Tanggal:18 May 2024
Sebutkan hal yang bisa kamu kembangkan ke depannya (pexels.com/george milton)

5 Tips Membuat Keputusan agar Tak Terjadi Penyesalan Ke Depannya!

Baca Juga | 5 Tips Menulis Motivation Letter yang Menarik Perhatian!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tidak ada kehidupan yang tak ada permasalahan sama sekali, ya. Dimana adanya permasalahan hidup dengan berbagai dimensi itulah yang menyebabkan kita harus memiliki cara kerja yang cerdas dalam membuat suatu keputusan yang tak perlu kita sesali di masa depan, nih. Lantas, bagaimana sih langkah-langkahnya? Langsung aja simak penjelasan berikut ini, ya.

1. Pahami akar permasalahan

ilustrasi orang berpikir (pixabay.com/1388843)

ilustrasi orang berpikir (pixabay.com/1388843)

Baca Juga | 7 Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Sesuai dengan istilah bahwa tak mungkin ada asap kalau tidak ada api, ya. Begitu pula berlaku saat kamu hendak membuat keputusan tapi dilanda oleh kegalauan bahwa apakah keputusan ini sudah benar atau seharusnya dipikirkan dulu secara matang-matang, maka yang kamu butuhkan ialah memahami akar permasalahan yang menghambatmu dalam mencapai kata sepakat atas sebuah keputusan.

Baca Juga | 5 Tips untuk Percaya Diri di Sekolah! Yuk, Bangun Rasa Pede!

Maka dari itu, pertama-tama kamu perlu mengambil waktu sejenak dan berpikir dengan tenang serta mendalam mendalam tentang duduk perkara yang sedang kamu hadapi. Yang mana pertimbangkan secara matang setiap dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari pengambilan sebuah keputusan.

Baca Juga | Inilah 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional untuk Upgrade Kualitas Dirimu

Nah, saat keputusan itu adalah sesuatu sifat urgensitasnya tinggi, sebaiknya kamu benar-benar membuat dirimu tenang dan tidak tersulut emosi dan rasa khawatir karena tentu saja ketika pikiran sedang tak fokus dan hati tidak keruan, keputusan yang kamu ambil otomatis tidaklah bijaksana dan cenderung terburu-buru sehingga tidak mempertimbangkan secara mendalam dampak yang akan ditimbulkannya, nih.

Baca Juga | Apa itu personal Branding?

2. Kumpulkan informasi dengan detail

ilustrasi berpikir (Pixabay.com/StartupStockPhotos)

ilustrasi berpikir (Pixabay.com/StartupStockPhotos)

Baca Juga | 5 Tips Perkenalan Diri Seorang Karyawan Baru, Ceritakan Potensi Luar Biasamu!

Saat hendak mengambil keputusan yang masih banyak keraguan, sebaiknya lebih perdalam lagi informasi yang saling berkaitan dan dipelajari secara mendalam, nih. Kemudian atas informasi-informasi yang sudah kamu kumpulkan itu, lakukanlah analisis permasalahan dan sumber dari problem itu. Ketika setiap informasi dan data yang diperlukan sudah terkumpul, maka kamu perlu mempelajarinya dengan saksama, ya.

Baca Juga | 10 Langkah Membangun Personal Branding Di Sosial Media

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi, berbagi cerita, bahkan meminta pengalaman kepada seseorang yang pernah mengalami apa yang kamu rasakan saat ini. Oleh karena itu, jangan ragu untuk segera menghubungi para relasi, teman, bahkan sahabatmu, ya. Yang mana mereka ini adalah orang-orang yang sudah mengenal kita sejak lama dan mengetahui sedikit banyak tentang kehidupan kita, termasuk orangtua dan keluarga terdekat pastinya. Lebih lanjutnya, tanyakan kepada mereka yang mengenalmu perihal setiap masalah yang sedang kamu hadapi dan juga setiap solusi yang sebaiknya harus kamu ambil. Eitss tapi kamu harus tahu kepada siapa seharusnya kamu bercerita karena terkadang ada orang yang kita anggap teman dekat tetapi kurang dapat dipercaya dalam menjaga kerahasiaan permasalahan kita. Bahkan yang ada bukannya malah bertemu solusinya untuk segera mengambil keputusan yang tepat, tapi justru menimbulkan permasalahan baru yang semakin kompleks dalam hidupmu, lho!

Baca Juga | 8 Tips Menjaga Hubungan Persahabatan agar Selalu Harmonis

3. Pikirkan apa yang kamu butuhkan

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Baca Juga | 6 Fungsi Kepercayaan Diri untuk Pengambilan Keputusan, Terapkan dari Sekarang!

Semua orang membuat keputusan dengan berbagai alasan, nih. Hal tersebut pastinya juga berlaku terhadapmu, dimana harus ada alasan mengapa keputusan itu yang kamu ambil dengan asas kebutuhan di kehidupanmu, ya. Dimana sebaliknya, jangan mengambil keputusan dengan alasan konyol seperti hanya karena terpaksa, kehabisan waktu, tidak ingin mempertimbangkan alternatif, atau hanya sekadar mengikuti kemauan kita saja tanpa pertimbangan matang atas risiko yang ada di masa depan. 

Baca Juga | 5 Alasan Mengapa Self Reminder Penting bagi Diri Sendiri

Selain itu, penting juga mengambil keputusan dengan pertimbangan sandaran kebutuhan. Yang mana saat keputusan-keputusan yang ada itu sama-sama kebutuhanmu, maka secara sederhana pilihlah yang paling prioritas atau kebutuhan itu ialah pokok dari hidupmu sehingga kamu harus mengambil keputusan atas hal itu. Ingat bahwa terkadang kita harus merelakan hal penting lainnya untuk memilih hal yang jauh lebih penting. Mengapa demikian? Hal tersebut karena bukankah lebih baik mendapatkan satu daripada tidak sama sekali? Terlebih lagi satu itu adalah yang paling prioritas ada kelangsungan hidupmu, ya.

Baca Juga | 5 Alasan Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Kehidupan Sehari-Hari

4. Buat berbagai alternatif keputusan

Ilustrasi orang berpikir (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Ilustrasi orang berpikir (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Baca Juga | Berikut Tugas-Tugas Seorang Content Planner!

Keputusan yang tepat tak lain tak bukan ya yang rasional sesuai dengan akar permasalahan yang ada serta dapat memenuhi kebutuhanmu, ya logisnya untuk apa mengambil keputusan tapi keperluanmu tak terpenuhi? Sudah sangat jelas. Eitss dengan dasar seperti itu bukan berarti kamu harus memilih keputusan yang tak berisiko, ya. Di mana perlu kamu ketahui bahwa tak ada satu pun keputusan yang tak berisko.

Oleh karena itu, cara terbaik dalam mengambil dan memilih keputusan bijak ialah dengan mengumpulkan berbagai alternatif keputusan sebagai solusi atas permasalahanmu. Kemudian nih dari berbagai macam keputusan dengan latar belakang pandangan yang berbeda-beda itu tentukan mana yang paling menyelesaikan permasalahanmu dengan risiko dampak yang paling kecil. 

Baca Juga | 8 Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan, Coba Yuk!

Selain itu, fungsi dari adanya berbagai macam alternatif keputusan ialah atas dasar bahwa tidak selamanya apa yang kita putuskan secara sadar dan rasional bahwa itu ialah yang terbaik akan selalu jadi yang terbaik. Yang mana bisa saja kamu salah dalam mengambil keputusan. Nah, dengan mencoba membaca ulang peluang dengan mengevaluasi kesalahan apa saja yang ada di keputusan sebelumnya, kamu bisa menggunakan alternatif keputusan yang sudah kamu buat itu dan pastinya dengan pertimbangan yang rasional, ya!

5. Libatkan Tuhan dan buat keputusanmu

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Baca Juga | 7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

Melibatkan Tuhan ialah opsi yang paling mendasar dan utama, nih. Dimana setiap hal di dunia ini diciptakan oleh Sang Pencipta dengan tujuan yang sudah melekat pada dirinya, termasuk setiap manusia dengan segala keraguan atas keputusan yang harus ia ambil terkait kelangsungan hidupnya. Yang mana setiap permasalahan yang kita hadapi, sesungguhnya sudah diatur oleh-Nya.

Tentu saja untuk membawa kita kepada kualitas kehidupan manusia yang semakin baik. Setiap kita yang beragama pasti percaya dengan adanya satu Pribadi, Sang Pencipta. Libatkanlah Pencipta kita dalam pengambilan keputusan kita, niscaya kita mendapatkan pencerahan dan mampu menghadapi setiap masalah yang kita hadapi.

Baca Juga | Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho! 

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *