Tanggal:05 May 2024

Yuk, Simak Keuntungan Iklan Online!

Karena di era sekarang hampir seluruh kegiatan bisa dilakukan secara online, maka dunia periklanan juga ikut beralih ke media online. Sebagai pebisnis, pastinya kamu sudah familiar dengan iklan online ini. Pasalnya cara beriklan ini dipercaya jauh lebih efektif dibandingkan iklan secara konvensional.

Iklan online atau online advertising ini memanfaatkan jaringan internet sebagai sarana untuk menyebarkan informasi ke seluruh dunia. Ia muncul dengan beragam bentuk di berbagai platform, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Mengenal Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Jika kamu adalah seorang pebisnis yang berencana untuk melakukan promosi secara online, sebaiknya pahami dulu apa saja keuntungan yang akan diraih dari iklan online, yang mana akan dibahas lebih lanjut di artikel ini. Yuk, disimak!

Apa itu iklan online?

iklan online

source: niagahoster

Pernah kah kamu sedang asyik menikmati video Youtube, kemudian muncul distraksi tanpa aba-aba yaitu iklan? Ya, iklan tersebut tergolong iklan online berbentuk video. Di balik iklan tersebut, terdapat perusahaan yang tidak ragu untuk memasang iklan online dengan tarif tinggi, lho. Pasalnya, kita tahu bahwa dalam beberapa dekade terakhir, jumlah pengguna internet berkembang dengan pesat di dunia. Sehingga, hal ini tentunya menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk terus meningkatkan brand awareness-nya.

Online advertising atau iklan online adalah iklan yang memanfaatkan internet sebagai media penyampaian pesan promosi, baik yang ditampilkan melalui komputer desktop maupun perangkat mobile. Iklan online ini muncul di berbagai platform dan dalam berbagai bentuk, mulai dari iklan berbasis teks hingga video.

Baca juga:

Keuntungan iklan online

iklan online

source: pexels

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih memungkinkan kamu untuk beriklan secara lebih efektif melalui platform online dengan biaya yang jauh lebih murah. Semakin efektif iklan, maka semakin berpotensi pula bisnismu berkembang. Selain itu, digitalisasi di bidang periklanan tak hanya menguntungkan pelaku bisnis saja, namun internet marketer juga turut diuntungkan. Lalu, apa saja keuntungan lain dari iklan online ini? Berikut daftarnya:

1. Biaya promosi lebih murah

Apa yang kamu ketahui tentang iklan konvensional? Iklan di koran? Baliho? televisi? Benar! Semua itu adalah iklan konvensional yang memerlukan biaya lebih besar daripada iklan online. Karena dengan iklan online, kamu bisa memasang iklan dan berpotensi besar tepat sasaran dengan biaya yang terjangkau.

Sistem online juga memungkinkan untuk menampilkan iklan sesuai dengan behavior tiap pengguna internet di seluruh dunia. Itu semua bisa kamu dapatkan dengan biaya pemasangan iklan yang bisa menghemat pengeluaran.

Baca Juga :

2. Target pasar lebih fokus

Pemasangan iklan lewat media online memudahkan kamu dalam mengatur target pasar yang lebih spesifik. Kini, media sosial yang bisa digunakan untuk berpromosi memiliki fitur statik demografi tertentu guna memudahkan suatu bisnis memperoleh audiens yang lebih spesifik.

Secara tidak langsung, ketepatan penargetan konsumen akan meningkatkan penjualan perusahaan. Berbeda halnya dengan iklan konvensial. Belum tentu audiens iklan produk kamu merupakan target konsumen yang dituju. Sehingga, iklan yang kamu tampilkan hanya dianggap angin lalu saja.

Baca Juga : 9 Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnis

3. Lebih fleksibel

Keuntungan online advertising selanjutnya adalah lebih fleksibel. Maksudnya adalah terkait informasi yang akan dimasukkan dalam iklan. Secara garis besar, metode promosi ini memungkinkan kamu untuk terus memperbarui iklan produk yang diterbitkan. Jadi, jika ada salah penulisan atau promosi yang ditawarkan sudah kadaluarsa, kamu bisa langsung menyuntingnya saat itu juga.

Keuntungan seperti ini tentu saja sulit didapat oleh iklan konvensial. Semisal saja pemasangan baliho di tepi jalan raya. Saat ditemukan adanya kesalahan kata dan harus segera dibetulkan, mau tidak mau pihak perusahaan harus mencetak ulang spanduk tadi. Dan pastinya, kamu harus mengeluarkan biaya lagi.

Baca Juga :

4. Jaringan semakin luas tanpa batas

Berkat Internet, jutaan orang di belahan dunia bisa saling terhubung pada saat yang bersamaan. Setiap orang dapat mengakses berbagai informasi dari negara mana saja hanya dari ujung jari. Tentu saja hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai peluang untuk memperluas jaringan bisnismu.

Keuntungannya adalah iklan online memiliki jangkauan yang lebih luas yakni secara global, yang tentu akan sangat susah untuk dilakukan iklan konvensional. Dengan kata lain, iklan online membuat bisnismu bisa menjangkau lebih banyak target pasar termasuk dari luar negeri.

Baca Juga : Tips dan Strategi Mempromosikan Event Online

5. Penayangan tak terbatas

Saat menggunakan iklan online, pengguna bahkan bisa melihatnya secara berulang-ulang. Hal ini masih berkaitan dengan keuntungan online mengenai fleksibilitasnya, namun dalam hal kenyamanan pengguna.

Dengan adanya fitur penayangan tak terbatas yang disediakan oleh berbagai platform, maka kemungkinan pengguna bisa melihat iklan tersebut dengan leluasa. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi keputusan pengguna untuk membeli produk.

Baca Juga :

6. Meningkatkan jumlah penjualan dan produksi

Tentu ini menjadi salah satu hal yang di inginkan oleh setiap pemilik bisnis, yaitu mengalami peningkatan baik dari segi penjualan maupun produksi. Dengan semakin meluasnya jaringan bisnis kamu, sudah pasti peluang untuk mendapatkan banyak penjualan semakin terbuka lebar. Guna memenuhi permintaan pasar, sudah tentu kamu akan meningkatkan jumlah produksi.

Itulah pembahasan mengenai apa saja keuntungan iklan online untuk bisnis kamu. Sebagai pebisnis, kamu harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar dapat bersaing dengan para kompetitor. Salah satunya yakni memasang iklan online di berbagai macam platform.

Baca Juga : Apa Itu Promosi Penjualan?

Nah, kabar baiknya puluhan juta pengguna Facebook diperkirakan aktif setiap harinya, lho. Jumlah yang sangat melimpah ini tentunya menjadi ladang kesempatan bagi kamu sebagai perbisnis untuk menggaet calon customer potensial dong? Yuk, belajar cara ampuh beriklan di Facebook anti bancos! Kamu bisa join kelasnya di sini. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *