Tanggal:04 May 2024
Etika profesi adalah

Etika Profesi: Pengertian, Prinsip, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Apa yang kamu ketahui tentang etika? Etika adalah suatu norma atau aturan yang digunakan sebagai pedoman bagi individu maupun kelompok dalam berperilaku. Suatu etika berkaitan erat dalam proses kehidupan. 

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Di dunia kerja, kamu akan menemui etika profesi. Nah, apa sih etika profesi itu sebenarnya? Kali ini akan dibahas mengenai etika profesi secara lengkap. Selamat membaca hingga akhir!

Pengertian Etika Profesi

Pengertian Etika Profesi (Freepik)

Etika profesi adalah suatu kode etik yang berguna sebagai acuan seseorang atau suatu kelompok untuk berperilaku dalam aktivitas profesional. Peran etika profesi adalah sebagai tata cara yang menyatakan baik atau buruknya  suatu sikap sebagai seorang profesional dalam bertindak selaras dengan aturan yang telah ditetapkan.

Kaiser berpendapat bahwa etika profesi adalah suatu cara bersikap dalam hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan profesional pada masyarakat sebagai bentuk tugas dan kewajiban.

Prinsip Etika Profesi

1. Prinsip Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah sikap yang wajib dimiliki tiap individu. Apalagi jika kamu masuk dalam dunia kerja. Sikap tanggung jawab yang kamu miliki akan mencerminkan profesionalitas diri. Kamu harus bertanggung jawab akan tindakan yang kamu lakukan. Contohnya seperti menyelesaikan pekerjaan yang kamu miliki.

2. Prinsip Keadilan

Dalam bekerja, kamu harus menanamkan prinsip keadilan. Setiap orang memiliki hak yang sama. Kamu dengan rekan kerjamu sama-sama memiliki hak yang setara.

3. Prinsip Integritas Moral

Prinsip moral wajib dimiliki oleh seorang profesional. Kejujuran merupakan salah satu sikap yang masuk dalam kategori moral. Sikap adil, menjaga kepentingan profesi, dan memikirkan kepentingan umum juga harus kamu miliki.

4. Prinsip Otonomi

Setiap individu dalam dunia kerja memiliki hak kebebasan dalam bekerja di lingkup profesinya. Kamu memiliki wewenang penuh untuk melakukan maupun tidak melakukan sesuatu berdasarkan aturan ataupun kode etik yang ada.

Tujuan Etika Profesi

Suatu aturan yang ditetapkan pastinya memiliki tujuan. Dalam etika profesi sendiri memiliki beberapa tujuan, di antaranya sebagai berikut:

  • Bertindak secara profesional saat bekerja
  • Menjaga kesejahteraan bersama dalam ruang lingkup kerja
  • Mampu menjaga serta membuat keputusan yang selaras dengan aturan atau etika yang berlaku
  • Memahami perbedaan pandangan yang ada dalam dunia kerja
  • Menerima dan mengakui bahwa perbedaan adalah suatu hal yang wajar, khususnya dalam perspektif moral profesional

Manfaat Etika Profesi

Manfaat Etika Profesi (Freepik)

Dalam penerapannya, etika profesi juga memiliki manfaat, di antaranya sebagai berikut:

1. Membangun sistem kerja tertib

Adanya aturan yang diciptakan tentunya tidak sembarangan. Penerapan etika profesi dalam dunia kerja akan membangun suatu pola sistem kerja yang tertib. Setiap pekerja akan menjalankan tugasnya dengan sesuai dan tepat. Hal tersebut akan meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam bekerja serta turut menjaga ketertiban sistem kerja.

2. Meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja

Ketika seluruh pekerjaan berjalan sebagaimana mestinya dan tepat sasaran, maka proses bekerja menjadi lebih efektif. Tak hanya itu, penerapan etika profesi dalam bekerja akan menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman bagi para pekerja. Sehingga, hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas kerja.

3. Sadar akan tanggung jawab

Seorang profesional dituntut paham akan tanggung jawab pekerjaan yang diemban. Ketika menemui situasi yang berat sekalipun, kamu harus tetap menyelesaikan tanggung jawabmu hingga tuntas. Hal tersebut dapat menjadi nilai plus bagi diri kamu sendiri di mata atasan, konsumen, dan kolega. Sehingga, akan timbul rasa percaya mereka terhadap kamu.

4. Menciptakan lingkungan kerja yang sehat

Lingkungan kerja yang sehat adalah impian setiap pekerja. Penerapan etika profesi dalam suatu lingkup kerja akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Hal itu lantaran segala pekerjaan yang berjalan sesuai dengan SOP dan etika profesi yang telah ditetapkan.

Baca juga : Tips Diterima dengan Baik di Lingkungan Kerja Baru!

Contoh Etika Profesi

Adapun contoh dari etika profesi yang biasa dijumpai, di antaranya sebagai berikut:

  • Transparansi, seperti terbuka saat mengomunikasikan apa pun dalam lingkup pekerjaan
  • Memiliki integritas dalam bekerja
  • Loyal terhadap perusahaan tempat bekerja
  • Menjunjung tinggi dan mempertahankan reputasi positif perusahaan
  • Akuntabilitas
  • Dan lain-lain

Itu dia penjelasan mengenai etika profesi mulai dari pengertian, prinsip, tujuan, manfaat, hingga contohnya. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu jadi paham apa itu etika profesi. Tentunya etika profesi adalah salah satu hal yang wajib diterapkan dalam lingkup pekerjaan. Kamu sebagai pekerja juga harus menjadikannya sebagai pedoman dalam berperilaku dalam bekerja, ya. 

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *