Tanggal:05 May 2024

Apa Itu Flywheel Marketing?

Tahukah kamu apa itu flywheel marketing? Flywheel marketing adalah jenis strategi marketing yang mengutamakan kepuasan konsumen. Pemasaran dengan menggunakan flywheel marketing sangat menggandalkan pengalaman konsumen sebagai kunci utamanya. Konsumen yang marasa puas akan mudah menggerakkan roda bisnis yang kamu jalankan, loh. Flywheel marketing mengutamakan pengalaman konsumen sebagai senjata utama meningkatkan penjualan.

Penerapan flywheel marketing secara tepat bisa membuat konsumen kamu bertambah banyak. Flywheel marketing adalah strategi pemasaran berporos pada kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen bisa kamu dapatkan dari pelayanan secara prima. Kepuasan konsumen secara otomatis akan meningkatkan penjualan secara berulang. Kamu tidak perlu terlalu memaksa bahkan menekan konsumen. Konsumen akan loyal dan datang berulang kali dengan pengalaman terbaik yang didapatkannya. Terdapat 3 tahapan dalam flywheel marketing yang wajib kamu ketahui!

1. Attract Flywheel Marketing

Tahap attract dalam flywheel marketing dapat dimulai dengan menyuguhkan ketertarikan terkait produk kepada konsumen. Kamu bisa memberikan pelayanan prima yang akan menciptakan ketertarikan konsumen. Tak hanya itu, produk yang ditawarkan juga harus mampu menarik mata konsumen. Konsumen yang memiliki ketertarikan lebih akan penasaran yang menuju tahap selanjutnya.

Baca Juga: Apa Itu Target Market ?

2. Engage atau Membangun Interaksi

Tahap flywheel marketing kedua yaitu engage atau membangun interaksi dengan konsumen. Kamu juga dituntut untuk pandai menjalin komunikasi terhadap setiap konsumen. Kebutuhan serta keinginan konsumen harus kamu mengerti dengan baik. Harapannya agar konsumen merasa diperhatikan dan menimbulkan rasa keterikatan terhadap produk kamu.

3. Delight atau Kebahagiaan Konsumen

Tahap ini sangat bergantung pada perasaan konsumen. Kamu dituntut menciptakan perasaan nyaman serta bahagia pada setiap konsumen yang datang. Kenyamanan dan kebahagiaan konsumen akan menumbuhkan minat beli secara berulang. Kamu bisa menyuguhkan berbagai promo spesial maupun undian hadiah untuk mencuri kepuasan konsumen. Bahkan kamu dapat menciptakan sensasi belanja yang unik agar konsumen merasa betah dan nyaman.

Baca Juga : Pengertian Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya!

Itulah penjelasan mengenai flywheel marketing dan 3 tahap yang harus dilalui. Kamu dituntut memberikan kepuasan konsumen agar menciptakan rasa loyalitas. Loyalitas yang terjaga akan menumbuhkan peningkatan penjualan secara berulang, loh. Kamu bisa menerapkan flywheel marketing tahap demi tahap supaya tercipta hasil yang optimal. Bisnis kamu dapat berkembang pesat hanya dengan mewujudkan pengalaman konsumen. Sungguh menakjubkan!

Baca Juga: 5 Jenis Channel Marketing Paling Populer

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *