Tanggal:06 May 2024

6 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Belajar TOEFL, Persiapkan dari Sekarang!

Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) telah diikuti oleh banyak orang sebagai tes yang dijadikan tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seseorang dalam menggunakan Bahasa Inggris.

Kursus online belajar grammar vocasia

Walaupun begitu, masih banyak yang belum benar-benar memahami manfaat ikut tes TOEFL. Banyak orang yang belum mempersiapkan dirinya untuk mengikuti tes TOEFL karena kurang sadar akan manfaat yang akan diperoleh. 

Tes TOEFL acapkali dianggap sebagai formalitas atau ujian biasa. Padahal, untuk mendapatkan sertifikat TOEFL kamu membutuhkan proses belajar yang panjang karena kegunaan sertifikat ini bisa untuk kesuksesanmu di masa depan. 

Kamu bisa menggunakan hasil skor TOEFL sebagai jembatan murid atau pekerja yang ingin melanjutkan jenjang ke studi atau mencari pekerjaan ke negara lain yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Sudah lebih dari 10.000 universitas dan institusi di 130 negara menggunakan TOEFL sebagai salah satu parameter penilaian utama.

Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan tes TOEFL dari sekarang untuk mendapatkan beberapa manfaat yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Baca juga: Persyaratan dan Tata Cara Masuk Akpol

Manfaat Belajar TOEFL

Berbagai Manfaat Belajar TOEFL. Sumber: pexels.com

Untuk mendorong semangat kamu dalam melakukan persiapan sebelum menjelang tes TOEFL, ketahui beberapa manfaat belajar TOEFL agar kamu lebih siap menghadapi tes sesungguhnya. Simak, yuk!

1. Mempersiapkan Studi di Luar Negeri

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk merasakan pengalaman berkuliah ke luar negeri. Dengan mengikuti tes TOEFL, kamu bisa berkesempatan untuk mewujudkan mimpi melanjutkan studi ke luar negeri.  

Sertifikat TOEFL sangat dibutuhkan karena selalu menjadi syarat dokumen yang perlu dipenuhi pendaftar. Tujuannya tentu saja agar memudahkan kamu berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan baru di luar negeri. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik kamu akan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan ketika berkuliah di luar negeri nanti.

2. Keperluan untuk Urusan Beasiswa

Selain menjadi persyaratan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, tes TOEFL juga bisa digunakan untuk persyaratan mendapatkan beasiswa penuh di luar negeri. Biasanya dokumen itu diperlukan karena penerima beasiswa sudah wajib memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. 

Tujuannya juga sama dengan sebelumnya yaitu untuk memudahkan kamu berinteraksi dan komunikasi dengan lingkungan baru di luar negeri. Dalam proses pembelajarannya pun juga akan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan ketika berkuliah di luar negeri nanti.

Baca juga: Apa itu Front Office dan Back Office

3. Peningkatan Jenjang Karier

Bagi kamu seorang pekerja atau karyawan yang saat ini bekerja di suatu perusahaan, ketika mendapatkan sertifikat TOEFL kamu bisa meningkatkan jenjang karier di bidang profesional. Seseorang yang memiliki skor TOEFL tinggi ini telah terbukti memiliki karier yang cemerlang.

Dengan mendapatkan sertifikat TOEFL, kamu akan dianggap mampu menaikkan value perusahaan dengan bisa berkomunikasi secara lancar dengan klien asing, dan dapat mengikuti perkembangan berbagai isu dengan baik karena memiliki kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang baik. Tentu hal ini akan memudahkan kamu untuk naik jabatan secara cepat. Masih ragu untuk belajar TOEFL dari sekarang?

4. Mengasah Kemampuan Pribadi

Kemampuan dalam berbahasa Inggris yang akan kamu dapatkan saat mengikuti tes TOEFL dimulai dari berbicara, menulis, hingga mendengarkan. Secara tidak langsung, mengikuti tes TOEFL ini dapat mengasah kemampuan kamu dalam berbahasa inggris di berbagai bidang yang utama. 

Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan TOEFL dengan mulai belajar TOEFL melalui kelas-kelas yang tersedia secara online maupun offline agar kamu lebih siap menghadapi tesnya nanti.

Baca juga: Jurusan yang Cocok untuk Introvert

5. Telah diakui secara Global

Hasil tes TOEFL telah dipercaya oleh kurang lebih 6000 institusi internasional yang digunakan oleh 130 negara bahkan lebih sebagai acuan kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Pengakuan ini bisa kamu manfaatkan saat mendaftar ke institusi pendidikan maupun perusahaan yang akan kamu lamar. Sangat bermanfaat, bukan? Tunggu apalagi segera belajar TOEFL mulai dari sekarang untuk dapatkan manfaat!

6. Simulasi Tes TOEFL

Sebelum mengikuti tes TOEFL yang sesungguhnya, kamu bisa mencari terlebih dahulu mengenai prediction test atau tes prakiraan yang bisa digunakan untuk memprediksi soal-soal yang akan muncul. Hal ini berfungsi supaya kamu bisa merasakan bagaimana rasanya ikut tes TOEFL yang sesungguhnya. Layaknya mengikuti try out, format prediction test juga dibuat mirip dengan tes TOEFL yang sebenarnya. Termasuk dengan menguji kemampuan Reading comprehension, listening comprehension, dan lainnya.

Baca juga: Apa itu Buzz dalam Marketing

Nah, itu dia 6 manfaat belajar TOEFL yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang. Segera persiapkan segalanya agar kamu bisa mendapatkan skor TOEFL dengan maksimal. 

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah platform online penyedia berbagai kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis. Tunggu apalagi? Segera tingkatkan kemampuan untuk menunjang karirmu ke depan! 

Nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris untuk belajar TOEFL, kamu juga dapat menemukan pembelajaran untuk dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris DI SINI

Baca juga: Belajar ala Albert Einstein

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *