Tanggal:18 May 2024

Suka Menyanyi? Berikut Tips Sukses Menjadi Wedding Singer!

Pernikahan merupakan kegiatan sakral yang menjadi tanda resminya cinta dua insan menjadi pasangan suami istri secara sah.  Momen istimewa ini harus diiringi rasa suka cita, ucapan selamat, dan doa dari para tamu undangan serta keluarga. Namun, tanpa disadari momen istimewa tersebut akan menjadi momen yang biasa jika tidak diiringi dengan alunan lagu merdu dan romantis.

Lantunan lagu merdu tersebut berasal dari wedding singer. Peran wedding singer sangat dibutuhkan dalam pernikahan karena dapat menjadikan suasana lebih khidmat dan romantis. Penasaran bagimana menjadi wedding singer yang digemari? Berikut penjelasannya.

Pengertian Wedding singer

Wedding Singer (Sumber: freepik.com)

Sebelum membahas soal teknis, kamu harus pahami terlebih dahulu tentang wedding singer itu apa. Wedding singer atau dalam bahasa Indonesia disebut penyanyi dalam pernikahan, merupakan salah satu profesi yang bertujuan untuk menghidupkan suasana pernikahan dengan bernyanyi.

Wedding singer/band diundang untuk melengkapi perhelatan pernikahan dengan menggunakan setelan busana yang sesuai dengan konsep pernikahan. Wedding singer menyanyikan lagu-lagu yang dapat menambah gelora romantis pasangan suami istri dan tamu undangan.

Bagi tamu undangan, adanya wedding singer selain untuk hiburan juga menjadi penggugah memori-memori lama bersama pasangan pada masa lalu, ataupun bagi tamu undangan yang belum memiliki pasangan dapat menjadi penyemangat untuk mencari pasangan hidup agar sama dengan pengantin yang mengundangnya.

Namun, tidak semua wedding singer atau band mampu menyuguhkan lantunan lagu yang diharapkan. Oleh karena itu, kemampuan dasar seorang wedding singer harus memahami cara membuat suasana pernikahan menjadi lebih indah, harmonis, dan romantis. Berikut beberapa tipsnya.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Melatih Vokal Agar Suaramu Bagus

Tips Sukses menjadi Wedding singer

1. Persiapkan diri

Persiapan Sebelum Menyanyi (Sumber: freepik.com)

Wedding singer harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum tampil di panggung agar dapat tampil dengan maksimal. Persiapan yang dilakukan harus menyeluruh, mulai dari latihan olah vokal, olah tubuh, olah nada. hingga harus menjaga fisik maupun mental agar tetap tampil prima, karena ketika dalam keadaan sakit atau badmood akan mengganggu perform.

Selain itu, terkait alat penunjang juga harus diperhatikan, seperti mic, sound system, alat musik, dan lainnya. Jikalau menghendaki, biasanya wedding singer membawa sendiri alat-alat penunjang dan asisten sendiri karena ditakutkan jika menggunakan milik orang lain tidak sesuai dengan tipikal suara atau tubuhmu.

Pada saat di panggung, jangan sampai kamu datang dengan keadaan belum siap, seperti rambut masih basah setelah keramas (perempuan) atau tampil kucel tanpa minyak rambut (pria). Selain itu, penggunaan kostum juga harus diperhatikan. Jangan sampai seorang wedding singer menggunakan kostum yang tidak sesuai dengan tema pernikahan, dan juga harus harus tetap mejaga sikap agar tetap anggun dan berwibawa.

2. Menyelaraskan lagu dengan tempat pernikahan

Tes Nada (Sumber: freepik.com)

Dalam memilih lagu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah keselarasan lagu dengan tempat pernikahan. Tempat dalam pernikahan dibagi dua, yaitu outdoor dan indoor. Kedua tempat tersebut keadaannya berbeda sehingga penyikapan terhadap pemilihan lagu dan pendukungnya pun berbeda.

Pernikahan yang dilakukan dalam bentuk outdoor harus lebih keras, namun, tetap stabil. Wedding singer dapat memberikan saran kepada klien dalam memilih musik, sebaiknya musik instrumen saja, karena apabila menggunakan musik vocal akan sulit didengarkan. Kecuali klien bersedia menyewa sound system yang memadai untuk pernikahan outdoor dengan lingkup area yang luas dan watt yang cukup.

Namun, apabila klien menggunakan konsep pernikahan indoor maka wedding singer bebas mengusulkan untuk menggunakan penyanyi vocal atau instrumen, karena di dalam ruangan tidak terhalang apapun sehingga lebih jelas ketika didengarkan oleh para tamu undangan. Hal yang tidak kalah penting ketika menentukan lagu, yaitu:

  1. Ketika suasana tempat pernikahan di pinggir pantai, penggunaan sound system harus lebih keras karena mempertimbangkan angin kencang dari laut memengarui jelas tidaknya suara yang dihasilkan dari sound;
  2. Harus ada perizinan kepada masyarakat atas penggunaan sound yang berpotensi mengganggu ketenangan masyarakat sekitar.

Baca juga:  10 Rekomendasi Lagu Pernikahan Buat Kamu. Cocok Buat Dansa Bareng Pasangan

3. Menyelaraskan antara lagu dengan tema pernikahan

Selaraskan Lagu dan Tema Pernikahan (Sumber: freepik.com)

Kedua, tips untuk menentukan lagu, seorang wedding singer harus mengetahui tema pernikahan untuk diselaraskan dengan lagu yang akan dibawakan. Tujuan diselaraskan tema dengan lagu agar lagu yang dibawakan tidak bentrok dengan suasana yang akan dibangun oleh klien, seperti klien menentukan tema pernikahan tradisional, wedding singer harus menyisipkan lagu tradisional kedua mempelai. Begitu juga apabila klien mengusung tema modern maka seorang wedding singer harus membawakan lagu yang kontemporer romantis dan lagu lainnya yang cocok untuk pernikahan

4. Perhatikan liriknya

Perhatikan Lirik Lagunya (Sumber: freepik.com)

Tidak kalah penting, memperhatikan lirik untuk menelaah apakah cocok atau tidak dibawakan dalam pernikahan. Terdengar sepele, namun, hal ini harus dipahami oleh wedding singer karena tidak mungkin misalkan lagu rindu, namun, liriknya lebih cocok untuk mantan mempelai.

Lirik yang digunakan sebaiknya lirik yang memiliki makna bahagia. Luangkan waktumu untuk memilah dan memilih lirik lagu dengan seksama agar tidak salah saat dinyanyikan.

Baca juga: Daftar Lagu Romantis Untuk Kamu, Wajib Kamu Dengerin!

Nah, itu penjelasan menjadi wedding singer. bagi kamu yang punya suara bagus dan berani tampil, tak ada salahnya mengasah kemampuan secara langsung on stage dengan jadi penyanyi kawinan. Ingat, hobi yang dibayar itu suatu pekerjaan terbaik di dunia ini. Selain itu, menghibur yang punya acara dan para undangan di resepsi pernikahan dapat membuat bahagia semua pihak, dan membahagiakan orang adalah ibadah.

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *