Tanggal:08 May 2024
Merahputih.com

6 Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Error 404 not found adalah kode status HTTP yang berarti bahwa halaman yang ingin Anda akses situs web tidak dapat ditemukan di server mereka.

Error 404 not found adalah salah satu hal paling menjengkelkan yang dapat ditemui pengunjung Anda. Terlepas dari pengalaman pengguna yang negatif, rasio pentalan yang tinggi karena tautan yang rusak dapat berdampak negatif pada SEO Anda. Jika pengguna mengklik halaman Anda dan pergi dalam beberapa detik, Google akan berpikir bahwa hasil Anda tidak sesuai dengan maksud pengguna. Akibatnya, peringkat halaman Anda akan lebih rendah dalam hasil pencarian.

Bagaimana ‘404 error’ bisa terjadi?

Pemicu pesan kesalahan 404 adalah ketika konten situs web telah dihapus atau dipindahkan ke URL lain. Ada juga alasan lain mengapa pesan kesalahan bisa muncul. Ini termasuk:

  • URL atau kontennya (seperti file atau gambar) telah dihapus atau dipindahkan (tanpa menyesuaikan tautan internal apa pun yang sesuai)
  • URL ditulis dengan tidak benar (selama proses pembuatan atau desain ulang), salah ditautkan, atau salah ketik di browser
  • Server yang bertanggung jawab atas situs web tidak berjalan atau koneksi terputus
  • Nama domain yang diminta tidak dapat dikonversi ke IP oleh sistem nama domain (DNS)
  • Nama domain yang dimasukkan tidak ada (lagi)

Tautan mati sering dibiarkan untuk waktu yang lama karena operator tidak tahu bahwa konten yang ditautkan telah dihapus atau dipindahkan. Banyak situs web masih muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP) meskipun tidak tersedia online lagi (atau setidaknya tidak di URL yang ditentukan). Situs web tertaut lainnya seperti blog, portal berita, dll. sering kali tidak diberi tahu bahwa situs tersebut telah dihapus atau sekarang dapat ditemukan di bawah URL baru. Banyak operator situs web tidak memeriksa tautan eksternal mereka secara teratur dan oleh karena itu tautan yang berfungsi dapat dengan mudah menjadi tautan mati.

Cara mengatasi error 404 not found

  1. Coba lagi halaman web dengan menekan F5, mengklik/mengetuk tombol segarkan/muat ulang, atau coba lagi URL dari bilah alamat.

Error 404 not mungkin muncul karena beberapa alasan meskipun tidak ada masalah nyata, jadi terkadang penyegaran sederhana akan sering memuat halaman yang Anda cari.

  1. Periksa kesalahan dalam URL. Sering kali kesalahan ini muncul karena URL yang diketik salah atau tautan yang dipilih mengarah ke URL yang salah.

Naik satu tingkat direktori pada satu waktu di URL sampai Anda menemukan sesuatu.

Misalnya, jika www.web.com/a/b/c.htm memberi Anda kesalahan 404 Tidak Ditemukan, pindah ke www.web.com/a/b/. Jika Anda tidak mendapatkan apa pun di sini (atau kesalahan), pindah ke www.web.com/a/. Ini akan mengarahkan Anda ke apa yang Anda cari atau setidaknya mengonfirmasi bahwa itu tidak lagi tersedia.

  1. Cari halaman dari mesin pencari populer. Ada kemungkinan bahwa Anda hanya memiliki URL yang sepenuhnya salah sehingga pencarian cepat Google atau Bing akan membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.

Jika Anda menemukan halaman yang Anda cari, perbarui bookmark atau favorit Anda untuk menghindari kesalahan HTTP 404 di masa mendatang.

  1. Kosongkan cache browser Anda jika Anda memiliki indikasi bahwa pesan 404 mungkin saja milik Anda. Misalnya, jika Anda dapat mencapai URL dari ponsel tetapi tidak dari tablet, mengosongkan cache pada browser tablet mungkin dapat membantu.

Anda juga dapat menghapus cookie browser Anda atau setidaknya yang terlibat dengan situs web yang bersangkutan jika membersihkan cache tidak berhasil.

  1. Ubah server DNS yang digunakan oleh komputer Anda, tetapi biasanya hanya jika seluruh situs web memberikan kesalahan 404, terutama jika situs web tersedia untuk jaringan lain (mis., jaringan ponsel Anda atau teman di kota lain).

404 di seluruh situs web tidak terlalu umum kecuali ISP atau situs web filter/sensor pemerintah Anda. Apa pun alasannya, jika itu benar-benar terjadi, mencoba satu set server DNS adalah langkah yang baik untuk dilakukan. Lihat Daftar Server DNS Gratis dan Publik kami untuk beberapa alternatif dan instruksi untuk melakukan ini.

Baca Juga: Pengertian DNS dan Cara Kerjanya

  1. Hubungi situs web secara langsung. Jika mereka telah menghapus halaman yang Anda cari, maka kesalahan 404 sepenuhnya sah dan mereka seharusnya dapat memberi tahu Anda hal itu. Jika mereka telah memindahkan halaman dan menghasilkan kesalahan alih-alih mengarahkan pengunjung ke halaman baru, mereka akan senang mendengar kabar dari Anda sehingga mereka dapat memperbaikinya.
Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *