Tanggal:02 May 2024

Ikuti 5 Cara Ini untuk Menerima Diri Sendiri agar Terjauh dari Insecurity

Apakah kamu merasa telah menerima dirimu sendiri? Lantas, jika iya, apakah kamu tahu apa itu arti menerima diri sendiri?

Kita tidak lagi asing dengan self love. Belakangan ini kita semakin sadar dan mudah mendapatkan edukasi tentang bagaimana cara mencintai diri. Banyak komunitas yang menyelenggarakan campaign untuk meningkatkan kesadaran dalam diri tiap orang akan pentingnya self love. Sebelum mencintai, tentunya kita akan melakukan penerimaan agar dapat berada pada tahap tersebut.

Menerima diri berarti kita telah melakukan penerimaan terhadap diri sendiri. Namun, penerimaan seperti apakah yang dimaksud? Dikutip dari Jurnal Persona, menurut Albin penerimaan diri (self acceptance) adalah kemampuan untuk dapat menerima diri sendiri baik kelemahan maupun kelebihan dan menerima diri secara fisik maupun psikis dengan baik. Sekarang, coba tanya kembali kepada dirimu sendiri apakah kamu telah menerima sisi baik dan burumu baik jiwa dan rupamu?

Jika dirimu mengatakan belum, maka kamu dapat melakukan beberapa cara mencintai diri sendiri. Mengutip dari Etheses, Prasetia menuliskan, ketika kita telah mampu melihat kelemahan dan kelebihan diri, kita akan menimbang, menganalisis, dan membuat keputusan mengenai sikap untuk menerima diri sendiri. Dari sikap penerimaan ini juga nantinya membuat individu berusaha untuk terus menaikkan kualitas dan kemampuan diri.

Menerima diri sendiri memang membutuhkan proses dalam jangka waktu panjang. Belum lagi, pada sebagian orang untuk dapat menerima diri sendiri tidaklah mudah karena adanya faktor dari internal ataupun eksternal individu itu sendiri. Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencintai diri sendiri dan membentuk sikap penerimaan kelemahan dan kelebihan yang objektif tanpa adanya penyangkalan, menerima seutuh dan selengkap-lengkapnya diri ini.

Baca Juga : Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagaimana Cara Menerima Diri Sendiri?

Tiap individu memiliki cara tersendiri untuk menerima diri. Dalam tesis Prasetia, Johnson David menjabarkan ciri bagaimana seseorang yang telah menerima diri sendiri. Untuk itu, dengan ciri yang dijabarkan tersebut dapat kita jadikan sebagai arahan untuk mulai menerima diri sendiri. Berikut cara yang dapat kamu lakukan sebagaimana ciri yang dijabarkan oleh Johnson David:

1. Menerima diri sendiri apa adanya

Untuk dapat menerima diri sendiri apa adanya, kita harus paham akan segala hal yang ada dalam diri dengan tidak menyangkal berbagai sisi yang tidak dikehendaki. Berbekal daya pikir yang Tuhan berikan, tiap individu dapat mengenal dan menyadari realita kehidupannya sendiri. Semakin mengenal dan memahami diri, kita juga akan semakin menerima diri sendiri. Dengan menerima diri sendiri, kita akan menghargai eksistensi diri sendiri dan kehidupan sekitar.

Baca Juga : Pentingnya Memiliki Self Confidence

2. Mensyukuri kelebihan dan tidak menyangkal kelemahan

Sejatinya setiap manusia dilahirkan sebagai makhluk Tuhan paling sempurna. Namun, Tuhan juga menitipkan kelemahan dan kelebihan yang berbeda-beda untuk membuatmu menjadi unik dan beragam. Memang, kelemahan dalam diri kerap kali memunculkan perasaan tidak percaya diri tapi bukan berarti membuatmu menjadi rendah. Ingatlah, bahwasanya tiap kelemahan dapat diatasi dengan perbaikan selama ada kemauan.

Baca Juga : Tips Untuk Percaya Diri

3. Tidak perlu menjadi sempurna untuk merasa berharga

Seperti pada poin sebelumnya, kita terlahir sebagai individu dengan kelemahan dan kelebihan. Tidak perlu menjadi sempurna untuk merasa berharga. Kita hanya perlu menanamkan pikiran positif yang dapat membangun diri sehingga segala kejadian dalam hidup akan ditanggapi dengan pikiran jernih dan lapang dada. Dari sini nantinya, kehidupan akan dilewati dengan penuh perasaan bahagia.

Baca Juga : Menjadi Pribadi Yang Optimis

4. Berdamai dengan diri sendiri

Berdamai berarti berhenti bermusuhan. Jangan pernah menganggap segala hal dalam diri yang tidak kita kehendaki sebagai musuh melainkan jadikan sebagai salah satu bagian dalam diri yang harus kita terima. Kejadian yang menorehkan luka psikis ataupun fisik dan seluruh emosi yang ada, mari perlahan kita coba untuk berdamai dan menerima. Life must go on!

5. Yakin mampu mencintai diri dan menghargai orang lain

Self love bukan hanya mencintai diri, melainkan juga menghargai orang lain. Mencintai diri bukan berarti membuatmu menjadi egois dan hanya berorientasi pada diri sendiri. Menerima diri sama artinya dengan telah menghargai diri sebagai makhluk Tuhan, menunjukkan bahwasanya menghormati dan berterima kasih atas segala nikmat yang diberikan. Keyakinan akan kemampuan mencintai diri ini dapat dilakukan dengan menerima kelemahan dan kelebihan, berdamai dengan kesalahan atau kejadian kurang menyenangkan, dan lain-lain.

Dengan mulai menjalankan cara menerima diri sendiri, diharapkan kamu dapat merasakan dampak positif dalam kehidupanmu di kemudian hari. Berikut Vocasia rangkum keuntungan dari menerima diri sendiri.

Baca Juga : Alasan Pentingnya Self Reward Untuk Diri Sendiri

Keuntungan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya dengan Sadar dan Seutuhnya

Dilansir dari Riliv, ketika telah mampu berdamai dan menerima seluruh yang ada dalam diri, kita akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan menerima diri, kita dapat meningkat rasa percaya diri. Selain itu, kita dapat mengetahui bakat yang selama ini belum diketahui karena terlalu sibuk mencemaskan kelemahan.

Dengan menerima diri dan menghargai orang lain, membuat kita menjadi pribadi yang supel dan mudah bersimpati. Interaksi berjalan dengan baik dengan pemahaman dan cara pandang yang kamu miliki. Tidak hanya mampu mendukung diri sendiri, kamu juga dapat mendukung orang lain dan membentuk kelompok yang positif.

Baca Juga : Berikut Bahaya Akibat Terlalu Percaya Diri

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *