Tanggal:03 May 2024
Cara meredakan nyeri haid

9 Cara Meredakan Nyeri Haid yang Ampuh!

Bagaimana cara meredakan nyeri haid? Haid atau menstruasi dialami oleh setiap wanita setiap bulannya. Haid merupakan proses keluarnya darah beserta sel telur yang tidak dibuahi dari vagina. Namun, sebagian wanita akan merasakan nyeri saat haid. Nyeri tersebut ada yang sifatnya ringan dan ada juga yang bisa sampai mengganggu aktivitas. 

Ilustrasi Menstruasi (freepik)

Kini kamu tak perlu khawatir. Sebab, dalam artikel ini akan diulas beberapa cara meredakan nyeri haid secara ampuh. Simak sampai akhir, ya!

Penyebab Nyeri Haid

Sebelumnya, yuk cari tahu dulu penyebab kamu merasakan nyeri saat haid. Beberapa penyebabnya adalah seperti di bawah ini:

  • Kelebihan berat badan atau sebaliknya
  • Pendarahan berlebih saat menstruasi
  • Kebiasaan merokok
  • Mengonsumsi alkohol
  • Kondisi penyakit tertentu
  • Berusia di bawah 30 tahun
  • Riwayat nyeri haid dari keluarga
  • Menstruasi untuk pertama kali di usia 11 tahun atau lebih awal

Baca juga | Yuk, Kenali Perbedaan PMS dan Menstruasi agar Tidak Keliru!

Cara Meredakan Nyeri Haid

Cara Meredakan Nyeri Haid (freepik)

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid seperti di bawah ini.

1. Kompres area perut dengan air hangat

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid adalah mengompres perut dengan air hangat. Hal itu akan membuat otot-otot rahim kembali mengendur. Kompresan hangat akan meningkatkan sirkulasi darah di area perut. Selain itu, rasa nyeri yang kamu rasakan pun perlahan akan mulai mereda.

2. Pijat lembut dengan minyak esensial

Minyak esensial memiliki segudang manfaat. Kamu bisa memanfaatkannya untuk meredakan nyeri haid. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyampurkan minyak esensial dengan minyak kelapa. Lalu tuangkan sedikit di tangan dan pijat lembut area perut dengan gerakan memutar. Pijatan ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah di perut sekaligus melepaskan senyawa endorfin. Dengan begitu, nyeri haid yang kamu rasakan akan berkurang.

3. Gunakan obat pereda nyeri

Jika dengan pijatan rasa nyeri itu belum berkurang, kamu bisa menggunakan obat pereda nyeri. Tetapi, kamu harus mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter, ya. Tentunya supaya lebih aman dan dosis obatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

4. Olahraga ringan

Selain menyehatkan, olahraga juga bisa mengatasi nyeri haid. Tetapi, kamu cukup melakukan olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki, bersepeda, dan juga aerobik. Jika melakukan olahraga ringan secara rutin, potensi kamu merasakan nyeri saat haid akan berkurang, lho.

Baca juga | Girls, Begini Lho 7 Tips Mengatasi Mood Swing Saat Haid

5. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

Makanan berlemak, asin, dan manis akan mengakibatkan perut menjadi kembung. Saat haid atau menstruasi, lebih baik kamu menghindari jenis makanan tersebut, ya. Tak hanya itu, kamu juga disarankan untuk menjauhi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda yang berpotensi memperparah nyeri haid. Kamu juga bisa mengatasi nyeri haid dengan minum lemon dan jahe hangat.

6. Lakukan relaksasi

Selanjutnya, lakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, dan pilates. Dengan begitu, rasa sakit dan nyeri yang kamu rasakan akan teralihkan sejenak. Beberapa gerakan yoga juga bisa membantu meredakan nyeri pada punggung saat haid. Selain itu, tubuhmu juga akan menjadi lebih rileks.

7. Berendam di air hangat

Kamu wajib mencoba untuk berendam di air hangat saat nyeri haid melanda. Berendam di air hangat dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengatasi stres, lho. Selain itu, berendam di air hangat juga akan membuat otot-ototmu rileks dan tidurmu pun akan menjadi lebih nyenyak.

8. Minum air putih secara rutin

Dehidrasi dapat menjadi pemicu rasa nyeri saat haid. Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Tidak hanya saat menstruasi saja, setiap hari kamu harus mengonsumsi air putih secara rutin agar kebutuhan cairan dalam tubuhmu terpenuhi.

9. Kurangi stres

Nyeri haid yang kamu rasakan juga bisa terjadi karena stres. Untuk itu, kamu harus menghindari hal-hal yang bisa memicu stres, ya. Kamu bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton series, membaca buku, ataupun melakukan perawatan diri.

Baca juga | Rekomendasi Web Series Indonesia Tahun 2022, Wajib Ditonton!

Itu dia beberapa cara meredakan nyeri haid. Kamu bisa melakukannya saat rasa nyeri tersebut melanda. Jangan panik dan terapkan cara-cara di atas dengan baik. Selamat mencoba dan semoga harimu bahagia, ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *