Tanggal:03 May 2024

11 Contoh Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya

Contoh alat musik modern, ada apa aja sih? Hampir semua kalangan suka mendengarkan musik dalam setiap aktivitasnya. Bagi sebagian orang, bila tidak mendengarkan musik hidup terasa hampa. Selain itu, fungsi utama dari musik sendiri sebagai media penghibur, ajang berekspresi, dan juga berkreasi.

Baca Juga : Perbedaan Musik Tradisional Dan Modern

Kita dapat dengan mudah menikmati musik di era yang sudah maju teknologi ini. Tak hanya itu, banyak generasi yang menghasilkan karya harus patut kita banggakan. Berbagai macam manfaat memainkan alat musik juga ada, loh. Salah satunya dapat menstimulasi otak manusia untuk beraktivitas lebih ekstra dan bersemangat.

Nah, untuk lebih memahami seni musik beserta contoh alat musik modern. Yuk, simak artikel Vocasia ini!

Seni Musik Modern

Ilustrasi Alat Musik Modern (Pexels)

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa musik modern adalah musik yang muncul dan berkembang di masyarakat modern. Musik modern adalah musik yang muncul setelah masa klasik. Jenis musik ini cenderung lebih fleksibel dan melibatkan berbagai instrumen yang sangat beragam. Pada umumnya musik modern dibentuk dengan menggunakan tangga nada, yakni tujuh nada yang kita sebut nada diatonis. Musik modern memiliki dokumentasi yang jelas sehingga nama pengarang dapat dengan mudah dikenali. Ia berkembang dengan pesat sebagai bentuk dalam mempraktikan alat musik modern yang semakin maju. Tetapi, jarang sekali kita menemukan musik modern yang dikaitkan dengan budaya dan adat istiadat suatu daerah. Sebenarnya yang ada adalah pembaharuan musik tradisional dengan menyesuaikan dengan kemajuan zaman modern sekarang ini.

Baca juga: Alat Musik Kordofon, Contoh-Contohnya Apa Saja?

Contoh Alat Musik Modern

1. Harpa

Contoh Alat Musik Harpa (Pixebay)

Instrumen musik modern ini disebut harpa. Sebagai instrumen tertua di dunia, Harpa telah mengalami banyak revolusioner. Misalnya, pada awal 1500 SM. Senar atau dawai harpa dibuat dari rambut atau serat tanaman yang dikaitkan. Secara umum, harpa memiliki bentuk segitiga dan berwarna kuning. Alat musik harpa memiliki tiga bagian utama yaitu badan, leher, dan senar. Senar harpa juga dibuat dalam jumlah yang bervariasi, dari 22 hingga 47 senar dalam satu harpa. Cara memainkan alat musik modern ini cukup unik, yaitu menekan senar dengan satu tangan dan memetik senar dengan tangan lainnya. Beberapa harpa bahkan dimainkan dengan dua tangan dengan cara memetik senarnya sesuai dengan prinsip dasar bermain piano.

2. Banjo

Contoh Alat Musik Banjo (Pixebay)

Alat musik modern berikutnya datang dari Amerika Selatan. Banjo ini kira-kira seukuran dan berbentuk seperti gitar, hanya saja pada bodinya berbentuk bulat. Awalnya alat musik ini dibawa langsung oleh bangsa Afrika dan tergolong alat musik petik.

3. Gitar Akustik

Contoh Alat Musik Gitar (Pixebay)

Gitar adalah alat musik modern yang sangat populer. Bahkan, hampir semua orang mengenalnya. Sebagai alat musik modern, gitar juga diklasifikasikan sebagai instrumen yang harmonis yang sering dimainkan dalam pertunjukan atau konser yang berbeda dengan berbagai genre dan tema. Tidak hanya instrumen yang harmonis, tetapi gitar juga dimainkan sebagai instrumen melodi dengan cara memetik satu demi satu dawainya. Instrumen gitar ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu gitar akustik dan gitar listrik.

Biasanya gitar terbuat dari kayu lapis yang dibungkus plywood dan beberapa juga terbuat dari bahan sintetis. Alat musik ini dilengkapi dengan enam senar nilon dan kawat yang menciptakan nada indah. Kualitas senar jenis yang digunakan sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik. Gitar akustik ini memiliki senar yang diatur di sepanjang jembatan dan sadel yang sesuai dengan ruang di mana suara atau nada dibuat. Suara yang dihasilkan oleh senar kemudian masuk ke ruang suara atau resonator.

Baca Juga : Cara Bermain Gitar Akuistik

4. Biola

Contoh Alat Musik Biola (Pixebay)

Biola merupakan alat musik modern yang tidak kalah populer dengan jenis alat musik lainnya. Instrumen ini memiliki 4 senar (GDAE) yang disusun berbeda dengan perlima sempurna. Untuk nada dasar, dimulai dengan nada G. Mirip dengan gitar, biola juga merupakan alat musik harmoni berdawai. Dalam bahasa Indonesia, pemain biola dikenal sebagai pemain violinist. Sedangkan orang yang membuat atau memperbaiki biola disebut pembuat luthier. Cara memainkan biola adalah dengan menggesek menggunakan busur dan memetik dengan jari-jari tangan kanan. Teknik ini juga dikenal sebagai teknik pizzicato. Beberapa pemula sering memainkan biola dengan teknik pizzicato menggunakan jari-jari tangan kanannya, meskipun ada juga yang memetik dengan tangan kirinya.

Baca Juga : Cara Bermain Biola

5. Cello

Contoh Alat Musik Cello (Pexels)

Cello merupakan alat musik modern yang masih termasuk dalam keluarga biola. Bentuknya lebih besar dari biola, tetapi lebih kecil dari bass. Instrumen cello juga biasa dikenal sebagai Violocello. Sebagian besar komponen dasar alat musik cello terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan empat senar. Cara memainkan cello adalah diberdirikan tegak dengan diberi penahan logam di bagian bawahnya.

6. Saksofon

Contoh Alat Musik Saksofon (Pexels)

Saksofon modern ini diciptakan sekitar tahun 1840-an oleh seorang pemain klarinet Belgia bernama Adolphe Sax. Akan tetapi, alat musik ini sempat terhambat perkembangannya karena terikat paten yang dipegang oleh penemu alat tersebut. Setelah masa paten habis, banyak perbaikan yang dilakukan. Namun, tidak banyak yang berubah pada desain asli dari instrumen aerophone ini. Di masa lalu, saksofon banyak digunakan di orkestra dan band militer. Dan sekarang saksofon adalah instrumen yang lebih populer daripada jazz. Ada banyak jenis saksofon. Beberapa yang paling sering dimainkan adalah sopran, alto, tenor, dan bariton.

7. Harmonika

Contoh Alat Musik Harmonika (Pexels)

Contoh alat musik modern adalah harmonika. Alat musik jenis ini biasanya dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap dengan mulut. Harmonika dilengkapi dengan lubang-lubang pada sisi-sisinya yang berhimpitan. Sehingga diperlukan keahlian untuk memainkan alat musik harmonika ini. Harmonika bisa dimainkan secara berkelompok dalam genre musik seperti musik country, solo, ansambel, dan jenis musik grup lainnya.

Baca Juga : Alat Musik Harmonis Modern

8. Piano

Contoh Alat Musik Piano (Pexels)

Contoh alat musik modern yang dimainkan dengan cara menekan adalah piano atau pianoforte. Seorang pemain piano disebut dengan pianis. Meski ditekan, instrumen piano juga dilengkapi dengan senar yang dimainkan dengan cara menekan tuts pada papan piano. Bahkan, jika tombol ini ditekan untuk waktu yang lama, akan menyenandungkan nada untuk waktu yang lama. Selain itu, alat musik ini juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu piano akustik dan piano elektronik. Piano akustik dilengkapi dengan senar yang dipukul oleh hammer sehingga dapat menghasilkan suara. Piano elektronik dilengkapi dengan papan elektronik untuk menghasilkan suara yang mirip dengan piano akustik.

Baca Juga : Teknik Belajar Piano

9. Akordeon

Contoh Alat Musik Akordeon (Pixebay)

Akordeon adalah salah satu alat musik modern. Instrumen ini mirip dengan piano karena memiliki tuts hitam dan putih. Tetapi keduanya berbeda dalam cara mereka bermain. Piano dimainkan dengan menekan tombol hitam atau putih. Namun, untuk akordeon, tidak hanya menekan tombol, tetapi juga menyesuaikan suara dan nada pada saat yang bersamaan.  Cara memainkannya juga digendong dan dipegang dengan kedua tangan. Satu tangan difungsikan sebagai pengatur suara, sementara tangan yang lain untuk mengontrol nada.

Akordeon sendiri memiliki variasi yang berbeda. Di antaranya seperti akordeon berwarna, akordeon konsertina, akordeon diatonis, dan akordeon piano. Dari berbagai jenis ini, akordeon diatonis adalah yang paling populer karena memiliki jangkauan nada terluas. Maka tidak heran jika alat musik jenis ini dimainkan dalam musik kontemporer, jazz, dll.

10. Drum

Contoh Alat Musik Drum (Pexels)

Drum adalah instrumen perkusi modern yang memiliki banyak kegunaan utama dalam berbagai permainan musik. Salah satunya seperti gendang yang dimainkan untuk menentukan dan mengatur tempo musik saat diiringkan. Tak heran jika drum dikenal sebagai jantung dari semua alat musik.

Di dalam alat musik gendang terdapat selongsong atau cangkang yang merupakan bagian yang membentuk gendang. Shell yang digunakan sangat mempengaruhi suara yang akan dihasilkan drum. Shell ini terbuat dari besi dengan sifat tonal yang tinggi dan daya pukul yang sangat kuat. Sedangkan karakteristik tonal kayu lainnya lebih mirip dengan suara warmer. Dalam instrumen drum juga memiliki berbagai macam raga.

11. Timpani

Contoh Alat Musik Timpani (Pixebay)

Alat musik modern berikut ini disebut alat musik timpani. Jenis alat musik ini berbentuk seperti gendang, hanya saja memiliki bantalan seperti rongga pada bagian bawahnya. Alat musik ini tergolong dalam kelompok alat musik perkusi. Timpani juga termasuk dalam klasifikasi membranofon, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara memukul permukaan membran.

Baca Juga : Contoh Alat Musik Ritmis Modern

Itulah penjelasan mengenai ruang lingkup alat musik modern. Semoga dengan penjelasan ini tidak hanya menambah wawasan kita, melainkan juga semakin menambah kreativitas kita dengan mengenal beragam kesenian musik. 

Nantikan artikel lainnya dari Vocasia. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi lainnya!

Baca Juga : Contoh Alat Musik Tradisional

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *