Tanggal:03 May 2024

Yuk Simak! Apa Itu Terapi Musik Dengan Segudang Manfaatnya

Pernyataan bahwa musik dapat menyehatkan jiwa bukanlah isapan jempol. Bahkan, sudah ada penelitian yang mengungkapkan bahwa masalah kejiwaan tertentu bisa disembuhkan lewat terapi musik. Jenis terapi ini dapat diterapkan pada orang dewasa maupun anak-anak.

Sound healing dipercaya dapat meringankan gangguan kecemasan, depresi, dan trauma. Terapi ini juga mampu menggali ataupun mengungkapkan sumber rasa sakit yang mendasarinya. Biasanya sebelum terapi musik dimulai, pasien akan menjalani sesi wawancara sebagai peniliaian awal yang dilakukan oleh terapis. Hal ini dilakukan untuk menentukan teknik terapi musik yang sesuai dengan kebutuhan spesifik pasien.

Jenis pendekatan dari terapi musik tersebut meliputi penciptaan lagu, senandung lagu masa kecil, bernyanyi sebagai bagian dari paduan suara, atau berimprovisasi menggunakan instrumen seperti drum, piano, gitar, atau lonceng. Namun, apa sih sebenarnya terapi musik itu? Serta apa saja manfaat dari menjalaninya? Yuk, simak di bawah ini!

Baca juga | Yuk Mengenal! Intermitten Fasting Dan Manfaatnya

Apa Itu Terapi Musik?

Berdasarkan American Musik Therapy Association, terapi musik atau sound healing adalah penggunaan musik dalam suatu terapi psikologis. Terapi musik dilakukan untuk meningkatkan kesehatan fisik, memenuhi kebutuhan psikologis, emosional, spiritual, serta meningkatkan hubungan sosial para pasien dan keluarga mereka.

Musik memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kemampuan pikiran seseorang. Hal ini disebabkan musik memiliki beberapa kelebihan, yaitu musik bersifat nyaman, menenangkan, membuat rileks, berstruktur, dan universal.

Maka dari itu, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan terapi musik ini. Selain mampu meningkatkan kesehatan mental, terapi musik juga diyakini dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang yang memiliki masalah kesehatan fisik.

Baca juga | Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

Manfaat Menjalani Terapi Musik

Dapat dikatakan bahwa terapi musik itu memiliki segudang manfaat. Jika disebutkan satu per satu semuanya, tentu saja butuh banyak waktu. Di bawah ini kami rangkumkan beberapa manfaat utama terapi musik menurut para pakar terapi musik.

1. Relaksasi Tubuh dan Pikiran

Manfaat yang pasti dirasakan setelah melakukan sound healing adalah perasaan rileks, tubuh lebih bertenaga, dan pikiran lebih fresh. Terapi musik memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk mengalami relaksasi yang sempurna. Dalam kondisi relaksasi (istirahat) yang sempurna itu, seluruh sel dalam tubuh akan mengalami re-produksi, penyembuhan alami berlangsung, produksi hormon tubuh diseimbangkan dan pikiran mengalami penyegaran.

Baca Juga | Girls, Begini Lho 7 Tips Mengatasi Mood Swing Saat Haid

2. Meningkatkan Kecerdasan

Sebuah efek terapi musik yang dapat meningkatkan intelegensia seseorang umumnya dikenal dengan istilah Efek Mozart. Hal ini telah diteliti secara ilmiah oleh Frances Rauscher et al dari Universitas California. Penelitian lain juga membuktikan bahwa masa dalam kandungan dan bayi adalah waktu yang paling tepat untuk menstimulasi otak anak agar menjadi cerdas.

Hal ini bisa terjadi karena otak anak sedang dalam masa pembentukan, sehingga sangat baik apabila mendapatkan rangsangan yang positif. Ketika seorang ibu yang sedang hamil sering mendengarkan terapi musik, janin di dalam kandungannya juga ikut mendengarkan.

Baca Juga | Inilah 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Untuk Upgrade Kualitas Dirimu, Yuk Coba!

3. Menumbuhkan Motivasi

Dari hasil penelitian, ternyata jenis musik tertentu bisa menumbuhkan motivasi, semangat dan meningkatkan level energi seseorang. Hal ini didasari dari adanya motivasi yang lahir dari suatu mood tertentu. Dan musik dapat menjadi salah satu hal yang meningkatkan mood baik.

Baca Juga | 7 Tips Self Improvement Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

4. Mengembangkan Diri

Musik ternyata sangat berpengaruh terhadap pengembangan diri seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang punya masalah perasaan, biasanya cenderung mendengarkan musik yang sesuai dengan perasaannya.

Baca juga | Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

5. Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Terapi musik bisa meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan. Hal ini bisa terjadi karena bagian otak yang memproses musik terletak berdekatan dengan memori. Sehingga ketika seseorang melatih otak dengan terapi musik, maka secara otomatis memorinya juga ikut terlatih.

6. Kesehatan Jiwa

Seorang ilmuwan Arab, Abu Nasr al-Farabi (873-950M) dalam bukunya ”Great Book About Music”, mengatakan bahwa musik menciptakan rasa tenang, sebagai pendidikan moral, mengendalikan emosi, pengembangan spiritual, menyembuhkan gangguan psikologis.

Baca juga | Panic Attack: Penyebab dan Gejala

7. Mengurangi Rasa Sakit

Musik bekerja pada sistem saraf otonom yaitu bagian sistem saraf yang bertanggung jawab mengontrol tekanan darah, denyut jantung dan fungsi otak, yang mengontrol perasaan dan emosi. Menurut penelitian, kedua sistem tersebut bereaksi sensitif terhadap musik

8. Menyeimbangkan Tubuh

Stimulasi musik membantu menyeimbangkan organ keseimbangan yang terdapat di telinga dan otak. Bila organ keseimbangan sehat, maka kerja organ tubuh lainnya juga menjadi lebih seimbang dan lebih sehat.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dr John Diamond dan Dr David Nobel, telah melakukan riset mengenai efek dari musik terhadap tubuh manusia di mana mereka menyimpulkan bahwa: Apabila jenis musik yang didengar sesuai dan dapat diterima oleh tubuh manusia, maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan sejenis hormon (serotonin) yang dapat menimbulkan rasa nikmat dan senang. Sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat (dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh) dan membuat kamu menjadi lebih sehat.

10. Menghilangkan Kecemasan

Seseorang yang mengalami stres, kerap kali tubuhnya akan terasa tegang. Dengan mendengarkan musik dapat membantu untuk menghilangkan stres dan gangguan kecemasan. Hal tersebut terjadi karena peningkatan suasana hati dan kesegaran tubuh, sehingga mampu menurunkan perasaan tertekan yang dirasakan.

Baca Juga | Culture Shock: Pengertian Dan Cara Mengatasinya

11. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian yang dilaporkan pada pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik atau musik lain yang menenangkan selama 30 menit setiap hari secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

12. Menyembuhkan Sakit Kepala

Musik dapat membantu penderita migrain dan sakit kepala kronis mengurangi intensitas, frekuensi, dan durasi sakit kepala.

Dari apa yang telah dibahas di atas, dapat dikatakan bahwa musik merupakan bagian dari kehidupan, yang memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Cara melakukannya pun mudah dan murah, serta dapat dilakukan setiap orang bahkan ketika sedang di rumah. Beragamnya jenis musik yang dapat digunakan pun bisa menjadi pilihan setiap individu juga menjadi karakter, motivasi, dan kepribadian tersendiri.

Baca Juga | Bantu Kesehatan Mental Dengan Terapi Mindfulness

Bagaimana, sederhana namun sangat beragam manfaat’kan? Yuk, baca artikel informatif lainnya juga. Dan jangan lupa untuk mengikuti Vocasia di sosial media agar kamu tidak ketinggalan update serta informasi terbaru yang tidak kalah penting!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *