Tanggal:10 May 2024
Apa itu iklan advertorial? (pexels.com)

Apa Itu Iklan Advertorial?

Pengertian iklan advertorial

Advertorial adalah artikel yang tampak seperti editorial tetapi sebenarnya konten berbayar yang ditulis untuk mempromosikan produk atau layanan. Kata tersebut merupakan gabungan dari iklan dan editorial.

Advertorial telah muncul sebagai cara bagi perusahaan untuk mengiklankan produk mereka di situs yang menghasilkan pendapatan dari klik-tayang. Kontroversi seputar advertorial berpusat pada fakta bahwa mayoritas dari mereka tidak mengungkapkan motif tersembunyi mereka karena banyak pembaca tidak dapat mengatakan bahwa konten tersebut sebenarnya adalah promosi berbayar.

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SEM

Strategi pemasaran ini membuat buku putih, video, dan konten lainnya yang kemudian didistribusikan oleh perusahaan melalui buletin, media sosial, situs web perusahaan, dan cara lainnya untuk mendorong audiens mengeklik dan mengunduh konten sebagai imbalan atas informasi pribadi atau perusahaan yang tim penjualan dan pemasaran dapat digunakan untuk membuat kampanye penjualan yang ditargetkan.

Baca Juga |  Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukan Marketing Campaign

Advertorial telah diterima dengan skeptisisme konsumen. Mesin pencari utama, seperti Google, telah menerapkan peraturan untuk melarang tautan yang dibayar untuk muncul di bagian atas hasil pencarian dan menghukum artikel yang kurang transparan tentang motif iklan. Tujuan dari mesin pencari adalah untuk menjaga netralitas informasi dan pertukaran ide yang terbuka daripada memungkinkan konten yang disponsori untuk mengesampingkan informasi yang objektif.

Baca Juga |  Apa Itu SEM?

Tips membuat iklan advertorial

1. Menulis untuk nilai, bukan untuk dipromosikan

Anda tidak perlu menulis iklan yang mencolok untuk produk atau perusahaan Anda. Sebaliknya, advertorial harus mengambil nada posting blog.

Posting blog dimaksudkan untuk memberikan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh audiens. Jadi, ketika Anda duduk untuk membuat konsep advertorial Anda, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat melayani audiens target Anda dengan konten pendidikan, terlebih dahulu.

Baca Juga |  6 Tips Menulis Kreatif yang Benar Bikin Tulisan Jadi Lebih Unik!

Mungkin tujuan kampanye Anda adalah untuk meningkatkan visibilitas produk baru Anda. Jika itu masalahnya, pikirkan untuk menulis daftar yang menyebutkan produk-produk kompetitif dan mencantumkan produk Anda di bagian atas. Ini memberikan informasi berharga kepada audiens yang Anda minati, serta sebaliknya.

2. Tetap berpegang pada apa yang dikatakan pada judul Anda

Ketika promosi advertorial Anda diterima oleh sebuah publikasi, atau setelah Anda menulis draf, bacalah untuk kelanjutannya: Apakah advertorial Anda mencapai apa yang Anda katakan dalam judul?

Baca Juga |  8 Syarat dalam Menulis Judul Berita, Calon Jurnalis Wajib Tahu!

Sangat penting untuk menyelaraskan informasi dalam artikel Anda dengan judul Anda, sehingga pembaca tahu apa yang mereka hadapi ketika mereka membaca judul iklan Anda. Selain itu, Anda tidak akan kehilangan kredibilitas untuk iklan palsu, dan Anda dapat yakin bahwa Anda melayani audiens Anda.

3. Memecahkan untuk pelanggan

Melayani audiens harus menjadi salah satu prioritas utama Anda dengan advertorial. Advertorial membantu perusahaan Anda, tetapi pada akhirnya, penyelesaian untuk pelanggan menghasilkan yang baru.

Baca Juga |  Apa Itu Advertising? Tujuan , Jenis Advertising

Advertorial bukanlah kesempatan bagi Anda untuk meneriakkan bagaimana perusahaan Anda menyelesaikan semua tantangan yang disajikan dalam advertorial Anda. Sebaliknya, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjangkau audiens baru dengan konten berkualitas tinggi.

Jika Anda ingin menempatkan iklan untuk perusahaan Anda bersama-sama dengan advertorial, diskusikan kemungkinan tersebut dengan penerbit. Anda mungkin dapat membeli ruang iklan yang akan memisahkan tujuan konten Anda.

4. Menginspirasi tindakan

Ingat, advertorial Anda harus tetap menjadi semacam iklan, meskipun tidak terlihat seperti yang lain. Dan, dengan semua iklan, Anda harus menginspirasi tindakan di akhir postingan.

Baca Juga |  Pentingnya Engagement Rate untuk Bisnis Online

Anda dapat membuat advertorial interaktif, seperti kuis, yang menguji pengetahuan pembaca Anda tentang subjek, kemudian menyediakan sumber daya di mana mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang subjek dengan mengakses salah satu penawaran Anda.

5. Hindari hanya berbicara tentang perusahaan Anda

Untuk memastikan advertorial Anda tidak berbentuk iklan panjang, hindari hanya membicarakan perusahaan Anda di advertorial.

Untuk mendiversifikasi konten Anda, menambah nilai bagi pembaca, dan menunjukkan pengetahuan Anda tentang industri ini, menyebutkan merek lain di post an adalah kuncinya.

Baca Juga |  Brand positioning: pengertian, strategi,manfaat dan contoh

6. Menyenangkan pembaca Anda dengan konten yang luar biasa

Jika Anda menulis advertorial, ini adalah kesempatan yang baik untuk mencoba sesuatu yang baru untuk menyenangkan pelanggan Anda misalnya, mungkin menyertakan animasi sebagai ganti foto, emoji sebagai ganti teks, atau bahkan gaya penulisan berbeda yang berbeda dari suara merek Anda pada umumnya.

Anda juga dapat mencoba beberapa teknik pengoptimalan baru. Mungkin Anda membuat penawaran konten yang khusus untuk kampanye. Anda dapat bereksperimen di sini, dan melayani prospek baru dengan karya Anda.

Sekarang setelah Anda memiliki beberapa tips tentang cara membuat advertorial, mari membahas beberapa contoh yang dapat Anda rujuk jika Anda buntu menulis, memformat, atau menyelesaikan posting Anda.

Baca Juga | Apa Sih Jobdesk Social Media Marketing? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Demikian informasi mengenai iklan advertorial yang digunakan untuk menawarkan sebuah produk atau jasa kepada para konsumen. Gimana Anda tertarik untuk mencoba?

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *