Tanggal:23 December 2024

Berikut 4 Tujuan Iklan untuk Sebuah Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui

Tujuan iklan untuk bisnis (pexels.com/negative space)

Iklan adalah pesan yang diarahkan atau ditujukan untuk memengaruhi seseorang membeli sebuah produk. Pesan tersebut disampaikan melalui media dan ditujukan kepada masyarakat.

Baca Juga | Memahami STP Marketing dan Bagaimana Cara Penerapannya

Fungsi Iklan

fungsi iklan memberikan fungsi komunikasi yang mencakup:

1. Memberi Informasi

bertujuan untuk membuat konsumen sadar akan merek suatu produk dan membantu membangun citra yang positif dari merek tersebut.

2. Mempersuasi

Baca Juga | Kata – kata Promosi Menarik untuk Bisnis Onlinemu di Instagram

iklan yang efektif memiliki bertujuan untuk meyakinkan pelanggan agar mau mencoba produk yang ditawarkan.

3. Mengingatkan

hal ini dilakukan agar merek suatu produk tersebut terus diingat oleh masyarakat.

4. Memberikan Nilai Tambah

Baca Juga | 5 Aplikasi Photo Editor yang Cocok Untuk Membuat Katalog Produk agar Terlihat Menarik

Memberikan nilai tambah bagi merek dengan mempengaruhi pandangan konsumen. Iklan yang efektif dapat memengaruhi konsumen untuk melihat produk tersebut menjadi lebih elegan, modis, bergengsi, dan lebih unggul dari produk pesaing.

5. Mendampingi

Maksud dari fungsi mendampingi adalah iklan dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk memulai kegiatan promosi.

Tujuan Iklan

Tujuan iklan adalah memperkenalkan suatu produk agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk tersebut.

  • Menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen akan suatu produk.
  • Membangun kesadaran akan suatu merek.
  • Membangun hubungan pelanggan dengan menyampaikan nilai pelanggan.

Baca Juga | 10 Marketing Tools yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis-jenis Iklan

Jenis – jenis iklan (pexels.com/scott web)

Jenis – jenis iklan (pexels.com/scott web)

Baca Juga | Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Iklan dibagi menjadi dua bagian yaitu secara umum dan khusus.

1. Iklan secara umum

  • Iklan tanggung jawab sosial, yaitu iklan yang dirancang untuk menyebarkan informasi dan memiliki sifat untuk mendidik agar masyarakat memiliki tanggung jawab atas suatu masalah sosial.
  • Iklan bantahan, yaitu iklan yang disampaikan melalui media dan bertujuan untuk membantah/ menyangkal suatu tuduhan yang tidak benar. Iklan ini bertujuan untuk memperbaiki citra produk tersebut.
  • Iklan pembelaan, merupakan kebalikan dari iklan bantahan. Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan simpati publik.
  • Iklan perbaikan, iklan yang digunakan untuk memperbaiki pesan-pesan yang salah dan sudah terlanjur disebarluaskan melalui media.
  • Iklan keluarga, iklan yang berisikan pesan-pesan tentang seputar keluarga.

Baca Juga | 10 Tips Cara Ampuh Mempromosikan Video Youtube

2. Iklan secara khusus

  • Iklan cetak, yaitu iklan yang dipasang dan dibuat menggunakan teknologi cetak. Contohnya yaitu surat kabar, baliho, poster, spanduk, dan lain sebagainya.
  • Iklan baris, adalah iklan yang terdiri beberapa baris kata atau kalimat saja. Iklan ini biasa ditemukan di koran.
  • Iklan kolom, iklan ini memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibandingkan iklan baris. Contoh dari iklan ini adalah iklan kolom adalah advertorial.
  • Iklan display, merupakan iklan yang lebih luas dari iklan iklan kolom dalam menampilkan sesuatu. Contoh iklan display yaitu iklan radio dan iklan televisi.

Tujuan iklan dalam promosi

Tujuan iklan (pexels.com/veleriia Miller)

Tujuan iklan (pexels.com/veleriia Miller)

Baca Juga | 8 Cara Mengoptimalkan Facebook page untuk Promosi Penjualan Produk

  1. Menginformasi

Tujuan iklan adalah menginformasikan sebuah produk, jasa, atau perusahaan ke khalayak luas. Iklan menciptakan kesadaran merek, produk, layanan, dan ide. Iklan bertujuan mengomunikasikan informasi produk, ciri-ciri, dan lokasi penjualannya. Iklan juga memberitahu konsumen tentang produk-produk baru.

Baca Juga | Apa itu Omzet?

  1. Membujuk

Iklan membujuk para konsumen untuk membeli merek-merek tertentu. Iklan mencoba meyakinkan pelanggan bahwa layanan atau produk perusahaan adalah yang terbaik, dan berfungsi untuk mengubah persepsi dan meningkatkan citra perusahaan atau produk.

Baca Juga | 5 Tips Promosi Minuman di Sosial Media, Dagangan Auto Laris Manis!

Tujuan iklan ini adalah untuk mempengaruhi konsumen agar mengambil tindakan dan mengganti merek, mencoba produk baru, atau tetap setia pada merek saat ini.

  1. Mengubah keyakinan tentang produk dan merek

Jika suatu atribut sudah dianggap penting, pembeli akan memeriksa kekuatan relatif dari merek yang berbeda sehubungan dengan atribut tersebut. Oleh karena itu, tujuan iklan adalah untuk meningkatkan peringkat pembeli sehubungan dengan produk yang diiklankan dengan merek pesaing lainnya. Ketika atribut produk tidak khas, iklan dilayangkan untuk membangun keunggulan produk di atas merek pesaing lainnya.

Baca Juga | 4 Tips Membangun Branding Bisnis Jasa, Maksimalkan Peluang yang Ada!

  1. Memasarkan produk

Tujuan iklan yang paling umum adalah untuk memasarkan suatu produk. Melalui iklan, perusahaan mencoba membiasakan pelanggan dengan produk mereka dan cenderung mempromosikan sikap yang baik terhadap mereka sebelum pembeli didekati oleh salesman. Itulah sebabnya, ketika seorang salesman mendekati seorang pelanggan, relatif mudah baginya untuk menjual produk tersebut.

Baca Juga | Copywriting Menarik untuk Promosi Jualan Baju

Misalnya, perusahaan yang memproduksi peralatan mesin mengiklankan barang mereka di majalah perdagangan yang dibaca oleh pelanggan mereka. Iklan semacam itu dapat mendorong calon pelanggan untuk membeli produk. Bagaimanapun, mereka menciptakan sikap yang baik terhadap produk sehingga penjual dapat dengan mudah mencari dukungan untuk itu.

  1. Menghasilkan penjualan langsung

Baca Juga |9 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online, Omzet Dijamin Naik!

Dalam beberapa kasus, iklan digunakan dengan tujuan untuk meyakinkan pelanggan agar memesan produk. Situs jual beli online misalnya, mengiklankan produk mereka sedemikian rupa sehingga pelanggan yakin akan nilainya dan tergoda untuk membelinya saat itu juga.

  1. Membangun citra perusahaan

Tujuan iklan yang tak kalah penting adalah membangun citra perusahaan. Praktis semua perusahaan berusaha membangun citra mereka melalui iklan. Beberapa orang menganggapnya sebagai tujuan utama periklanan. Dengan iklan, perusahaan tak hanya memasarkan produknya, tapi juga membangun citra perusahaan.

Baca Juga | Apa Sih Perbedaan Sales dan Marketing? Cek 4 Perbedaannya Berikut Ini!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *