Tanggal:08 May 2024

Cara Membuat Podcast : Mudah dan Menarik, Yuk Coba!

Cara membuat podcast gimana, ya? Penyiaran podcast menjadi salah satu media kreatif paling populer di Indonesia. Tidak seperti siaran radio langsung, podcast adalah siaran yang direkam dan dapat didengarkan kapan saja. Beragam topik ditawarkan dalam acara podcast, mulai dari sesi breakout, diskusi topik hangat, diskusi buku, komik, hobi, resensi film, hingga kumpulan cerita horor, serta masih banyak lagi. Selain sebagai sarana mengekspresikan kreativitas di berbagai bidang, podcast juga bisa menjadi sumber pemasukan bagi channel-channel populer yang memiliki sponsor.

Jika Anda tertarik dengan dunia podcast, inilah yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa itu Podcast?

Podcast merupakan rekaman audio yang dapat didengar oleh masyarakat melalui media internet. Berbeda dengan radio karena harus diputar dan disiarkan langsung pada frekuensi tertentu, podcast dapat digunakan secara fleksibel atau kapan pun Anda mau. Anda bisa mendengarkannya melalui berbagai media elektronik yang ada. Saat ini podcast juga dapat digunakan melalui aplikasi pihak ketiga atau biasa disebut Anchor. Sifatnya yang on-demand membuat podcast sekarang lebih populer di kalangan pengguna internet daripada mendengarkan acara radio yang memiliki akses, frekuensi, dan waktu.

Perkembangan podcast juga tidak terlepas dari berbagai tantangan, antara lain adalah persaingan dengan konten berbasis video yang sudah lebih dulu populer, tantangan pada metode pengukuran dan implementasi monetisasi podcast, tantangan pada aspek produksi, kualitas audio dan optimalisasi durasi konten audio, serta tantangan terkait pengalaman pendengar.

Baca juga: Berikut Ini Cara Promosi Podcast yang Tepat!

Jenis-jenis Podcast

1. Interview podcast

Jenis yang pertama merupakan podcast yang dilakukan oleh host yang nantinya akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

2. Solo podcast

Jenis yang kedua merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Terkadang podcast ini dapat melibatkankan peran host dengan pendengar jika melakukan sesi tanya jawab.

3. Multi host podcast

Jenis yang ketiga merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda serta untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik. Pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah traffic dari pengunjung podcast Anda.

Cara Membuat Podcast

1. Menentukan tema yang tepat

Cara yang pertama, pastikan buat memilih terlebih dahulu tema atau topik bahasan yang ingin dikembangkan. Saat ini banyak podcast yang ditayangkan secara publik melalui layanan musik digital. Beberapa media podcast juga menyediakan beberapa kategori misalnya komedi, olahraga, politik, musik, film, dan lain sebagainya. Pastikan Anda sudah menentukan topik yang sinkron dengan minat dan ketertarikan Anda.

2. Mempersiapkan Bahan

Selanjutnya adalah mempersiapkan segala kebutuhan tentang bahan buat proses pembuatan. Sebaiknya, anda jangan memakai mikrofon built-in dalam laptop atau komputer. Pakai saja mikrofon secara terpisah dan lebih profesional. Anda juga bisa menentukan jenis mikrofon yang mempunyai fitur peredam bunyi yang baik supaya saat proses pembuatan tidak terganggu bunyi-bunyian lainnya. Lakukan proses rekaman pada pada ruangan yang mempunyai peredam atau jauh dari kebisingan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Untuk Pemula? Ini dia 5 Tips Mudah Untuk Memulai Karir Menjadi Youtuber

3. Membuat konten sesuai tema yang ditentukan

Setelah memilih tema dan mempersiapkan bahan sedemikian rupa, selanjutnya yang perlu dipersiapkan merupakan pembuatan atau script untuk rekaman podcast. Anda bisa merancang rekaman buat data diri anda terlebih dahulu. Kemudian, menciptakan script buat tayangan podcast sinkron durasi yang ditentukan. Biasanya durasi buat setiap siaran berkisar antara 20 sampai 60 menit. Sesuaikan durasi dengan topik yang akan dibahas. Dalam membawakan sebuah podcast, pakai bahasa yang lebih informatif, jelas, padat, dan interaktif.

4. Menggunakan aplikasi editing

Banyak sekali pelaksanaan pengedit audio yang bisa anda pakai, misalnya Audacity atau Adobe Audition. Untuk anda yang membutuhkan aplikasi gratis, bisa memakai Audacity. Apabila membutuhkan layanan fleksibel dan pelaksanaan penyunting audio yang lebih kompleks, Anda bisa memakai Adobe Audition.

5. Melakukan proses upload

Cara membuat podcast yang terakhir adalah melakukan proses upload output audio yang sudah selesai dibuat. Jangan lupa buat menambahkan beberapa hal-hal krusial misalnya judul, seri, deskripsi, kategori, dan lainnya. Anda juga bisa memakai layanan menurut pihak ketiga (third-party) misalnya, untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital yang ada seperti Spotify, SoundCloud, dan Youtube.

Itu dia, penjelasan tentang dunia podcast. Meskipun cukup mudah dilakukan, membuat podcast yang menarik dan berkualitas butuh dedikasi serta kerja keras. Tetap semangat, nantikan artikel selanjutnya ya!

Baca juga: Cara Membuat Iklan di YouTube untuk Pemula

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *