Tanggal:24 July 2024

Mengenal Shutterstock, Situs Penambah Penghasilan!

Bisnis menjual karya melalui situs-situs atau agency microstock bukanlah hal yang asing bagi para desainer ataupun fotografer. Bisnis yang hadir sekitar tahun 2003 ini sudah menarik perhatian banyak pelaku industri kreatif maupun fotografi. 

Dikarenakan bisnis tersebut diminati, hal tersebut memunculkan banyak perusahaan/agensi microstock. Salah satu agensi microstock yang terkenal adalah Shutterstock. Sebab agensi tersebut merupakan agensi dengan tingkat penjualannya yang tinggi jika dibandingkan dengan agensi-agensi lainnya.

Oleh karena itu, situs ini dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun sebelum itu, ada baiknya mengetahui penjelasan mengenai shutterstock terlebih dahulu. 

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock merupakan situs microstock terbesar dan tingkat penjualannya tertinggi selama beberapa tahun terakhir. Shutterstock sendiri memiliki misi untuk menjadi penghubung bagi  para profesional yang bergerak di bisnis kreatif dengan ribuan kontributor di seluruh belahan dunia. 

Shutterstock sudah berdiri sejak tahun 2003 dengan kantor pusat di New York City. Sebagai  salah satu situs microstock favorit, Shutterstock sudah berhasil menjangkau marketplace yang luas serta menjadi situs dengan tingkat penjualan yang sangat tinggi. Shutterstock sudah menjadi situs unggulan untuk para Desainer yang ingin menghasilkan penghasilan dengan kreativitas. Para desainer ataupun fotografer dapat menjadi kontributor dengan menjual gambar ataupun vector dengan Free royalty.

Peluang di Shutterstock

Shutterstock tidak pernah menutup peluang untuk orang-orang yang ingin bergabung menjadi kontributor baru, meskipun stok gambar, vektor, dan video di halaman situs sudah terlampau banyak. Sebagai salah satu agensi microstock favorit, Shutterstock sebisa mungkin memilih stock yang memiliki nilai komersial dan secara teknis sempurna. Oleh karena itu, selalu dilakukan review sebelum pengiriman karya. Setelah dinyatakan lulus review, kamu baru dapat mengirimkan hasil karyamu sekaligus memperoleh penghasilan.

Di shutterstock kamu bisa berjualan berbagai macam file meliputi file foto, vector, video sekaligus bisa juga menjadi pembeli dengan membeli dengan berbagai macam lisensi sesuai kebutuhan kamu. Situs ini menjadi alternatif yang menguntungkan untuk berbagai pihak. Bagi seorang desainer grafis, situs ini merupakan sebuah tempat untuk menghasilkan penghasilan tambahan sebanyak mungkin. Sedangkan untuk agensi dan biro-biro iklan, situs ini dapat menjadi tempat untuk membeli vektor ataupun file sebagai bahan iklan dengan harga yang lebih terjangkau.

Penghasilan di Shutterstock

Jumlah penghasilan di Shutterstock mulai dari 0,25-0,38 dollar untuk kategori basic dan 1,88-2,85 dollar untuk kategori On Demand. Namun penghasilan ini bersifat fluktuatif, sebab dapat berubah seiring waktu. Penghasilan yang didapat bisa saja meningkat dari $28 sampai $100 tergantung kategori lisensi download. Bahkan menurut pengakuan beberapa kontributor dari komunitas shutterstock, kontributor Indonesia dan kontributor Thailand pernah mendapatkan harga sebuah vektor sampai 58,66 dollar atau sekitar Rp. 650.000.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah penghasilan dengan menjadi kontributor di Shutterstock tidak terbatas, tergantung pada banyaknya portofolio dan kualitas karya. Selain itu, sistem pembayaran yang berlaku di Shutterstock bersifat free royalty, sehingga hasil gambar atau vektor kamu dapat di unduh berkali-kali oleh pelanggan, namun keseluruhan royalty tetap menjadi milik kamu.

Apa saja yang bisa dijual di Shutterstock?

Berikut beberapa karya digital dapat dijual di Shutterstock diantaranya:

  1. Vector. Vektor yang bisa dijual terdiri dalam beberapa eps yaitu 8 eps dan 10 eps 
  2. Foto. Foto yang bisa dijual berupa foto-foto umum dan  foto-foto Editorial
  3. Video. Video yang dimaksud adalah video dengan durasinya sekitar 5-60 detik
  4. Musik. Musik yang bisa dijual berupa aransement yang dibuat untuk menjadi musik latar.

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Cara menjual foto di Shutterstock terbilang cukup mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

  1. Registrasi sebagai kontributor di Shutterstock

  2. Lakukan konfirmasi akun

  3. Pastikan kamu memiliki akun Paypal
  4. Seleksi foto di Shutterstock

  5. Tunggu pihak Shutterstock mereview fotomu

  6. Shutterstock mengirimkan keterangan pendapatan

Syarat Jual Foto Shutterstock

Pada situs Shutterstock terdapat beberapa syarat dan kriteria yang harus dipunyai oleh kontributor jika ingin menjual foto di situs tersebut. Berikut berapa persyaratan cara menjual foto di Shutterstock:

  1. Perhatikan resolusi dan jenis file
  2. Pastikan foto memiliki kualitas gambar yang baik
  3. Foto tidak mengandung unsur SARA

Metode pembayaran di Shutterstock 

Dalam Shutterstock, untuk mencairkan penghasilan atau withdraw dilakukan melalui beberapa metode yaitu 

  1. Paypal
  2. Money Skrill
  3. Bank Check

Silahkan pilih metode yang menurutmu mudah dilakukan. Umumnya kebanyakan kontributor menggunakan paypal. 

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *