Tanggal:04 May 2024

Mengenal Iklan Online dan Beragam Jenisnya

Kamu tentu sudah tidak asing mendengar istilah iklan online. Iklan online sering kamu jumpai pada beragam media. Namun, apakah kamu tahu apa itu iklan online? Iklan online adalah strategi atau teknik pemasaran bisnis yang melibatkan internet sebagai media untuk menyampaikan pesan iklan. Kamu dapat menyesuaikan penggunaan iklan online dengan target audiens yang ingin dituju. Iklan online juga sering disebut dengan istilah iklan internet. Kamu tentu tahu bahwa periklanan sangat mendukung kemajuan aspek pemasaran sebuah bisnis. Iklan online dapat menjadi sarana kamu menjangkau target audiens secara lebih luas.

Baca Juga: Pentingnya Jingles Untuk Iklan Bisnis Anda

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

Kamu dapat melihat iklan online dalam berbagai bentuk. Iklan online bisa berupa teks, animasi, gambar, video, maupun perpaduan voice over saja. Bentuk atau tampilan dari iklan online ini sangat bergantung pada kebutuhan dan platform yang digunakan. Kamu dapat mendistribusikan pesan iklan melalui platform atau channels yang berbeda. Iklan online bisa kamu sebarluaskan melalui situs web, blog, media sosial, serta YouTube. Beragam pesan iklan juga bisa kamu kemas dengan suguhan yang menarik. Hal ini agar audiens ebih tertarik saat melihat iklan online milik bisnis kamu. Tapi, apakah kamu tahu jenis iklan online ada apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Iklan Media Sosial

Ilustrasi Media Sosial (sumber: pexels)

Di era seperti sekarang media sosial banyak digunakan oleh kalangan apa pun. Mulai dari usia muda hingga dewasa. Kamu pun tentu memiliki beberapa akun media sosial. Peluang tersebut dapat kamu eksekusi dengan baik, ya. Iklan online melalui media sosial cukup populer karena kemudahan yang ditawarkan cukup banyak. Dan jangkauan target audiens melalui jenis iklan ini pun sangat luas. Kamu sebagai pihak pengiklan memiliki opsi untuk mengatur tampilan iklan ke pengguna tertentu berdasarkan lokasi, usia, hobi, gender, dan sebagainya. Isi pesan di dalamnya juga bisa kamu sesuaikan dengan tatanan yang diinginkan.

Baca Juga : Konten Menarik di Sosial Media

2. Iklan Email atau Email Marketing

Ilustrasi Email Marketing (sumber: pixabay)

Media iklan online via email bisa menjadi alternatif pilihan yang efektif di era serba digital. Kamu dapat mendistribusikan pesan iklan online melalui penggunaan email kepada setiap target. Email masih banyak digunakan oleh berbagai kalangan dengan kebutuhannya masing-masing. Jenis iklan ini bukan cuma tepat untuk pelanggan tetap, tapi juga pelanggan potensial. Kamu bisa memberikan iklan online kepada para pelanggan loyal sekaligus pelanggan baru. Pelanggan loyal akan terus mendapatkan update seputar penawaran dari bisnis kamu. Sedangkan target dari pelanggan baru akan menjadi peluang meningkatkan jumlah pelanggan potensial.

Baca Juga : Contoh Email Marketing

Baca Juga: 5 Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja Yang Menarik

3. Sponsorship

Ilustrasi Produksi Sponsor Produk (sumber: pexels)

Jenis iklan ini membutuhkan kerja sama antara pemilik bisnis dengan pihak ketiga yang memiliki pengaruh besar di mata audiens. Kamu bisa menggunakan pihak ketiga sebagai pendukung produksi iklan online. Seperti halnya figur artis, influencer, selebgram, youtuber, atau public figure lainnya. Hal ini akan membuat iklan online yang kamu produksi lebih segar dan menarik minat audiens. Rasa penasaran akan produk bisa jauh lebih meningkat saat kamu menyisipkan figur terkenal. Audiens akan semakin terangsang dalam mencari tahu produk yang kamu pasarkan. Terlebih lagi saat kamu menggunakan figur idola para audiens di dalam produksi iklan online.

Baca Juga : Menentukan Influencer Untuk Promosi Bisnis

Baca Juga: 5 Strategi Iklan Parfum

4. Contextual Advertising

Ilustrasi Iklan di Website (sumber: pexels)

Iklan ini akan muncul otomatis sesuai dengan konteks atau topik yang sedang kamu cari sebagai pengguna internet. Misalnya, kamu sering membuka situs web atau YouTube mengenai tutorial make up. Iklan-iklan make up akan otomatis muncul di dalam platform yang sedang kamu buka. Bahkan, saat kamu membuka platform lain pun iklan serupa dapat ikut muncul di dalamnya. Hal ini memang sebagai strategi jitu dalam pemasaran iklan secara online. Kamu bisa memasarkan bisnis yang sedang digeluti melalui penggunaan iklan online jenis ini, ya.

Baca Juga: 8 Tips Cara Beriklan Di TikTok Ads Dengan Mudah

Baca Juga: Citra Dalam Iklan Sebagai Realitas Sosial Media

5. SEM (Search Engine Marketing)

Ilustrasi SEM (sumber: pexels)

Iklan ini akan muncul di hasil pencarian Google saat kamu sedang mencari informasi dari suatu topik. SEM merupakan jenis iklan online yang merujuk pada search engine saja. Kamu bisa memasang iklan online ini untuk meraih target audiens secara luas. Cara kerja iklan online ini akan muncul di halaman tertentu saat kamu akses informasi pada search engine. Iklan SEM ini biasanya memiliki sistem pembayaran per klik atau yang dikenal dengan PPC (Pay per Click). Kamu sebagai pihak yang mengiklan hanya akan membayar iklan setiap kali ada yang mengklik iklan tersebut.

Baca Juga: Iklan Niaga : Pengertian, Tujuan, Dan Contohnya

Nah, itu dia penjelasan mengenai iklan online beserta jenis-jenisnya. Kamu bisa mengambil pengetahuan dan menerapkan manfaatnya dalam bisnis. Iklan online bisa kamu produksi untuk meningkatkan kesadaran merek ataupun peningkatan performa penjualan produk. Kamu bisa menggunakan satu atau beberapa kombinasi dari jenis iklan online di atas, ya. Jangan hanya terpaku pada iklan konvensional saja. Bisnis kamu pun dapat terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Gunakan iklan online dengan bijak dan raih keuntungannya. 

Baca Juga : Perbedaan SEO dan SEM

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *