Tanggal:17 May 2024

4 Tips Melakukan Perjalanan Bisnis

Melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke luar negeri tidak selalu perihal liburan, namun bisa jadi kamu melakukan perjalanan ini untuk keperluan bisnis. Bahkan beberapa pengusaha melakukan perjalanan ke luar kotan maupun ke luar negeri secara rutin di setiap minggu.

Baca Juga : Cara Membangun Bisnis Startup

Jadwal yang pada membuat perjalanan ini harus dipersiapkan dengan baik agar nantinya bisa berjalan dengan baik dan tidak mengganggu jadwal kegiatan lainnya. Mengingat sekarang banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem remote working, misalnya saja melakukan meeting, membuat laporan di luar kota atau di luar negeri.

Baca Juga : Membangun Mental Bisnis

Buat kamu yang saat ini mendapatkan pekerjaan di luar kota maupun luar negeri, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas 4 tips melakukan perjalanan bisnis.

Baca Juga : Business Model Canvas

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan berikut ini sampai tuntas!

membuat daftar pekerjaan

membuat daftar pekerjaan – @pixabay.com

1. Membuat daftar pekerjaan

Membuat daftar pekerjaan yang akan di lakukan di luar kantor tidak hanya menghindarkanmu dari pekerjaan yang harus dilakukan melainkan juga hal ini akan menginatkan kamu tentang barang apa saja yang perlu kamu bawa dan persiapkan ketika bekerja di luar kantor seperti dokumen maupun beberapa peralatan dan perlengkapan lainnya. Terkadang hal kecil bisa mengganggu pekerjaanmu lo seperti powerbank untuk mengisi daya HPmu.

Baca Juga : Strategi Mengembangkan Usaha

Buatlah checklist barang pribadi lalu checklis pekerjaan beserta barang-barang pelengkap.

Jangan membawa tas terlalu banyak

Jangan membawa tas terlalu banyak

2. Pergunakan tas yang praktis

Memang semakin lama kamu melakukan perjalanan bisnis, maka tas kamu akan semakin besar ataupun semakin banyak. Namun selama apapun kamu melakukan perjalanan bisnis, usahakan menggunakan tas sepraktis mungkin. Sangat disarankan kamu bisa membawa tas yang tidak terlalu besar sehingga kamu tidak harus meletakkan tas tersebut di bagasi pesawat agar mobilitas bisa lebih cepat dan praktis.

Baca Juga : Strategi Promosi Untuk Bisnis

Tidak hanya di bandara, tas yang praktis bisa sangat memudahkanmu berpindah tempat di hotel satu ke hotel lainnya.

3. Mempersiapkan keperluan emergency

Perjalanan bisnis berbeda dengan perjalanan liburan, dimana perjalanan liburan yang cenderung lebih bebas dalam menentukan agenda kegiatan. Berbeda denagn liburan, perjalanan kerja bisa jadi mendapatkan hal yang tak terduga ketika di perjalanan. Salah satu hal yang sering menjadi polemik yaitu agenda kerja yang berubah, misalnya perubahan jam meeting sedangkan kamu ada urusan lain di jam tersebut.

Baca Juga : Strategi Menguntungkan

Salah satu cara yang bisa kamu siapkan untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan memesan tiket pesawat dengan fleksibilitas tinggi sehingga kamu bisa melakukan penjadwalan penerbangan ulang dengan nyaman tanpa harus menambah biaya.

Baca Juga : Mempertahankan Bisnis

Jaga kesehatan pada proses tes

Jaga kesehatan – @rawpixel.com

4. Jaga kesehatan

Kondisi tubuh yang kurang sehat bisa sangat mengganggu pekerjaan kamu di luar kota. Ditambah lagi, kamu akan melakukan banyak kesibukan di sana. Kondisi tubuh yang kurang sehat bisa mengganggu keefektifan kerja kamu.

Sangat disarankan kamu menjaga pola makan, makan makanan bernutrisi tinggi dan ditambah dengan mengkonsumsi beberapa suplemen vitamin,

Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang cermat!

Demikian 4 tips melakukan perjalanan bisnis, semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.

Baca Juga : Tips Pemasaran Digital

Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *