Tanggal:30 May 2024

7 Langkah Mudah Melatih Vokal Agar Suaramu Bagus

Memiliki suara yang bagus dan merdu merupakan sebuah anugerah yang bisa dimanfaatkan dengan baik, misalnya seperti untuk bernyanyi atau melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan suara. Bahkan, suara yang bagus ini bisa menuntun seseorang menjadi penyanyi professional, lho.

Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kelebihan tersebut. Banyak juga orang yang memiliki suara biasa saja atau pas-pasan, lalu mereka harus mencari alternatif lain dengan melatihnya secara rutin terus-menerus agar suaranya menjadi bagus.

Apabila kamu adalah salah satu dari ribuan orang dengan suara pas-pasan, jangan berkecil hati! Kamu bisa kok melatih vokal dan pernapasan demi meningkatkan kualitas suara menjadi lebih merdu nan indah. Tak harus mengocek kantong terlalu dalam, sebab latihan tersebut bisa dilakukan di mana saja, sekalipun secara mandiri di rumah.

Penasaran, bagaimana cara melatih vokal yang mudah? Berikut di bawah ini kami uraikan langkah atau tips dalam melatih vokal supaya suaramu auto merdu. Simak caranya di bawah ini, ya!

Baca juga: 10 Penyanyi Muda yang Sukses Menduduki Berbagai Top Chart Music Indonesia

7 Cara Melatih Vokal dengan Mudah

7 Cara Melatih Vokal dengan Mudah. Sumber: pexels.com

1. Melatih Pernafasan Diafragma

Diafragma merupakan bagian penting dalam bernyanyi. Diafragma adalah lapisan otot yang memisahkan rongga dada, tepatnya di bagian bawah rusuk manusia. Bagian otot diafragma membantu menyalurkan udara lewat paru-paru ke pita suara. Jika kamu ingin mahir dalam bernyanyi, maka dengan memperkuat otot diafragma akan sangat membantu.

Saat mengambil udara diafragma memipih dan bergerak ke bawah, mendorong organ lain mengembang, maka disarankan untuk tidak makan besar saat akan bernyanyi. Mulailah Latihan pernapasan, tarik napas sedalam mungkin sambil mendorong perut keluar sejauh mungkin usahakan posisi tubuh tetap stabil. Gunakan mulut dan hidung dalam mengambil napas, bayangkan kamu sedang mencium harumnya bunga.

Lalu keluarkan napas diikuti dengan perut yang kembali ke posisi normal secara perlahan. Perlu diingat bahwa pernapasan yang baik tidaklah berbunyi. Pastikan otot-otot kamu tidak kaku namun harus tetap kuat. Untuk meningkatkan Latihan, kamu juga bisa mencoba untuk berlatih pernapasan sambil berhitung. Cobalah untuk berhitung saat bernapas, hitunglah secara perlahan dan stabil, kemudian catat sebanyak apa perkembangan latihan setiap harinya.

Baca juga: 8 Penyanyi Indonesia yang Sukses Go Internasional

2. Lakukan Lip Trill

Cara melatih vokal berikutnya yakni dengan melakukan lip trill. Bagi yang belum tahu, lip trill dilakukan dengan cara menggetarkan bibir. Tujuan melakukan lip trill adalah agar suara yang dikeluarkan tidak cempreng. Jangan salah, pita suara yang terlalu sering digunakan untuk berbicara atau bernyanyi justru bisa rusak.

Jika sudah rusak, biasanya suara yang dikeluarkan akan cempreng. Untuk itu, alih-alih mengeluarkan suara rendah yang parau atau kasar dari tenggorokan bagian bawah, lebih baik belajar produksi suara dari bagian depan rongga mulut. Cara melakukan lip trill memang gampang-gampang susah. Pertama tarik napas panjang sembari rapatkan bibir, lalu lakukan lip trill.

Caranya dengan mengalirkan udara melalui celah bibir hingga bibir bergetar dengan cepat. Jika sudah bisa, kamu dapat melakukan lip trill sembari bernyanyi semua nada naik turun sesuai rentang vokal. Kamu juga diperbolehkan bersenandung jika kesulitan melakukan lip trill. Cara ini berguna untuk memindahkan sumber suara dari tenggorokan ke mulut.

3. Menentukan Vocal Tone

Vocal tone adalah karakteristik suara yang membedakan antara satu penyanyi dengan penyanyi lainnya, atau biasa disebut juga dengan warna suara. Salah satu contohnya, Ipang BIP yang bernyanyi dengan suaranya yang serak-serak basah dan Tulus yang bernyanyi dengan lebih lembut dan ber-ambience.

Pada dasarnya karakter suara saat bernyanyi identik dengan suara saat kamu berbicara. Untuk mengenal karakter suara sendiri bisa dengan cara menyanyikan lagu dari seorang penyanyi yang berbeda jenis kelaminya denganmu.

Cobalah untuk memperbanyak referensi, mendengarkan lebih banyak lagu dari berbagai penyanyi maupun lintas genre. Dari situ kamu bisa menentukan ciri khas kamu sendiri dengan sedikit meniru dari berbagai penyanyi yang kamu sukai.

Baca juga: 6 Penyanyi Indie Indonesia Berbakat yang Wajib Kamu Tahu!

4. Mempelajari Teknik Hamming

Nah, untuk kamu yang masih pemula harus paham mengenai teknik hamming. Teknik pernapasan ini sangat membantu untuk bisa bernyanyi dengan lebih baik. Cara melakukannya sangat sederhana dan bisa kamu coba. Pertama, tutup mulut rapat dengan terlebih dahulu. Kemudian, lakukan dengungan dan mengeluarkan bunyi nada dari paling rendah.

Setelah itu, kamu bisa menaikan nadanya secara perlahan. Jangan terlalu memaksakan untuk bisa menghasilkan suara dengan nada yang tinggi. Setidaknya, hal ini menjadi pembelajaran secara rutin. Karena, akan sangat berpengaruh untuk kualitas suara yang kamu keluarkan.

Menggunakan teknik hamming, berguna agar tongga hidung dan tenggorokan lebih terbuka. Jadi, saat nantinya kamu bernyanyi bagian organ tersebut sudah bisa memahami apa yang akan dilakukan. Lakukan secara rutin namun tidak terlalu berlebihan.

5. Perhatikan Posisi Tubuh

Postur tubuh ternyata sangat berpengaruh dalam bernyanyi, sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan suara yang bagus. Postur tubuh yang tepat dapat membuat suara kamu lebih bagus. Namun, jika kamu membuat kesalahan dalam postur tubuh kamu maka suara akan menjadi sengau, bahkan suara bernada tinggi tidak akan dicapai dengan mudah.

Lalu, bagaimana postur tubuh yang benar saat bernyanyi? Saat bernyanyi, kamu harus berdiri karena diafragma tidak mengembang dengan baik saat kamu duduk atau berjongkok. Kamu harus bernyanyi sambil berdiri. Selanjutnya, regangkan punggung dan kaki dibuka hingga selebar bahu. Relaksasikan perut dan bahu kamu. Saat menyanyikan tinggi, miringkan dagu sedikit ke bawah. Tidak hanya berdiri, tetapi bernyanyi sambil berbaring juga ideal untuk melatih suara.

Baca juga: 5 Deret Penyanyi Jazz Indonesia, Siapa Tak Kenal?

6. Menjaga Dehidrasi Pita Suara

Cara berikutnya untuk membuat suaramu bagus adalah dengan menjaga dehidrasi pita suara dengan cara meminum air mineral. Air mineral merupakan salah satu minuman terbaik untuk menjaga dan membuat suara menjadi bagus. Atau bisa juga menghidrasi pita suara dengan meminum teh herbal hangat selain air mineral.

Minum air mineral sepanjang hari dan simpan air minum kemasan di dekat kamu selama aktivitas dan latihan. Pita suara akan bekerja paling baik bila dilumasi dengan benar. Dengan kata lain, kamu perlu menghidrasi seluruh tubuh kamu.

Tidak ada cara lain untuk secara langsung melembapkan pita suara yang kering. Namun, pita suara yang kering dengan cepat dapat berubah menjadi radang pita suara yang melukai suara. Oleh karena itu, semakin banyak air mineral yang kamu minum maka semakin baik dan bagus suara kamu.

7. Hindari Konsumsi Makanan Berminyak dan Pedas

Kemudian untuk membuat suaramu menjadi merdu nan indah, sebaiknya hindari makanan pedas dan berminyak. Menghindari dan mengurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak cukup efektif untuk menciptakan suara yang bagus, lho. Jika kamu pecinta makanan pedas, tenang saja, kamu masih bisa kok terus mengonsumsinya, tetapi dalam jumlah sedikit.

Pada dasarnya, makanan berminyak tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, terutama tenggorokan. Makanan yang terlalu berminyak dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan disfungsi pita suara di tenggorokan. Selain makanan berlemak, makanan pedas juga harus dihindari. Ini karena makanan pedas bisa menaikkan suhu tenggorokan dan menyebabkan disfungsi pita suara.

Baca juga:

Nah, demikianlah pembahasan mengenai cara melatih vokal. Melatih vokal untuk menjadikan suara lebih berkualitas memang tidaklah mudah. Beberapa cara melatih vokal untuk pemula di atas tentu dapat kamu coba. Perlu diingat, melatih vokal tidak bisa secara instan, melainkan membutuhkan waktu dan niat sungguh-sungguh dalam belajar. Selamat mencoba!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *