Tanggal:17 June 2024
Dewaweb.com

Cara Memulai Coding: Panduan untuk Pemula

Hampir setiap perangkat, barang elektronik, dan mesin modern setidaknya mengandung sedikit coding. Seiring bertambahnya jumlah kasus penggunaan untuk coding, jumlah pekerjaan coding yang tersedia juga akan terus bertambah. Kami akan mulai dengan mendefinisikan apa itu coding dan mengapa Anda harus mempelajarinya.

Apa itu Coding?

“Coding” adalah istilah yang umum digunakan untuk pemrograman komputer. Beberapa orang menggunakannya secara bergantian dengan pemrograman, sementara yang lain berpendapat bahwa mereka tidak sepenuhnya sama.

Menurut definisi, “code” mengacu pada serangkaian instruksi yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Komputer tidak mengerti bahasa manusia, sehingga seiring berjalannya waktu, manusia telah menciptakan bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Dan pengembang berbicara kepada mereka melalui bahasa tersebut.

Contoh bahasa pengkodean termasuk HTML, GitHub Markdown, CSS, JavaScript, dan Python, di antara banyak lainnya.

Saat Anda mempelajari cara membuat kode, Anda akan dapat menulis instruksi untuk diikuti oleh komputer. Ini memungkinkan Anda membuat situs web, aplikasi, dan perangkat lunak, dan melakukan beberapa hal keren lainnya.

Baca Juga | Rekomendasi Website Untuk Belajar Pemrograman, Yuk Coba!

Apa Manfaat Belajar Code?

Sebelum masuk ke pelajaran pertama Anda, pertama-tama pertimbangkan mengapa Anda ingin membuat kode sejak awal. Ini akan membantu Anda menentukan bahasa mana yang Anda putuskan untuk dipelajari terlebih dahulu, jenis proyek apa yang ingin Anda selesaikan, dan pada akhirnya apa yang ingin Anda hasilkan dari keterampilan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang terkenal:

Anda akan membangun keterampilan profesional.

Mari kita dapatkan yang paling jelas: Pengetahuan tentang pemrograman komputer adalah aset pekerjaan yang berharga. Seiring teknologi terus terjalin ke dalam kehidupan kita sehari-hari, keterampilan pengkodean akan menjadi lebih diinginkan di antara para kandidat menurut Indeed.com, beberapa keterampilan yang paling banyak diminati berada di bawah komputasi.

Jika Anda ingin membuat berkarier menjadi teknologi atau beralih ke peran yang lebih teknis di bidang Anda, mengetahui setidaknya satu bahasa pemrograman yang relevan adalah suatu keharusan. Ini tidak hanya berlaku untuk pengembang. Desainer web harus tahu HTML, CSS, dan JavaScript. Manajer proyek harus mengetahui cara kerja alat yang mereka bantu buat. Bahkan jika Anda menjalankan situs web WordPress sederhana, membiasakan diri dengan bahasa front-end dan beberapa PHP sangat membantu.

Pengetahuan coding memungkinkan Anda untuk mengambil pekerjaan lepas dan mungkin mengejar karir freelance penuh waktu. Dengan jalur ini, Anda akan memiliki lebih banyak kendali atas karier dan proyek yang Anda terima.

Baca Juga | 6 Cara Menghasilkan Uang Jika Kamu Pintar Coding

Anda dapat membuat sesuatu.

Salah satu manfaat paling keren dari mempelajari cara membuat kode adalah kemampuan untuk mewujudkan ide Anda. Punya konsep untuk situs web, aplikasi, atau game komputer? Sekarang, Anda dapat membangunnya persis seperti yang Anda inginkan, lalu membagikannya kepada dunia.

Jika Anda ingin memonetisasi proyek Anda, mempostingnya di platform sumber terbuka, atau hanya menjadikan sesuatu sebagai hobi, Anda akan memiliki pengetahuan dan alat untuk melakukannya. Sangat menyenangkan mengetahui Anda dapat membangun program yang, sampai sekarang, tidak pernah Anda pahami sepenuhnya.

Baca Juga | Apa Itu Web Developer? Pengertian, Jenis, Dan Jobdesc

Anda akan lebih memahami dunia di sekitar Anda.

Seperti yang saya katakan, teknologi menyebar dan berkembang dari tahun ke tahun. Mempelajari bahkan hanya dasar-dasar pemrograman komputer akan membantu Anda memahami komponen lanskap digital yang berkembang, termasuk hal yang mungkin Anda gunakan setiap hari yang disebut internet. Anda akan mendapatkan perspektif yang sama sekali baru tentang teknologi dalam hidup Anda dan apresiasi tentang bagaimana semuanya menyatu.

Hal menyenangkan!

belajar coding adalah pengalaman yang sangat berharga dan menyenangkan. Setelah Anda memiliki dasar-dasar dan memulai proyek Anda sendiri, prosesnya akan terasa kurang seperti belajar dan lebih seperti waktu luang.

Baca juga | Yuk Mengenal Framework Flutter

Langkah – Langkah Membuat Coding

Triks12.blogspot.com

Triks12.blogspot.com

Ikuti panduan langkah demi langkah kami untuk mempelajari cara membuat coding untuk pemula! Pada akhir panduan ini, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang langkah-langkah yang diperlukan jika Anda ingin menjadi seorang programme.

Langkah 1: Cari Tahu Mengapa Anda Ingin Mempelajari Cara Membuat Kode

Sekarang, hal pertama yang perlu Anda lakukan – bahkan sebelum Anda berpikir untuk mendaftar di kursus atau mulai menonton video YouTube tentang coding – adalah bertanya pada diri sendiri mengapa Anda ingin belajar coding.

Langkah 2: Pilih Bahasa yang Tepat

Berbagai jenis pemrograman memerlukan keterampilan yang berbeda. Misalnya, jika Anda ingin mempelajari cara membuat kode situs web, Anda harus mempelajari bahasa seperti HTML, CSS, Java, dan JavaScript.

Demikian juga, pengembangan aplikasi seluler membutuhkan Java (untuk Android) atau Swift (untuk iOS). Memilih bahasa yang tepat sangat penting, itulah sebabnya kami telah menguraikan beberapa yang paling populer di kalangan pemula di bawah ini:

Java

Java bisa dibilang rajanya bahasa pemrograman di dunia modern. Ini lazim, serbaguna, dan digunakan untuk hal-hal seperti pembuatan aplikasi Android dan pengembangan web back-end.

Java adalah bahasa yang cukup fungsional untuk mempelajari cara membuat kode untuk pemula. Ini relatif sederhana untuk dipelajari, dibaca seperti bahasa Inggris, dan ada banyak pekerjaan di luar sana untuk programmer Java tingkat pemula.

Python

Jika Java adalah rajanya bahasa pemrograman, maka Python adalah ratunya. Ini juga sangat serbaguna, dan memiliki banyak kegunaan yang berbeda. Banyak akademisi dan peneliti menggunakan Python untuk membuat program analisis data untuk membantu studi mereka.

Rubi

Ruby adalah bahasa yang semakin populer untuk pengembangan web full-stack. Ini memungkinkan integrasi yang mulus dari komponen depan dan belakang dari situs web baru melalui kerangka kerja Ruby on Rails.

Solidity

Jika Anda tertarik dengan cryptocurrency dan pengembangan blockchain, maka Solidity adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari. Meskipun tidak dikenal atau tersebar luas oleh imajinasi apa pun, Soliditas adalah bahasa utama untuk pengembangan kontrak pintar di blockchain Ethereum.

HTML

Jika Anda ingin masuk ke pengembangan web front-end, maka Anda harus belajar HTML. Digunakan untuk menandai teks agar komputer dapat memahaminya, HTML (atau Hypertext Markup Language) adalah salah satu bahasa yang paling sederhana untuk dipelajari dan merupakan tempat banyak orang memulai ketika mempelajari cara membuat kode untuk pemula.

HTML sangat sederhana, dan cara terbaik untuk mempelajarinya bisa dibilang pertama-tama membiasakan diri Anda dengan komponen utama bahasa melalui sesuatu seperti kursus Pengenalan HTML dan kemudian keluar dan berlatih cara menulis kode untuk pemula.

CSS

CSS digunakan hampir secara eksklusif bersama HTML untuk menata dan memformat konten di halaman web. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal seperti mengubah warna dan ukuran elemen, mengubah posisi elemen pada halaman web, dan mengubah seluruh tata letak halaman web.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa lain yang cukup serbaguna dan sangat luas – seperti Java dan Python. Meskipun secara historis merupakan bahasa pengembangan web front-end yang memungkinkan pembuatan elemen interaktif, JavaScript menjadi semakin banyak digunakan untuk hal-hal lain termasuk pengembangan web back-end.

Baca Juga | Tips Belajar Pemrograman Bagi Pemula, Wajib Tahu!

Langkah 3: Pilih Sumber Daya yang Tepat Untuk Membantu Anda Belajar

Sekarang kita telah melihat beberapa bahasa paling populer untuk membantu Anda menemukan cara membuat kode untuk pemula, inilah saatnya untuk melihat cara terbaik untuk mempelajarinya.

Buku teks: Buku referensi kode adalah sumber yang bagus yang harus digunakan oleh setiap pemula. Mereka berisi semua sintaks dan konvensi bahasa, memungkinkan Anda untuk mencari sesuatu ketika Anda bingung atau tidak yakin tentang bagaimana melanjutkan dengan kode Anda.

Video YouTube: Video online dan tutorial video adalah sumber yang bagus yang dapat membantu Anda memahami konsep kompleks. Anda harus menggunakannya bersama kursus online atau metode lain untuk mempelajari cara membuat kode untuk pemula.

Langkah 4: Unduh Editor Kode

Meskipun banyak kursus online memungkinkan Anda menulis kode dalam editor kode langsung di browser Anda, Anda perlu menyadari bahwa ini bukan cara kerjanya di dunia nyata. Setelah Anda lulus dari kursus online Anda, Anda harus mulai menulis kode Anda langsung ke editor kode, jadi ada baiknya Anda mulai berlatih melakukannya sekarang.

Sebagian besar bahasa pemrograman memiliki editor kode yang dapat Anda unduh. Mereka biasanya dilengkapi dengan lingkungan pengembangan interaktif (IDE) yang akan membantu Anda membuat kode yang jelas dan bebas kesalahan. Bahasa sederhana seperti HTML dan CSS dapat ditulis langsung ke dalam dokumen teks sederhana jika Anda merasa lebih mudah.

Langkah 5: Berlatih Menulis Program Anda

Setelah Anda memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pilihan Anda, Anda harus mulai membuat program dan proyek Anda. Meskipun Anda mungkin merasa bahwa ini masih jauh sekarang, Anda akan terkejut betapa cepatnya kemajuan Anda begitu Anda mulai belajar.

Jenis program atau proyek yang Anda mulai bangun akan bergantung pada bahasa yang Anda pelajari. Misalnya, jika Anda mempelajari cara membuat kode situs web menggunakan HTML/CSS, Anda dapat memilih untuk mulai membangun situs web Anda.

Anda bahkan dapat memulai dengan pembuat situs web seret & lepas untuk mempermudah proses pembelajaran.

Langkah 6: Bergabunglah dengan Komunitas Online

Menavigasi seluk-beluk mempelajari cara membuat kode untuk pemula sendiri bisa sangat sulit. Akan ada saatnya Anda membutuhkan dukungan.

Langkah 7: Meretas Kode Orang Lain

Setelah Anda memiliki gagasan yang cukup bagus tentang cara membuat kode dalam bahasa tertentu, inilah saatnya untuk mempelajari lebih dalam. Salah satu cara terbaik untuk terus belajar dan memperkuat pengetahuan Anda tentang bahasa pemrograman adalah dengan membongkar kode orang lain.

Pelajari kodenya dan pastikan Anda memahami setiap baris dan apa fungsinya. Tambahkan komentar jika perlu. Jika Anda melihat sesuatu yang menurut Anda dapat dilakukan dengan cara yang lebih efisien atau yang menurut Anda dapat ditingkatkan, ubahlah.

Setelah selesai, simpan kode yang telah diedit dan unggah ulang agar orang lain dapat mengkritik usaha Anda.

Baca Juga | Deretan Manfaat Belajar Coding Untuk Anak

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *