Tanggal:17 May 2024
Packaging Produk

Apa Itu Packaging? Seberapa Penting dalam Dunia Bisnis?

Pernah gak kamu membeli produk hanya karena melihat kemasannya yang menarik? Sebenarnya isinya mungkin sama dengan produk lain, tetapi karena kemasannya yang unik dan menarik akhirnya membuatmu keracunan untuk membeli produk tersebut. Benar gak, nih?

Terus kenapa sih kok kamu bisa sampai keracunan untuk membeli produk tersebut? Ternyata, menurut laporan pringtingforless.com, packaging yang dibuat menarik dapat memengaruhi perilaku konsumen, loh! 

Sebanyak 72% konsumen mengatakan packaging dapat memengaruhi keputusan pembelian mereka. Maka dari itu, sebagai pebisnis, kamu juga harus memperhatikan packaging dari produk kamu. 

Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh terkait packaging, Vocasia akan memberikan penjelasannya di sini. Yuk, simak informasi berikut! Baca sampai habis, ya!

Apa Itu Packaging?

Ilustrasi Packaging (Sumber: canva.com)

Packaging adalah bahan yang membungkus dan melindungi suatu produk. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi dan menjaga kualitas produk serta memudahkan konsumen untuk membawa produk tersebut. 

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan packaging produk untuk tujuan branding dan mencerminkan identitas merek yang tercermin dalam produk. Seperti menggunakan desain, warna, logo, slogan, dan identitas merek lainnya. 

Dengan menampilkan identitas merek, dapat membantu konsumen mengenali merek kamu dan membedakannya dari milik pesaing, loh! Packaging juga membuat produk lebih marketable, aman, dan bersih pada saat sampai di tangan konsumen. 

Semakin unik dan menarik packaging yang kamu buat, maka semakin banyak nilai plus pada produk yang kamu jual. 

Baca juga: Branding: Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Branding Secara Umum

Kenapa Packaging Penting?

Ilustrasi Pentingnya Packaging (Sumber: canva.com)

Jadi, kenapa sih packaging penting banget? Ternyata, packaging juga dapat membentuk citra merek yang positif di dalam benak konsumen. Packaging yang berisi informasi yang relevan tentang produk dapat membangun kepercayaan dari target audience kamu.

Berikut adalah alasan lain kenapa packaging sangat penting:

1. Bagi Produsen

Jika dilihat dari segi distribusi, packaging yang baik memungkinkan merek untuk mendistribusikan produk mereka dengan aman dari produsen ke penjual. Selain itu, packaging dapat menjadi alat pemasaran karena memungkinkan merek untuk membedakan produk dari pesaing.

2. Bagi Konsumen

Sementara bagi konsumen, packaging sangat penting untuk dapat mengidentifikasi dan membedakan produk dari yang lain. Packaging juga membantu konsumen dalam menggunakan produk.

Lalu, Apa Saja Fungsi dari Packaging?

Ilustrasi Fungsi Packaging (Sumber: canva.com)

Packaging memiliki fungsi yang penting agar produk dapat terlindungi hingga berada di tangan dan dikonsumsi oleh konsumen. Tanpa packaging, dapat mengakibatkan kerusakan pada produkmu.

Lalu, sebenarnya apa saja sih fungsi dari packaging? Berikut beberapa fungsi dari packaging:

1. Melindungi dan Membungkus Produk

Produk harus disimpan dengan baik selama proses distribusi sampai dikonsumsi oleh konsumen. 

Packaging yang baik dapat melindungi kualitas dan karakteristik produk lainnya dari kontaminasi. Packaging yang tidak memadai dapat memengaruhi kualitas produk lebih rentan terhadap kerusakan.

2. Membedakan Produk dari Pesaing

Packaging memungkinkan konsumen untuk dengan mudah mengidentifikasi, mengenali, dan membedakan produk yang kamu jual dari produk pesaing. Tak hanya itu, packaging yang menarik dapat membuat mereka lebih memilih produk yang kamu jual dibandingkan produk orang lain.

3. Media Komunikasi antara Brand dengan Konsumen

Packaging juga bisa membantu mengomunikasikan identitas brand, pesan brand, dan informasi tentang produk dan merek kepada konsumen, loh!

4. Sebagai Promosi dari Strategi Product Marketing

Packaging yang menarik atau informatif dapat membuat produk kamu lebih menonjol dan menarik, sehingga memiliki appeal untuk dipromosikan. Packaging juga membantu kamu dalam mempromosikan dan menjual produk.

5. Menambah Nilai Estetika dari Sebuah Produk

Packaging dapat membuat produk yang sederhana terlihat lebih menarik atau unik. Nilai estetika juga berkontribusi terhadap nilai jual suatu produk.

Baca Juga: Simak Apa Itu Marketing Beserta Jenis-Jenisnya!

Ini Dia Jenis-Jenis Packaging!

Ilustrasi Packaging Primer (Sumber: canva.com)

Berdasarkan tujuan dan kegunaannya, packaging memiliki beragam jenis, diantaranya:

1. Packaging Primer

Packaging primer adalah packaging utama dari sebuah produk yang langsung membungkus produk. 

Selain itu, packaging primer juga membantu konsumen mengidentifikasi produk, memperoleh pengetahuan produk, dan membantu mereka ketika ingin menggunakan atau mengonsumsi produk tersebut. 

Contoh packaging primer: kaleng minuman ringan atau botol minuman.

2. Packaging Sekunder

Packaging sekunder adalah packaging yang berfungsi untuk mengelompokkan atau menggabungkan unit produk individu yang dikirim atau didistribusikan dalam jumlah yang besar.

Packaging ini melindungi beberapa produk yang sudah menggunakan packaging primer. Tidak seperti packaging primer, pelepasan packaging sekunder tidak memengaruhi kualitas produk.

Contoh packaging sekunder: karton berisi beberapa kotak sereal dan satu pak kopi.

3. Packaging Tersier

Packaging tersier digunakan untuk mengelompokkan produk untuk pengiriman. Tujuan pengemasan ini adalah untuk memfasilitasi transportasi produk dalam jumlah yang besar dengan mudah dan aman.

Contoh packaging tersier: box (kontainer) dan kotak kayu.

Tips Memilih Packaging yang Eye-Catching!

Nah, buat kamu para pebisnis yang ingin membuat packaging produk, berikut Vocasia kasih tips dalam memilih packaging yang bisa kamu pertimbangkan. Disimak, ya!

1. Buat Packaging yang Mudah Digunakan

Kamu perlu membuat packaging yang user-friendly dan tentunya memudahkan konsumen. Sebelum membuat desain packaging, kamu perlu memikirkan bagaimana produk akan digunakan nantinya. 

Misalnya, jika produkmu cair atau berbahan oily, kamu perlu menggunakan tutup ekstra anti tumpah dan pastikan packaging mudah untuk ditutup rapat kembali. 

Baca Juga: Syarat-Syarat Kemasan Produk yang Baik

2. Perhatikan Daya Tahan Packaging

Perhatikan juga daya tahan terhadap packaging kamu. Selain menarik dalam desain, packaging juga harus melindungi produk dengan baik hingga sampai ke tangan konsumen. Jika kamu menjual produk yang tidak biasa, tebal, atau halus, kamu harus memilih bahan yang kuat dan tahan lama.

3. Pilih Desain Packaging yang Tepat

Desain yang baik dapat membuat produk yang sederhana menjadi lebih menarik, sedangkan desain yang buruk dapat membuat produk yang baik terlihat biasa-biasa saja. 

Selain desain yang menarik, kamu juga dapat menambahkan elemen branding seperti logo, warna kemasan, slogan, nama merek, dan sebagainya. Elemen-elemen branding tersebut dapat membuat merek kamu lebih dikenal masyarakat, loh.

Baca Juga: Tips Membuat Desain yang Baik dan Menarik

Oke, itu dia beberapa pembahasan mengenai packaging. Packaging merupakan salah satu proses penting dalam strategi pemasaran bisnis untuk menaikkan penjualan, karena dapat menjadi ciri khas produk yang dapat dikenali oleh konsumen.

Kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran, tetapi bingung di mana? Tenang, di Vocasia terdapat ratusan kursus pemasaran yang dalam sekejap bisa meningkatkan penjualanmu! Eits, semua kursus dipimpin oleh praktisi berpengalaman, loh. Gak mau bisnismu bangkrut, kan? Yuk, buruan klik di sini untuk miliki kursus dasar pemasaran di Vocasia sekarang juga!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *