Tanggal:07 May 2024
Apa itu Instagram ads? (rawpixel.com)

Apa Itu Instagram Ads? Manfaat serta Rate Harga

Apa itu Instagram advertising?

Instagram saat ini memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Ini juga merupakan jejaring sosial kedua yang paling banyak digunakan (di belakang Facebook) dan masih terus berkembang. Saat ini, beriklan di Instagram adalah keharusan mutlak bagi sebagian besar perusahaan.

Baca Juga | Cara Promosi Makanan Lewat Instagram, Maksimalkan Berbagai Peluang!

Iklan Instagram adalah cara bagi merek untuk beriklan secara online dan memamerkan sisi kreatif mereka dengan gambar, video, dan konten visual lainnya. Meluncurkan kampanye iklan Instagram mengharuskan Anda memiliki akun iklan Facebook (jika Anda sudah menggunakan Facebook untuk tujuan promosi, Anda dapat menggunakan login yang sama), atau Anda dapat membuka akun bisnis Instagram. Iklan Instagram dikelola melalui Instagram Ads Manager atau Facebook Power Editor.

Kelebihan Instagram advertising

Salah satu platform media sosial yang semakin populer adalah Instagram. Instagram memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif sehingga dengan jangkauan dan popularitasnya. Berikut 3 manfaat beriklan di Instagram

1. Meningkatkan brand awareness

Menerapkan strategi media sosial yang memanfaatkan platform periklanan Instagram akan sangat meningkatkan pengenalan merek Anda karena Anda akan dapat terlibat dengan audiens calon konsumen yang besar dan beragam melalui iklan. Cukup memiliki banyak pengikut yang terhubung dengan profil Anda memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan keterlibatan dan dilihat oleh orang lain yang tidak terhubung dengan profil Instagram bisnis Anda. Orang yang berinteraksi dengan konten Anda akan meningkatkan kesadaran merek dan mulai membangun reputasi Anda sebagai merek. Setiap posting yang dibagikan, setiap komentar yang dibuat dan setiap like yang diberikan akan memperkenalkan merek Anda dan konten merek Anda ke jaringan individu baru. Aktivitas & eksposur tambahan ini dapat menghasilkan pengikut baru dari merek Anda dan pada dasarnya calon pelanggan baru. Tujuannya adalah agar sebanyak mungkin orang mengetahui tentang bisnis Anda. Orang-orang akan mengetahui bisnis Anda melalui penggunaan iklan Instagram dan memiliki afiliasi dengan merek Anda melalui iklan tersebut. Mereka mungkin tidak menggunakan layanan Anda begitu mereka menemukan Anda atau melihat iklan Anda, tetapi memiliki peluang besar untuk membeli dengan Anda saat mereka membutuhkan produk/layanan Anda.

Baca Juga | Branding: Pengertian, Manfaat dan tujuan branding secara umum

2. Menciptakan kepuasan pelanggan

Instagram adalah platform jaringan dan komunikasi. Penting untuk menciptakan suara melalui konten dan keterlibatan Anda di platform ini karena itu akan memberi merek Anda identitas unik. Tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain melalui penggunaan iklan Instagram yang menampilkan pemikiran, ide, dan penawaran Anda. Pelanggan menghargai menerima tanggapan pribadi dari perusahaan ketika mereka mengomentari profil bisnis mengenai masalah tertentu, mereka tidak suka diabaikan atau menerima tanggapan otomatis.

Instagram tidak hanya sebatas memperkenalkan produk dan kampanye promosi merek Anda. Instagram dipandang sebagai saluran layanan oleh pelanggan yang sudah ada atau potensial di mana mereka dapat berkomunikasi langsung dengan bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Kepuasan Pelanggan?

3. Targeting

Mengingat pengikut Instagram berukuran besar (dengan lebih dari 800 juta dan terus bertambah) dan kemampuan jaringan yang luas, Instagram jauh lebih dari sekadar platform media sosial konvensional. Instagram adalah alat penting untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan prospek penjualan melalui upaya pemasaran yang dibangun secara efektif. Beriklan melalui Instagram sama pentingnya dengan iklan lokal dan SEO. Itu dapat memperkenalkan merek Anda ke audiens yang tak terbatas dan kelompok yang ditargetkan secara khusus berdasarkan demografi yang berbeda, minat pengguna, perilaku konsumen, dan bahkan di mana mereka berada.

Baca Juga | Marketing Funnel: Pengertian,Tahapan,Strategi dan Contoh

Penargetan iklan memungkinkan Anda untuk menempatkan iklan Anda di depan orang yang tepat. Instagram memudahkan merek untuk membuat dan mendistribusikan iklan ini kepada pengguna yang tertarik/tertentu berdasarkan tujuan, fokus, dan niat perusahaan. Iklan Instagram yang ditargetkan adalah cara terbaik untuk perusahaan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye pemasaran berbasis tujuan.

Berapa harga Instagram ads?

Menurut data yang dilansir oleh kompas, biaya Instagram Ads bergantung pada model iklan yang secara umum terbagi menjadi dua, yakni biaya per klik atau cost-per-click (CPC) dan atau biaya per tayang cost-per-impressions (CPM).

Baca Juga | Perkiraan Biaya Pasang Iklan di TV Beserta Manfaatnya

Skema CPC dan CPM ini pula yang digunakan dalam penentuan berapa yang harus dibayar apabila beriklan di Facebook dan media sosial lainnya.  Rata-rata, pengiklan membayar 0,20 dollar AS atau Rp 2.840 (kurs Rp 14.200) hingga 2 dollar AS atau Rp 28.000 per klik untuk iklan CPC. Sementara, untuk iklan CPM, harga Instagram Ads berkisar 6,70 dollar AS atau Rp 95.190 per 1.000 tayangan.

Baca Juga | 9 Tips Optimasi Instagram untuk Promosi Bisnis, Yuk Terapkan!

Demikian pembahasan mengenai Instagram ads serta kebihan dan kisaran harga beriklan di Instagram. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis Instagram ads, Anda bisa membaca artikel dibawah ini.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *