Tanggal:22 November 2024

Billboard: Pengertian, Manfaat, Jenis, Ciri, Kelebihan Dan Contohnya

Pengertian Billboard

Secara umum, pengertian billboard adalah suatu bentuk promosi iklan atau poster di luar ruangan (outdoor advertising) yang memiliki ukuran cukup besar dan diletakkan pada posisi yang tinggi.

Baca Juga : Iklan Online

Pendapat lain mengatakan pengertian billboard adalah papan reklame berukuran besar yang diberi tulisan atau gambar berisi informasi, baik itu pengumuman, iklan, atau promosi suatu produk tertentu. Pada umumnya billboard ditempatkan di area yang ramai dilewati orang dan dipasang dengan ukuran yang cukup tinggi dan besar.

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

Billboard biasanya berbentuk persegi dan dibuat dengan menggunakan bahan kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, atau bahan lainnya. Pemasangan billboard biasanya berdiri sendiri, yaitu dengan konstruktsi tetap. Namun, ada juga billboard yang dipasang pada bangunan lain, misalnya di atas toko.

Beberapa ahli ada yang berpendapat bahwa pengertian billboard adalah papan reklame dengan ukuran yang besar dan diberi tulisan atau gambar berisikan informasi, baik itu iklan, pengunguman, ataupun promosi suatu produk tertentu.

Setelah mengetahui pengertian billboard, maka kita harus mengetahui apa saja fungsi dari salah satu media promosi yang satu ini. Fungsi billboard secara umum adalah sebagai media informasi yang berguna untuk menyampaikan pesan tertentu pada masyarakat luas.

Sedangkan fungsi lainnya dari billboard adalah sebagai berikut:

  • Sebagai media periklanan atau media promosi yang ditempatkan di luar ruangan agar bisa dilihat oleh banyak orang.
  • Untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk
  • Cara yang tepat untuk melakukan branding pada suatu produk atau merek.
  • Sebagai media penyampaian informasi yang singkat pada masyarakat umum.

Baca Juga : Apa Itu Reklame

Manfaat Billboard

Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi reklame billboard:

  • Berfungsi sebagai media iklan luar ruang atau outdoor advertising.
  • Peluang untuk media promosi produk.
  • Sebagai media penyebaran informasi, karena billboard biasanya memuat pesan atau informasi penting.
  • Memudahkan khalayak luas untuk mengenali produk yang dipromosikan.
  • Memudahkan khalayak luas dalam mengingat serta mengenal produk yang dipromosikan.
  • Membantu meningkatkan reputasi sebuah produk.

Baca Juga : Tujuan Iklan Untuk Bisnis

Jenis-jenis Billboard

1. Billboard Klasik

Ini jenis reklame billboard yang paling sering digunakan dalam jangka waktu lama. Jenis billboard ini berukuran besar dan sering dipasang di jalan raya atau tempat yang ramai.

2. Mobile Billboard

Menurut Arrie Widhayani dalam buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan, dan Poster (2020), mobile billboard dalah jenis reklame billboard yang dipasang di atas kendaraan yang bergerak, sehingga jangkauan khalayaknya jauh lebih luas.

3. Billboard Tiga Dimensi

Jenis billboard yang satu ini memiliki penyusunan informasi atau tata gambarnya jauh lebih menarik. Contohnya promosi produk makanan. Dengan memakai jenis reklame billboard ini, makanan bisa ditampilkan menonjol atau berbentuk tiga dimensi.

4. Digital Billboard

Ini adalah jenis reklame billboard yang sering digunakan di pusat bisnis kota. Billboard jenis ini dianggap sangat efektif untuk meningkatkan pemasaran sebuah produk, dan menarik minat calon konsumen. Dibanding jenis lainnya, digital billboard tergolong mahal, tetapi sangat efektif.

Baca Juga : Iklan Niaga

Ciri-ciri Billboard

Billboard memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan media informasi lainnya. Adapun ciri-ciri billboard adalah sebagai berikut:

  • Billboard memiliki ukuran yang besar dengan perbandingan tinggi dan lebar 2:3.
  • Penggunaan warna pada billboard umumnya menggunakan warna kontras sehingga lebih mudah terlihat dan dibaca.
  • Huruf dan ilustrasi pada billboard dibuat berukuran besar sehingga dapat terlihat dan dibaca oleh khalayak sambil lalu.
  • Biasanya billboard ditempatkan di area yang sering dilewati, misalnya di pertigaan atau perempatan jalan utama.

Kelebihan Billboard

  • Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi secara singkat dan jelas.
  • Billboard merupakan media komunikasi dan informasi yang dapat menjangkau daerah lokal.
  • Billboard merupakan media informasi yang efektif dan tepat sasaran bagi khalayak tertentu bila ditempatkan di area yang tepat.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Youtube

Contoh Billboard

1. Erigo

2. Gucci

3. Hermès

4. Louis Vuiton

Baca juga : Iklan Advertorial

autocad
banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
adobe illustrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *