Tanggal:30 April 2024

Alasan 6 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja, Kamu Berminat?

Masih bingung menentukan jurusan kuliah apa yang cocok untuk kamu pilih? Bingung bagaimana prospek kerja kedepannya? Bagi kamu pelajar SMA pasti tengah kebingungan akan pertanyaan tersebut. Dalam memilih jurusan hendaknya ketahui apa yang menjadi minat dan bakat yang ada dalam dirimu. Gali seluruh informasi mengenai jurusan-jurusan yang kamu pilih.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Berada dalam ruang lingkup yang salah akan banyak mempengaruhi hidupmu, begitupun dengan salah dalam memilih jurusan. Bijaklah dalam memilih jurusan kuliah dan jangan sampai kamu berhenti di tengah jalan.

Ketika kamu telah memutuskan satu jurusan kuliah diantara pilihan lainnya, coba pertimbangkan dengan aspek lainnya. Hal yang sering menjadi pertimbangan adalah mengenai prospek kerja. Perlu diingat bahwa tidak semua jurusan kuliah akan memiliki prospek kerja yang sama. Ada beberapa peluang kerja pada jurusan kuliah tertentu yang malah surut dan kurang diminati dalam dunia kerja.

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja

Kamu tentu menginginkan masuk jurusan kuliah yang peluang kerja dibidangnya masih eksis 5 sampai 10 tahun ke depan, bukan? Untuk membantu kamu dalam memilih jurusan kuliah, ada 6 jurusan kuliah paling dibutuhkan didunia kerja. Simak, Yuk!

1. Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu hukum. Sumber: pexels.com

Jika masuk jurusan ilmu hukum tentunya kamu akan siap menjadi ahli hukum. Persoalan-persoalan seperti pidana, perdata, ekonomi, tata usaha negara, isu internasional, adat istiadat, dan lain sebagainya akan menjadi hal yang kamu pelajari lebih lanjut. 

Jurusan ilmu hukum cukup eksis dan tersedia di berbagai perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Hal ini membuktikan bahwa selain mengenai prospek kerjanya dimasa depan, peminatnya pun sangat banyak.

Masuk jurusan ilmu hukum, kamu akan berkesempatan memiliki pekerjaan di dalam perusahaan maupun membuka usaha sendiri sebagai notaris. Dalam perusahaan kamu dapat menjadi seorang legal officer yang diperlukan tiap perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan potensimu dengan bekerja di kantor-kantor pengacara/advokat.

Baca Juga: Contoh Bisnis yang Bisa Diajalankan Sambil Kuliah

2. Teknik Informatika/Teknologi Informasi/Ilmu Komputer

Jurusan kuliah bidang teknologi atau IT. Sumber: pexels.com

Seorang IT adalah bagian terpenting di dalam perusahaan. Ketiga jurusan kuliah tersebut dapat kamu gali lebih dalam dan temukan perbedaan diantara ketiganya sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat yang kamu miliki.

Jurusan kuliah ini banyak diminati oleh para lulusan SMK yang jurusannya serumpun. Ketiga jurusan tersebut juga merupakan jurusan yang berada di ranah saintek. Oleh sebab itu, kamu yang akan menjadi lulusan IPA bisa turut mendominasi salah satu jurusan ini.

Akan lebih bagus jika sebelumnya kamu telah menguasai salah satu tools yang sering digunakan oleh para IT, misalnya seperti Linux. Jika salah satunya telah kamu kuasai, akan ada banyak kesempatan yang akan kamu peroleh di berbagai perusahaan maupun instansi yang kamu mimpikan.

Baca Juga: Cara Berkomunikasi Efektif di Dunia Kerja

3. Akuntansi

Jurusan kuliah akuntansi. Sumber: pexels.com

Jurusan akuntansi adalah jurusan yang juga hadir hampir di seluruh perguruan tinggi. Karena minatnya yang tinggi, tak heran banyak pula prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusannya. Kepopuleran jurusan akuntansi ini yang awalnya berada dalam ranah soshum, kini juga diminati para lulusan SMA IPA, lho. Jadi jangan khawatir, lulusan IPA ataupun IPS masih bisa memilih jurusan ini kok.

Karir yang akan didapatkan sebagai lulusan akuntansi sangat beragam, tetapi utamanya berada dalam suatu perusahaan. Mata kuliah yang akan dipelajari lebih lanjut dalam jurusan ini adalah seputar manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan, matematika bisnis, statistika, sistem administrasi, dan pemeriksaan akuntan. Tentu kemampuan tersebut akan dibutuhkan perusahaan untuk pengelolaan keuangan. 

Baca Juga: Tips Public Speaking di Lingkungan Kerja

4. Ilmu komunikasi

Jurusan kuliah ilmu komunikasi. Sumber: pexels.com

Mendengar frasa ilmu komunikasi saja sudah terbayang akan peluang kerja yang akan dilakukan dibidang kreatif, bukan? Yap, betul sekali. Kebutuhan tenaga kerja dibidang industri kreatif kini sangat gempar dicari. Kemajuan berbagai industi media dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Jika memilih jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari soal pers, media massa, film, hubungan masyarakat, advertising, manajemen komunikasi, dan lain-lain. Melihat materi pembelajarannya kamu sudah bisa membayangkan ilmu komunikasi memiliki ranah yang luas yang bisa ditempatkan dalam perusahaan.

Baca Juga: Tips dan Cara Berkomunikasi di Dunia, Tidak Bertele-Tele tapi Tepat Sasaran

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV). Sumber: pexels.com

Sebagaimana yang kita ketahui, dalam perusahaan selalu ada desainer yang berperan untuk melakukan pengelolaan produk yang ditawarkan. Hal ini menjadi prospek kerja yang bagus untuk lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka akan dilatih agar handal untuk mengolah desain yang efektif, informatif, dan komunikatif untuk tujuan persuasi

Menjadi seorang mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) tentunya kamu akan dapat mempelajari berbagai desain yang menarik secara visual. Berbagai profesi yang turut hadir untuk seorang lulusan DKV antara lain desainer grafis, illustrator, fotografer, animator, web designer, konsultan desain, maupun bagian dari pengelolaan desain sebuah film di stasiun TV.

Baca Juga: Kiat Sukses Interview Kerja

6. Pendidikan Dokter

Jurusan kuliah ilmu kedokteran. Sumber: pexels.com

Pendidikan dokter menjadi jurusan yang lapangan pekerjaannya selalu tersedia. Tidak heran profesi dokter sering diidam-idamkan sedari kita masih kecil. Ternyata peluang pekerjaannya pun tidak akan pernah mati.

Untuk mampu bertahan dalam jurusan pendidikan dokter, kamu perlu bersungguh-sungguh dan memiliki keingintahuan yang besar. Hal tersebut akan mendorong semangat kamu untuk selanjutnya mengambil program spesialis dengan jumlah gaji yang lebih besar.

Baca Juga: Cara Kerja di Luar Negeri

Itu dia 6 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja, Silakan klik tautan ini untuk mengetahui banyak informasi menarik serta kamu dapat mengikuti berbagai pelatihan untuk menambah berbagai skill yang dapat menunjang jurusan kuliahmu kelak!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *