melakukan me time.

Baca Juga | Mengenal Profesi Travel Writer, Ketahui Prospek Dan Skill Yang Harus Dimilikinya

4. Meningkatkan kualitas hubungan sosial

Tak disangka, salah satu manfaat me time yakni dapat meningkatkan kualitas hubungan kehidupan sosial. Di waktu ini, kalian dapat mengidentifikasi diri dan memilih lingkaran teman yang juga sesuai dengan visi dan misi kalian. Kalian dapat memilih teman yang bisa membangun dan memberikan kesan-kesan positif. Terkadang waktu bisa membuatmu mengerti betapa berharganya orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga | Public Relation: Pengertian, Tugas, Dan Fungsinya

5. Mengisi energi mental

Memang benar bahwa mengerjakan pekerjaan yang banyak setiap harinya dapat menguras energi mental kalian. Di saat seperti inilah kalian butuh me time. Dengan menyediri, kalian bisa mengistirahatkan pikiran sejenak. Ibaratkan dengan charger, me time dapat mengisi ulang energi mental kalian untuk menghadapi segala rintangan pada hari esok.

Baca Juga | 6 Cara Memiliki Winning Mentality Agar Karir Cemerlang

6. Menghilangkan burnout

Mengalami stres akibat pekerjaan, keuangan, jadwal yang sangat sibuk, dan lainnya adalah hal biasa. Namun, stres yang berlebihan pasti dapat membuat kalian kelelahan. Burnout merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang stres karena masalah pekerjaan. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih pendiam, suka melamun, dan tidak dapat melanjutkan pekerjaan. Oleh karena itu, me time merupakan salah satu cara alternatif untuk menenangkan diri.

Baca juga | Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

7. Waktu Yang Pas Untuk Self Discovery dan Merencanakan Masa Depan

Secara tidak langsung, me time dapat membantu kamu untuk menyembuhkan dari beberapa masalah yang telah kamu lalui beberapa waktu lalu. Sehingga, cara ini cukup ampuh untuk merenung dan memperbaiki semuanya. Selain itu, saat merenung kamu juga bisa merencanakan masa depan agar lebih tertata, dan dapat membuat plan B untuk berjaga-jaga kalau ada permasalahan.

8. Lebih Mengenal Diri Sendiri 

Dengan adanya me time, kamu bisa lebih mengenal diri kamu sendiri. Karena di waktu inilah, kamu sendirian dan waktu yang tepat untuk self talk dan mengevaluasi diri. Kamu akan tahu mana yang harus diperbaiki dari diri kamu, dan mana yang harus dikembangkan. Selain itu, dengan mengenal diri sendiri kamu tahu porsi yang seharusnya kamu ambil dalam beraktivitas.

Baca juga | Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

9. Mengatur Ulang Work Life Balance 

Setelah beberapa waktu kamu hectic dengan berbagai permasalahan, kamu bisa memanfaatkan me time ini untuk mengatur ulang pekerjaan dan kehidupan kamu yang rancu. Kamu bisa memprioritaskan mana yang harus kamu masukkan dalam ranah pekerjaan dan di luar pekerjaan. Dengan beginilah kehidupanmu akan lebih seimbang. 

Baca juga | Apa Sih Yang Dimaksud Work-Life Balance? Manfaatnya? Simak Penjelasan Berikut!

10. Salah Satu Kesempatan Untuk Bersantai 

Kebanyakan me time digunakan untuk merenungkan sesuatu dan membuat rencana yang akan datang. Padahal, me timejuga bisa digunakan untuk bersantai karena di saat me time inilah kamu bisa duduk sejenak, menjernihkan pikiran, dan juga bernafas sedikit santai daripada biasanya. Kamu tidak sedang hectic dan buru-buru, jadi kamu bisa menggunakan me time untuk bersantai.

Cara Melakukan Me Time

Aktivitas Seseorang Menyukai Me Time (Pixabay)

Bingung bagaimana cara melakukan me time agar lebih seru? Nah, kalian bisa ikuti cara berikut ini, ya!

1. Karaoke

Bagi seseorang yang suka bernyanyi, tidak apa-apa untuk menghabiskan waktu untuk karaoke. Menyanyi biasanya cukup ampuh untuk menghilangkan stres dan kepenatan dari segala tugas dan pekerjaan. Kalian dapat mengekspresikannya dengan menyanyi sepuasnya atau bahkan diselingi dengan menari santai.

Baca Juga | 10+ Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

2. Membaca novel atau komik

Temukan buku bacaan yang menarik untuk dibaca seperti novel, komik, majalah dan lainnya untuk menghabiskan waktu me time. Membaca memiliki sejumlah manfaat seperti membentuk ingatan, memperluas pengetahuan, menenangkan pikiran, dan sebagai sarana hiburan.

Baca Juga | 7 Novel Tentang Pendidikan, Menarik Dan Memotivasi Banget Loh!

3. Traveling sambil mendengarkan musik

Saat traveling, kalian juga bisa sambil mendengarkan musik tertentu yang bisa membangkitkan semangat, menginspirasi atau sekadar menghibur. Kalian bisa mendengarkan berbagai jenis musik yang disukai.

Baca Juga | ​​Travel Budget: Cara Mengatur Dana Travelling Agar Tidak Boncos

4. Perawatan

Siapa di antara kalian yang suka merawat diri? Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan ketika me time adalah merawat diri. Mulai dari luluran, spa, pijat, ke salon rambut, atau perawatan wajah. Kalian bisa melakukan perawatan sambil santai di dalam rumah atau pergi ke tempat perawatan. Setelah melakukan perawatan, badan pun jadi lebih segar dan stres ikut berkurang.

Baca Juga | 11 Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Kulit Berminyak Dan Kusam

5. Kulineran

Kalian suka makan? Kulineran bisa kalian jadikan sebagai salah satu pilihan menghabiskan waktu me time. Kalian bisa mengunjungi cafe, food court, dan tempat-tempat yang menjual aneka ragam makanan. Tetapi, jangan lupa untuk mengontrol diri, ya. Pastikan porsi makanmu tidak berlebihan. Beli makanan yang sekiranya sanggup kamu habiskan saja.

Baca Juga | 10 Rekomendasi Ide Jualan Makanan Pedas Yang Cepat Dilirik Pelanggan

6. Menonton

Jika sudah sangat lelah dengan rutinitas kerja di luar rumah, kalian bisa melakukan kegiatan me time di rumah seperti menonton film favorit, series, ataupun drama. Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan sebelum menonton, nih. Jangan lupa untuk mengatur ruangan agar nyaman dan juga siapkan camilan biar tak bosan. Melakukan hal seperti ini dapat membuat kalian lebih bahagia dan fresh sebelum kembali ke rutinitas.

7. Merapikan Rumah

Mungkin awalnya kegiatannya tahun ini terasa melelahkan, ya? Namun, membereskan rumah juga ada manfaatnya, loh untuk kesehatan mental. Apalagi jika kamu sudah memiliki rencana untuk mengatur ulang interior rumahmu, tapi kamu masih belum punya waktu karena banyak kerjaan. Jadi me time cocok untuk mengasah kreativitas dan rencanamu yang sempat tertunda.

8. Olahraga

Kegiatan me time selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah olahraga. Nah, selain untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga bisa melepas lelah setelah bekerja. Kamu bisa memilih berolahraga di alam terbuka untuk mendapatkan udara yang lebih segar dan yang lebih luas. Misalnya jogging keliling kompleks, bersepeda santai sambil mendengarkan lagu. Lalu kamu juga bisa mencoba berbagai jenis olahraga outdoor seperti hiking, camping dan lain-lain.

Baca juga | 12 Manfaat Lari Pagi Secara Rutin, Salah Satunya Menaikkan Mood! 

9. Memasak

Masak merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi me time. Walaupun kamu tidak pintar masak, kamu tidak bisa mencari resep yang sederhana untuk kamu coba. Setelah masak, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri karena kamu bisa melakukannya. Masak juga bisa membuatmu menjadi lebih kreatif dan lebih menghargai diri sendiri. Apalagi jika menu tersebut adalah menu kesukaanmu, pasti me time akan lebih asi. 

10. Menulis

Saat me time, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mengenal dirimu dan berbicara dengan dirimu. Nah, hasil dari renunganmu ini bisa kamu tulis, loh! Hal ini bertujuan agar renungan itu bisa tersalurkan melalui tulisan, yang kemudian bisa kamu baca ketika kamu menghadapi sebuah masalah suatu saat nanti.

Itulah informasi mengenai me time, kalian bisa sesuaikan dengan waktu yang dipunya. Tak lupa, lakukan sesuai dengan keinginan, ya! Ternyata banyak sekali manfaat me time bagi kesehatan dan juga mental.

Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Baca Juga | Rekomendasi Web Series Indonesia Tahun 2022, Wajib Ditonton!

Edited by Romadhona S.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *