Tanggal:05 May 2024

Iklan Niaga : Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Apa itu iklan niaga? Iklan niaga adalah iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk, baik barang maupun jasa. Nantinya, produk tersebut akan diperjualbelikan atau disewakan. Iklan jenis ini ditujukan untuk memperoleh untung dari pendapatan hasil penjualan.

Baca Juga : Mengenal Iklan Online

Oleh karena itu, pengembangan setiap bisnis atas produk barang maupun jasa memerlukan sarana iklan yang memadai. Tentunya agar produk dan jasa tersebut laku dipasarkan. Umumnya konsep iklan dibuat semenarik mungkin dan profesional sehingga mudah diingat oleh konsumen.

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

Biasanya, iklan niaga dikenal juga dengan iklan komersil. Iklan komersil sering beredar di media massa, baik cetak ataupun elektronik. Kenapa sih harus memakai iklan? Sebab, melalui iklan, para pebisnis bisa mempromosikan produk maupun jasa yang mereka jual. Tetapi, sebelum memakai iklan perlu dilakukan berbagai pertimbangan supaya bisnis yang kamu jalani efektif dan efisien.

Baca Juga : Tujuan Iklan Dalam Bisnis

Nah, untuk informasi lebih lanjut simak artikel Vocasia ini, ya. Kita akan bahas tuntas mulai dari pengertian, tujuan, beserta contoh dari iklan niaga.

Apa itu Iklan Niaga?

Ilustrasi Iklan Niaga (Pexels)

Iklan niaga merupakan sebuah iklan yang mempromosikan, memperkenalkan, dan menawarkan produk. Produknya sendiri bisa bermacam-macam seperti barang, jasa, ide atau yang lainnya. Iklan akan mempengaruhi target konsumen agar membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan. Selain itu, iklan niaga memiliki sebutan lainnya, yaitu iklan penawaran, iklan penjualan, atau iklan komersial.

Baca Juga : Iklan Advertorial

Tujuan dari Iklan Niaga

1. Pengenalan Produk

Memakai iklan niaga di berbagai media memiliki tujuan yang beragam. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan produk, jenisnya, kegunaan atau manfaatnya, dan lain-lain. Pengenalan produk merupakan langkah awal dalam pemasaran produk. Selain itu, tujuan lainnya adalah agar orang tahu tentang produk dan dapat membelinya. Dalam iklan juga mencakup informasi tentang tempat membeli produk. Iklan komersial ini tidak hanya relevan dengan pengenalan produk baru di pasar, tetapi juga produk hasil pertumbuhan atau inovasi perusahaan.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan Spanduk Yang Efektif

2. Penawaran Produk

Iklan niaga menawarkan produk dengan tujuan mendorong penjualan. Contoh menawarkan produk adalah dengan menunjukkan produk tersebut seperti apa serta manfaatnya. Jadi, dalam iklan niaga digunakan kalimat yang sifatnya hard selling

Efek yang diharapkan dari pemasangan iklan niaga tentu saja menciptakan transaksi penjualan. Semakin efektif iklannya, semakin banyak transaksi terbentuk. Sehingga perusahaan akan memperoleh omzet sekaligus profit. 

3. Dapatkan Pelanggan

Tujuan penggunaan iklan selanjutnya adalah untuk menarik pelanggan atau dengan kata lain untuk menarik pembeli. Dengan demikian, konten promosi dibuat untuk menawarkan suatu produk yang dijual dengan menghadirkan keunggulannya. Hal ini akan menarik orang untuk membeli produk tersebut. Semakin banyak orang melihat konten iklan, semakin banyak mereka akan membeli. Bisnis pun bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan tentunya.

Baca juga: Cara Memasang Iklan di Google Ads

4. Memperluas Pasar

Iklan niaga atau komersial yang ditampilkan di berbagai media dapat dilihat secara luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, salah satu tujuan dari aksi ini adalah untuk memperluas pasar. Jika menawarkan produk secara langsung, pangsa pasar hanya untuk masyarakat tertentu saja. Jadi, semakin luas jangkauan iklan, semakin luas pasarnya. Kemudian bisnismu bisa mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai tempat.

Baca Juga : Strategi Mengembangkan Usaha

5. Loyalitas

Membangun loyalitas pada setiap pelanggan juga merupakan bagian penting. Hal itu cukup berpengaruh dalam menciptakan keuntungan yang berkelanjutan untuk bisnis. Postingan tentang keunggulan produk dan inovasi perlu menjangkau pelanggan. Tentunya agar mereka tetap setia pada produk perusahaan.

Baca Juga : Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6. Meningkatkan Reputasi

Dengan iklan, perusahaan juga dapat meningkatkan reputasi atau citranya di mata publik. Namun dalam hal ini, iklan komersial harus dibuat dengan lebih banyak unsur manusiawi dan sosial.

Contoh Iklan Niaga

1. Iklan Produk Madu

Ilustrasi Iklan Madu (Google)

Iklan madu sering ditampilkan dengan kombinasi warna kuning, jingga, dan emas. Hal tersebut melambangkan keutamaan madu sebagai produk alami yang lezat dan sehat. Model iklan ini berfokus pada ibu yang memberi makan anak-anak mereka produk nutrisi setiap hari.

Berikut slogan yang digunakan pada iklan:

Madu TJ: “Kualitas Terbaik dari Alam.”
Madurasa: “Sehat setiap hari dengan Madu Rasa”
Syafira: “Rahasia Penawar Alam.”

2. Produk Indomie Instan

Ilustrasi Iklan Indomie (Google)

Satu lagi produk kebanggaan Indonesia yang sudah keliling dunia yaitu Indomie. Kini mi instan yang satu ini sudah dikenal oleh banyak influencer internasional, lho. Produk yang dikenal sejak awal 1970-an ini selalu menonjolkan rasa yang berbeda dalam iklannya.

Berikut contoh slogan yang digunakan pada iklan:

“Indomie, seleraku.”
Hype-nya hilang.”
“Jadikan hari ini cerah!”

3. Elektronik Ponsel

Ilustrasi Iklan Smartphone (Google)

Untuk produk elektronik khususnya smartphone, hal utama yang harus diperhatikan dalam periklanan adalah target audiens. Biasanya target audiens ponsel sering kali adalah anak muda dan pekerja kantoran. Selain itu, iklan juga harus menyampaikan suasana yang hidup. Spesifikasi juga harus dicantumkan, tetapi sedikit saja dan sesederhana mungkin.

Berikut contoh slogan yang digunakan pada iklan:

Realme: “Layar besar, baterai besar.”
IPhone: “ Think Different
Samsung Galaxy: “Siap beraksi”

Baca Juga : Marketing Plan

4. Minuman Kesehatan

Ilustrasi Iklan Minuman Sehat (Google)

Iklan produk ini sering kali didominasi oleh model dengan tubuh bugar, sehat, dan gaya olahraga atau aktivitas yang lebih energik. Warna desain sering jatuh pada palet biru dan hijau.

Berikut contoh slogan yang digunakan:

Pocari Keringat: “Go Sweat Go Ion
Yakult: “Cintai ususmu minum yakult setiap hari”
Promag: “Cepat meredakan sakit maag dan kembung”

5. Makanan

Ilustrasi Iklan Makanan (Google)

Dalam pembuatan iklan makanan komersial, yang paling ditekankan adalah deskripsi rasa dari makanan tersebut. Biasanya iklan ini menampilkan gambar produk yang menarik. Terkadang juga mencantumkan harga produk dan nomor pesanan untuk menarik lebih banyak membeli.

Berikut contoh slogan iklan makanan:

Jagonya ayam (KFC)
I’m Lovin It (McDonald’s)
Taste is King (Burger King)

6. Tas

Ilustrasi Iklan Tas (Google)

Iklan produk tas wanita biasanya memunculkan sisi feminim. Selain itu, iklan ini akan menawarkan keunggulan tas. Contohnya seperti tas praktis yang bisa membawa semua barang sekaligus melengkapi penampilan agar tetap cantik. Sementara itu, produk tas pria yang utama adalah lebih berfokus pada daya tahan, terutama digunakan untuk bepergian.

Berikut contoh slogan yang digunakan:

Ransel Milo: “Kembali ke sekolah.”
Eiger: “Melengkapi Kegiatan Petualangan Anda.”
Tas Bisnis Kulit Asli Mario: “Baik di luar maupun di dalam sangat fantastis.”

7. Sepatu

Ilustrasi Iklan Sepatu (Google)

Sepatu kelas dunia seperti Nike, Adidas, dan Vans tidak terlalu menonjolkan model dalam iklan. Bahkan, hanya satu sepatu yang ditampilkan. Ia hanya menggunakan slogan pendek, tetapi valid seperti penghargaan, “Just Do It” atau “gravitasi tidak akan pernah sama”. Hal itu karena merek Nike sudah cukup terkenal di kancah dunia. Namun, bagi merek yang belum diakui secara internasional, mereka harus melakukan upaya khusus mempromosikan produk sepatunya.

Berikut contoh slogan yang digunakan:

Skechers: “Idola baru generasi milenial!”
Tomkins: “Agar sesuai dengan gaya Anda, kenakan sepatu Tomkins untuk tampilan yang sporty!”
Birkenstock: “Langkah pasti, langkah birkenstock, pastikan langkah dengan sepatu yang berkualitas!”

Baca Juga : Marketing Mix 7p

8. Kendaraan Bermotor

Ilustrasi Iklan Motor (Google)

Kendaraan roda dua alias sepeda motor memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Iklan motor kini lebih berfokus pada kemudahan dalam membelinya dan juga mode yang sedang tren di pasaran. Merek sepeda motor terkemuka biasanya lebih berfokus pada spesifikasi dan menampilkan pembalap motor yang terkenal untuk mempromosikan produk mereka.

Contoh slogan yang digunakan:

Suzuki: “ Ubah dan tantang.”
Yamaha: “ Semakin di depan.”
Honda: “ Satu hati.”

Jangan lupa untuk membuat slogan dan teks yang menarik. Hal itu karena konten yang menarik secara visual akan lebih mudah menarik calon konsumen. Untuk itu, dibutuhkan keterampilan menulis dan ilmu yang mumpuni untuk bisa membuat tagline yang unik dan mudah diingat semua orang.

Baca Juga : Marketing Mix 4p

Di bagian bawah konten, dapat disisipkan ajakan mengundang audiens untuk berinteraksi dengan iklan. Contohnya seperti meminta pendapat mereka di kolom komentar atau meminta mereka untuk menekan tombol suka. Di sinilah peran caption dan copywriting yang berkualitas berada. Ingatlah untuk memasukkan hashtag yang relevan dan bertarget untuk meningkatkan brand awareness produk.

Semoga penjelasan mengenai apa itu iklan niaga bermanfaat, ya. Nantikan juga artikel lainnya dari Vocasia. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi lainnya!

Baca Juga : Jenis Channel Marketing

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *