Tanggal:30 May 2024
Tips Ampuh Diterima di Lingkungan Kerja Baru Secara Cepat

Tips Diterima dengan Baik di Lingkungan Kerja Baru!

Diterima di lingkungan kerja dengan baik tidaklah mudah. Fakta mengenai lingkungan kerja baru yang tidak bisa menerima pegawai dengan baik secara instan kerap menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Beberapa orang takut tidak bisa menyesuaikan diri, takut partner kerja yang dihadapi tak sesuai ekspektasi, dan banyak ketakutan-ketakutan lain yang kerap kali menghantui.

Dalam dunia kerja, sering kali terdapat banyak hambatan, tantangan, dan kejutan baru yang datang secara tiba-tiba dan tak terduga. Salah satunya adalah pemindahan tempat tugas  dengan alasan kenaikan jabatan maupun hanya untuk rotasi perusahaan. Sebagai seorang profesional, mau tidak mau kita harus bersedia menerima dan menjalaninya apabila dipindah tugaskan dengan alasan apa pun. Lalu, apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi hal tersebut?

Berikut adalah 5 cara yang dapat kamu lakukan agar bisa diterima dengan baik di lingkungan kerja baru!

1. Menjaga etika saat berbicara baik dengan senior maupun rekan kerja

Prespektif  bahwa  tiap orang punya sifat yang berbeda antara satu dengan yang lain harus kamu pertimbangkan. Terkadang yang kita anggap candaan belum tentu bisa diterima oleh mereka. Gunakanlah diksi yang baik dan tidak kasar saat berbicara dengan rekan kerja baik dengan junior, teman satu pangkat, maupun dengan senior.

Volume atau tingkat tinggi rendahnya nada saat berbicara juga perlu dijaga. Jangan terlalu keras dan jangan pula terlalu lirih. Gunakan volume yang senada dengan volume yang lingkungan kerja kamu gunakan agar rekan kerjamu juga nyaman saat diajak bicara.

Baca Juga | Perbedaan Bekerja Di Perusahaan Startup Dengan Perusahaan Corporate

2. Menghindari percakapan yang berbau SARA untuk membentuk lingkungan kerja yang baik

Percakapan tentang SARA merupakan hal riskan yang dapat menimbulkan perpecahan. Jangan sampai  menyulut percakapan yang mengandung unsur kepercayaan dan adat istiadat dalam lingkungan kerja. Jika ingin berbicara, gunakanlah topik yang dapat diterima secara umum dan sifatnya tidak personal. Kamu hanya boleh membahas topik yang relevan dengan pekerjaan kalian.

Selain topik percakapan, kamu juga harus menghargai kebiasaan-kebiasaan rekan kerjamu yang berkaitan dengan adat istiadat dan kepercayaannya. Kamu tidak boleh mencela dan menunjukkan sikap aneh saat melihatnya. Dengan demikian, rekan kerjamu juga akan menghargaimu seperti kamu menghargainya.

Baca Juga | 7 Cara Berkomunikasi Yang Efektif Didunia Kerja!

3. Berpakaian sopan, rapi, dan memakai atribut yang sesuai

Pakaian  menjadi salah satu self branding seseorang. Berpakaian sopan menjadi salah satu sikap yang dapat kamu terapkan saat berada di lingkungan kerja baru.  Kamu bisa menggunakan seragam kerja yang telah disediakan oleh tempat kerjamu. Jika tempat kerjamu memberi kebebasan dalam hal berpakaian, kamu harus pintar memadukan pakaianmu.

Kamu bisa menggunakan pakaian formal seperti kemeja dan celana atau rok kerja berbahan dasar kain yang dapat menampilkan kesan profesional. Kamu juga bisa menggunakan kaus dan celana jeans untuk menampilkan kesan casual. Selain itu, tatanan rambut dan kebersihan diri juga harus dijaga. Jangan terlihat kusut dan menimbulkan bau yang tidak sedap agar kamu tidak dijauhi oleh rekan kerjamu.

Baca juga: Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence Dalam Bekerja

4. Tunjukkan sikap inisiatif yang tinggi 

Inisiatif adalah sifat yang harus kamu terapkan saat berada di lingkungan kerja baru. Jangan menunggu bola, tapi jemputlah bola. Kamu tidak harus menunggu dengan tangan kosong apabila tidak diberi pekerjaan. Cobalah menawarkan bantuan kepada rekan kerjamu untuk menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang inisiatif dan percaya diri. Rekan kerjamu pasti akan sangat senang atas kehadiranmu di lingkungan tersebut.

Baca juga: Apa itu Personal Branding?

5. Tidak sombong atas keahlian yang dimiliki

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda satu dengan yang lain. Sebanyak apapun prestasi yang kamu miliki, jangan pernah menunjukkan bahwa kamu lebih mahir dari rekan kerjamu yang lain. Kamu harus menampilkan sikap rendah hati dan baik kepada semua orang. Dengan demikian, mereka akan respect dan menilaimu dengan positif. Rekan kerja juga akan menerimamu dan senang saat bekerja denganmu.

Jangan lupa untuk menerapkan kelima hal di atas agar kamu bisa diterima dengan baik di lingkungan kerja yang baru. Selain menerapkan kelima tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus di Vocasia. Kursus “Rahasia Atasi 1001 Drama Kantor” bisa kamu ikuti di sini!

Baca Juga | Yuk Mengenal Apa Itu Soft Selling!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *