Tanggal:21 February 2024

10 Rekomendasi Antivirus Gratis untuk Laptop

Perangkat lunak antivirus hampir sama pentingnya dengan sistem operasi PC. Meskipun Anda sangat menyadari potensi ancaman dan sangat berhati-hati, beberapa ancaman tidak dapat dicegah tanpa bantuan tambahan dari program AV—atau rangkaian antivirus lengkap.

Meskipun menjelajahi web atau menonton video mungkin tampak tidak berbahaya, ada bahaya yang mengintai di komputer Anda dari seluruh akses internet yang ada. Anda dapat, misalnya, mengunjungi situs web yang secara tidak sengaja menampilkan iklan berbahaya. Atau secara tidak sengaja mengklik email phishing atau terkena bug yang dirahasiakan di Windows, browser, atau program yang diinstal memberikan akses peretas masuk ke sistem Anda. Hal ini jelas sangat bahaya.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Gaming

Berbagai jenis perangkat lunak berbahaya, atau dikenal sebagai malware, dapat digunakan untuk memantau apa yang Anda lakukan secara online dan mungkin mencuri informasi pribadi Anda. Jenis malware tertentu yang sering digunakan peretas berubah-ubah tetapi dapat mencakup:

  • Virus, yang mengubah perangkat lunak komputer Anda dengan cara yang berbahaya
  • Adware, yang menyebabkan iklan yang mengganggu muncul di layar Anda
  • Spyware, tempat seseorang dapat memantau aktivitas komputasi Anda
  • Ransomware, yang dapat mengunci komputer Anda dan membuatnya tidak dapat digunakan sampai Anda membayar biaya, atau “tebusan”
  • Worms, yang merupakan bit kode perangkat lunak yang dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain.

Apa Itu Antivirus?

Baca Juga : Cara Merawat Laptop

Perangkat lunak antivirus atau anti-malware adalah solusi keamanan perusahaan yang menjamin keamanan siber. Antivirus adalah alat yang bekerja dengan berbagai perangkat digital dan dapat mencari aplikasi atau file yang seharusnya tidak ada di perangkat Anda, atau memiliki potensi untuk merusaknya. Ini sering menginfeksi aplikasi yang sah di komputer Anda dan dapat mengirim spam kepada Anda dengan iklan berbahaya atau diam-diam memantau aktivitas Anda saat mencari informasi sensitif.

Perangkat lunak keamanan komputer menawarkan keamanan langsung ke perangkat komputer, dan pada saat yang sama dengan sempurna menggambarkan pentingnya antivirus itu sendiri. Ini adalah salah satu fitur antivirus terbaik untuk menggambarkan perangkat lunak anti-malware karena secara otomatis memblokir keberadaan virus dan malware di perangkat Anda. Perangkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk berhenti mengunjungi situs web yang sekiranya berpotensi menginfeksi komputermu dengan virus dan juga menghindari aktivitas membuka email yang berisi malware dari file lampiran email.

Fungsi antivirus lainnya ialah fitur pemindaian yang secara teratur dapat memindai keseluruhan file atau memindai secara cepat file yang ada di perangkat untuk memastikan tidak ada virus atau malware yang terlewat dan masuk secara diam-diam ke dalam sistem keamananmu.

Ketika sebuah software keamanan menemukan suatu file berbahaya di dalam sistem operasi software tersebut biasanya akan mengkarantina file berbahaya tersebut, yang artinya file tersebut tidak bisa lagi beroperasi secara bebas atau akan dihapus permanen untuk menghindari kerusakan. Dengan meletakkan file tersebut di bagian karantina, kamu memberikan izin agar perangkat lunak antivirus menganalisis ancaman, mempelajari file tersebut, dan membuat kesimpulan tentang apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan sistem pertahanan agar tidak terulang kembali.

Pentingnya Menggunakan Antivirus untuk Laptop

Sama seperti orang yang membutuhkan perlindungan virus agar tidak sakit, komputer dan ponsel juga membutuhkan perlindungan antivirus. Antivirus dirancang untuk melindungi dan menjaga keamanan data komputer Anda dari serangan virus. Virus dapat memasuki komputer Anda melalui file yang Anda telusuri atau unduh dari Internet. Virus juga bisa masuk melalui media penyimpanan seperti flash drive, kartu memori, dan hard drive eksternal.

Program antivirus dapat membantu mencegah virus memasuki komputer Anda dengan memindai perangkat Anda sebelum menggunakan media penyimpanan dan memperbarui perangkat lunak antivirus untuk melindungi komputer Anda dari virus. Anda dapat menghindari virus dengan memperbarui perangkat lunak Anda, menggunakan kata sandi yang kuat, menghindari email aneh, dan tidak mengklik tautan yang mencurigakan.

Dengan menggunakan antivirus, Anda bisa melindungi semua sistem, firewall, spyware, pemindai email, dan anti-spam. Keuntungan utama dari membeli perangkat lunak antivirus yang sah adalah Anda dapat memperbarui versi terbaru dari perangkat lunak, sedangkan versi bajakan tidak bisa. Namun, memperbarui perangkat lunak antivirus Anda sangat penting karena virus menjadi lebih mampu. Tanpa memperbarui perangkat lunak, program tidak akan bekerja secara optimal. Kelemahan lain dari software antivirus bajakan adalah isi programnya tidak diketahui. Perangkat lunak bajakan bahkan mungkin sebenarnya mengandung virus yang dapat menginfeksi perangkat komputer Anda atau mencuri data dari komputer Anda.

Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk PC dan Laptop

Perangkat lunak antivirus seperti Bitdefender dan Norton, keduanya ditempatkan di peringkat atas untuk Perangkat Lunak Antivirus Terbaik tahun 2021, dapat membantu melindungi Anda dan komputer Anda dari ancaman virus dan lainnya. Namun, tidak ada pengganti untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan tindakan keamanan internet yang masuk akal lainnya.

Baca Juga : Laptop Murah Untuk Pelajar

Berikut ini daftar antivirus terbaik untuk laptop atau PC. Merek antivirus internasional ini punya banyak kelebihan. Kelebihan utamanya adalah bisa menangani lebih banyak virus, baik itu level lokal maupun internasional. Berikut ini antivirus untuk kelas internasional:

1. Bitdefender

Bitdefender efektif dalam memblokir, menghapus, menetralkan, dan menjaga dari infeksi malware. Kontrol Virus Aktif adalah fitur yang dapat mendeteksi dan menghancurkan ancaman tersembunyi dengan menggunakan tindakan proaktif untuk memantau semua aktivitas aplikasi sambil mengawasi perilaku file yang mencurigakan. Melindungi dari beberapa ancaman online lainnya, termasuk ancaman dari media sosial, virus, spyware, dan penipuan phishing.

Baca Juga : Cara Membuat Blogspot

2. Kaspersky

Kaspersky memberikan perlindungan lengkap. Sehingga membuat perangkat komputer Anda aman dan terlindungi dari berbagai ancaman berbahaya. Komponen perlindungan sangat baik dari pencegahan terhadap ancaman terkait data dan informasi, jaringan, spam, dan berbagai tindakan penipuan lainnya. Semuanya dapat dilakukan secara menyeluruh dengan perlindungan individu secara real-time.

Baca Juga : Fungsi RAM

3. Webroot

Webroot SecureAnywhere adalah antivirus dan anti-malware yang ringan, menawarkan perlindungan spyware. Pendekatan antivirusnya memungkinkannya memberikan tindakan perlindungan virus yang lebih cepat dan lebih efektif yang selalu mutakhir. Melakukan pekerjaan yang baik dalam memberikan lapisan perlindungan tambahan tanpa bertentangan dengan sistem keamanan lainnya.

4. Norton

Norton adalah pemain lama di pasar antivirus, tetapi Norton layak mendapatkan perangkat lunak antivirus peringkat teratas (mengalahkan pesaing seperti TotalAV dan McAfee). Norton 360 memblokir 100% malware dengan efek yang sangat minimal pada kecepatan atau kinerja sistem. Norton 360 bahkan menawarkan bonus pengelola kata sandi, kontrol orang tua, VPN, dan cadangan cloud.

5. Trend Micro

Trend Micro menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang canggih, mampu menghentikan ransomware sehingga Anda dapat menikmati kehidupan digital Anda dengan aman. Hal ini juga melindungi dari ancaman malware, aktivitas perbankan, belanja online, dan banyak lagi. Peringkat teratas oleh pakar industri, Trend Micro Security memberikan perlindungan 100% dari ancaman web.

6. McAfee

McAfee juga merupakan incumbent di kancah antivirus yang masih cukup kuat untuk memblokir 100% serangan malware secara real-time. Aplikasi ini mudah digunakan. Meskipun McAfee tidak memiliki fitur tambahan sebanyak Norton 360 atau TotalAV, McAfee menawarkan harga yang sangat terjangkau di tahun pertama berlangganan.

7. ESET

Merupakan Teknologi antivirus legendaris yang menawarkan fitur anti-phishing untuk mengamankan data dan uang Anda dari penipuan digital, kekuatan penuh komputer Anda tanpa gangguan, mengamankan perlindungan proaktif berlapis dari semua jenis ancaman malware.

Baca Juga : Node Jaringan

8. Avast

Avast memiliki beberapa manfaat lain termasuk perlindungan phishing, firewall yang menghentikan serangan agar tidak mencapai komputer Anda, dan pemindai yang memastikan bahwa koneksi Wi-Fi Anda selalu aman.

Beberapa merek antivirus di atas merupakan 8 besar antivirus yang mendapatkan rangking internasional terbaik. Mungkin ada yang punya kelebihannya masing-masing. Ada baiknya jika Anda menginstal antivirus untuk keamanan yang baik untuk PC Anda. Dengan berbagai penawaran yang diberikan, pilihlah antivirus terbaik menurut Anda dan pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Malwarebytes Free

Malwarebytes Free bisa menjadi salah satu pilihan antivirus gratis terbaik untuk Anda. Antivirus gratis ini menggunakan database virus untuk melacak dan menghapus beragam jenis malware yang terdapat di PC atau laptop. Tidak hanya itu, Malwarebytes Free juga dilengkapi fitur browser extension yang akan mencegahmu mengunjungi situs-situs berisiko. Sehingga, Anda akan terhindar dari beragam ancaman siber, seperti phishing, scamtracker, hingga malware.

10. Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus adalah salah satu antivirus gratis terbaik yang bisa Anda coba. Seperti antivirus lainnya, aplikasi ini dilengkapi fitur umum, seperti melacak virus yang terdapat di file PC atau laptop Anda. Tidak hanya itu, antivirus ini juga memiliki fitur Panda Safe Web yang melindungi Anda dari beragam website mencurigakan dan berpotensi menyebarkan virus ke PC atau laptop. Hal ini ditambah desain aplikasi yang sangat minimalis, sehingga user bisa menggunakannya dengan mudah.

Edited by: Marsella Shafira Lukmi

Instagram: @marsellasl

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *