Tanggal:05 May 2024
Fiverr.com

7 Tips Menjadi Konsultan Digital Marketing

  1. Bangun keterampilan yang diperlukan

Keterampilan apa yang saya perlukan untuk menjadi konsultan pemasaran online? Untuk menjadi konsultan pemasaran, Anda perlu membekali diri dengan keterampilan berikut:

Baca Juga: Apa itu Marketing beserta Jenis-jenisnya?

  1. Tentukan niche Anda

Langkah selanjutnya dalam proses menjadi konsultan pemasaran digital adalah menentukan niche Anda.

Ini berarti dua hal. Untuk menentukan bidang keahlian utama Anda dan untuk menentukan target pasar Anda.

Tentukan bidang keahlian utama Anda

Sebagai konsultan pemasaran digital, Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang semua saluran pemasaran digital tetapi Anda harus memilih area yang benar-benar dapat Anda kuasai. Ini biasanya terkait dengan pengalaman kerja dan kisah sukses Anda sebelumnya.

Tentukan target pasar Anda

Daripada mencoba mendapatkan klien jenis apa pun dari industri apa pun, lebih baik berspesialisasi dalam satu bidang. Melalui spesialisasi, Anda akan dapat menstandardisasi proses Anda, membangun lebih banyak kisah sukses, dan akhirnya dikenal sebagai pakar pemasaran digital untuk ceruk tersebut.

Cara untuk memantapkan diri Anda sebagai ahli untuk ceruk tertentu adalah melalui blogging dan menerbitkan studi penelitian.

  1. Bangun merek pribadi Anda

Langkah selanjutnya berkaitan erat dengan apa yang baru saja saya jelaskan di atas. Untuk bekerja sebagai konsultan dan membebankan biaya yang lebih tinggi untuk layanan Anda, Anda perlu membangun merek pribadi Anda.

Bahkan jika Anda mengelola agensi atau tim, wajah perusahaan dan apa yang akan mendatangkan klien baru adalah merek pribadi Anda.

Memiliki personal brand yang kuat lebih kuat daripada memiliki brand bisnis karena orang yang mencari jasa konsultan ingin mengetahui latar belakang dan pengalaman orang yang akan menangani strategi pemasarannya.

Mereka tidak ingin terlibat dengan perusahaan yang dapat menugaskan proyek mereka ke anggota tim mana pun, tetapi mereka perlu tahu siapa yang akan menangani pekerjaan itu.

Biarkan saya memberi Anda sebuah contoh untuk memahami pentingnya memiliki merek pribadi.

  1. Bangun tim Anda

Sebagai konsultan pemasaran digital, Anda harus menghadapi dua skenario dalam hal pekerjaan klien.

Skenario pertama adalah Anda akan dipekerjakan untuk memberikan layanan konsultasi saja dan implementasinya akan dilakukan oleh tim internal.

Skenario kedua adalah Anda akan dipekerjakan untuk melakukan pekerjaan dari awal hingga akhir. Dalam skenario ini, tidak mungkin melakukan semua tugas sendiri tanpa memiliki tim untuk membantu Anda.

Dalam tim Anda, Anda harus memiliki:

Pakar SEO – seseorang yang akan menangani pekerjaan SEO.

Pengembang – 99% proyek akan memerlukan perubahan pada situs web atau pengembangan halaman arahan baru sehingga memiliki pengembang di tim Anda adalah persyaratan.

Pakar PPC – pemasar digital dengan pengetahuan yang baik tentang cara mengoptimalkan kampanye PPC. Sebagai konsultan, Anda akan menemukan strategi untuk diikuti tetapi implementasinya dapat dilakukan oleh anggota tim Anda.

Satu atau lebih penulis – Sudah pasti bahwa Anda akan membutuhkan banyak konten untuk kampanye Anda dan memiliki beberapa penulis yang baik di tim Anda, terbukti sangat membantu.

Spesialis media sosial – seseorang yang membantu Anda dengan kampanye dan tugas media sosial yang berulang dan tidak layak menghabiskan waktu berharga Anda.

  1. Tentukan struktur harga Anda

Salah satu pertanyaan pertama yang akan dibuat oleh calon klien ketika menanyakan tentang layanan konsultasi Anda adalah “Berapa biaya yang Anda kenakan?”. Ini adalah pertanyaan yang diharapkan karena biaya merupakan faktor penting untuk kesepakatan bisnis apa pun.

Dari sudut pandang Anda, Anda harus siap menjawab pertanyaan ini dengan jelas dan ringkas.

Ada tiga cara untuk membebankan biaya untuk layanan konsultasi Anda:

  • Per jam
  • Berdasarkan bulan
  • Per proyek

Dua metode pertama mudah untuk didefinisikan. Untuk ‘per jam’, Anda dapat memutuskan kisaran tarif per jam Anda, dan tergantung pada klien, Anda dapat menetapkan harga Anda (lihat di bawah tarif rata-rata konsultan pemasaran digital).

Untuk ‘berdasarkan bulan’, Anda perlu menyiapkan paket pemasaran digital yang akan mencakup serangkaian layanan yang telah ditentukan dan menetapkan harga untuk itu. Anda juga dapat menyetujui dengan klien tentang jumlah jam maksimum untuk dialokasikan pada proyek mereka per bulan dan berdasarkan tarif, hitung biaya bulanan.

Untuk ‘per proyek’, Anda harus hati-hati memeriksa persyaratan, menghitung biaya Anda, menambahkan margin keuntungan Anda, dan menghasilkan harga untuk menyelesaikan pekerjaan.

Berapa banyak yang dapat Anda kenakan tergantung di mana klien berada, berapa anggaran mereka, jenis bisnis, berapa banyak mereka bersedia membayar, dan banyak faktor lainnya. Selama negosiasi, Anda dapat menyetujui dengan klien pada tingkat yang membuat kedua belah pihak senang.

  1. Pilih tools Anda

Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah memilih alat pemasaran digital Anda. Ini adalah alat yang Anda perlukan untuk menangani pekerjaan Anda dan merekomendasikan kepada klien Anda.

Ketika datang ke alat, ada banyak pilihan yang tersedia. Rekomendasi saya adalah menggunakan alat sesedikit mungkin. Menjadi ahli dalam beberapa alat lebih efektif (dari segi waktu dan biaya) daripada menggunakan beberapa fitur dari banyak alat.

Alat yang Anda perlukan:

  • Google G-Suite: Untuk email, kolaborasi dokumentasi, rapat, presentasi, dan pelaporan.
  • Google Data Studio: Ini adalah alat pelaporan gratis dari Google yang terintegrasi secara mulus dengan Google Analytics dan Google Search Console.
  • MailChimp: Ini adalah salah satu opsi terbaik dan termudah untuk digunakan dalam hal tugas terkait pemasaran email.
  • Optinmonster: Platform SAAS yang bagus untuk mengelola popup, meningkatkan pelanggan email, dan meningkatkan tingkat konversi untuk halaman arahan.
  • SEMRush: Platform pemasaran digital lengkap. Menurut pendapat saya, adalah alat terbaik di pasar yang memiliki semua fitur yang dibutuhkan konsultan pemasaran digital untuk melakukan pekerjaan mereka dengan sukses.

Baca Juga: Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

  1. Bangun networking Anda

Ada dua cara untuk membangun jaringan Anda untuk meningkatkan reputasi Anda dan pada saat yang sama menciptakan sumber prospek baru untuk bisnis konsultasi Anda.

Terhubung dengan konsultan lain di niche Anda

Meskipun jaringan media sosial bukanlah tempat pertama untuk mencari klien baru, mereka hebat dalam membangun merek Anda. Tugas Anda adalah menemukan dan terhubung dengan konsultan lain di niche Anda dan secara bertahap menumbuhkan pengikut Anda. Alat terbaik untuk tugas ini adalah LinkedIn, Twitter, dan Facebook (dalam urutan itu).

Memiliki jumlah pengikut yang layak dan diikuti oleh influencer di bidang Anda, itu bagus untuk reputasi dan branding Anda.

Terhubung dengan klien Anda dan teman-teman mereka

Saya telah menyebutkan di atas bahwa ‘dari mulut ke mulut’ adalah cara yang bagus untuk mendapatkan prospek baru dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan terhubung dengan ‘teman’ klien Anda.

Alat yang digunakan untuk tugas ini adalah LinkedIn. Saat Anda mendapatkan klien baru, tambahkan daftar periksa onboard Anda untuk terhubung dengan mereka di LinkedIn. Kemudian kunjungi halaman profil mereka dan terhubung dengan teman, karyawan, dan mitra bisnis mereka.

Ini meningkatkan peluang agar teman mereka memperhatikan Anda dan mengingat Anda saat mereka membutuhkan layanan pemasaran digital. Lebih cenderung memercayai seseorang yang telah bekerja dengan teman atau mitra bisnis daripada seseorang yang tidak pernah mereka dengar.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *