Tanggal:22 June 2024

15 Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik

Semakin ke sini, dunia desain semakin diminati banyak orang dari berbagai kalangan, salah satunya desain grafis. Biasanya, orang mengedit sebuah desain menggunakan device berupa laptop atau PC. Seiring berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak aplikasi desain grafis yang bisa diakses hanya menggunakan smartphone Android saja.

Hal ini mengingat ada kepraktisan penggunaan handphone untuk berbagai keperluan, salah satunya yaitu mendesain. Walaupun hanya menggunakan smartphone saja, tapi desain yang dihasilkan tidak kalah bagus. Cara ini juga bisa dimanfaatkan untuk foto produk atau kepentingan bisnis lainnya. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 15 aplikasi desain grafis yang bisa di digunakan pada smartphone Android terbaik.

Aplikasi Desain Grafis di HP

1. Canva

Canva (sumber: Pexels)

Aplikasi desain grafis yang pertama, yaitu Canva. Aplikasi ini memang sudah cukup populer dan banyak digunakan di banyak kalangan. Canva tidak hanya bisa digunakan pada smartphone Android saja, tapi juga bisa menggunakannya di perangkat iOS. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menciptakan desain apa saja. Kamu bisa membuat poster, banner, resume, presentasi, infografis, brosur, pamflet, ID card, logo, stempel, dan desain lainnya. 

Dalam aplikasi ini, kamu bisa menciptakan suatu desain hanya dalam sekejap karena Canva memiliki template sesuai dengan apa yang kamu cari. Kamu tinggal mengetik desain yang ingin kamu buat, tunggu sejenak dan hasilnya akan muncul di layar. Canva memiliki banyak template yang bermunculan. Kamu juga bisa menambahkan teks, memakai filter, menambahkan elemen lain pada desain. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengedit foto menggunakan aplikasi ini juga, loh. 

Baca juga:

2. PicsArt

Aplikasi PicsArt (sumber: play.google.com)

Aplikasi kedua ini tidak kalah populer dengan Canva, yaitu PicsArt. Tidak hanya sekadar mengedit foto dengan cara menambahkan stiker, teks, atau filter yang itu-itu saja. Tetapi, dengan PicsArt kamu bisa membuat sebuah desain, termasuk desain 3D. Fitur yang dimiliki PicsArt pun cukup lengkap, seperti brush tools yang bisa membuat foto terlihat lebih artistik. Efek yang ada pun juga tak kalah keren. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengedit poster atau desain lainnya di HP

Baca juga: 5 Aplikasi Photo Editor Yang Cocok Untuk Membuat Katalog Produk Agar Terlihat Menarik

3. Adobe Illustrator Draw

Aplikasi Adobe Illustrator Draw (sumber: play.google.com)

Adobe Illustrator Draw adalah aplikasi untuk mendesain yang patut untuk dicoba. Fitur yang dimiliki aplikasi ini pun cukup lengkap dan membantu dalam proses editing. Basis aplikasi ini memang berupa vektor dan sengaja dibuat untuk Android. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat sebuah desain dengan lebih mudah karena aplikasi ini memiliki alat yang cukup lengkap. 

Mulai dari jenis kuas yang bisa disesuaikan dengan opasitas, ukuran, warna, hingga layer. Bahkan, kamu bisa menggunakan fitur-fitur ini secara bersamaan hingga 10 lapis. Tak hanya itu, dengan aplikasi ini kamu bisa memperbesar gambar hingga 64X agar terlihat lebih jelas dan hasil editing lebih detail. 

4. AirBrush

AirBrush (sumber: play.google.com)

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang suka mengedit foto menggunakan aplikasi tambahan. Bahkan menggunakan aplikasi ini, hasil editing foto seperti pro. Kamu bisa mengedit foto dengan berbagai fitur yang ada di aplikasi ini. Misalnya, perfect skin, slim, whiten teeth and brighten eyes, lengthen, reshape, dan masih banyak lagi. Memang, aplikasi ini lebih cocok untuk mengedit suatu foto, tetapi kamu juga bisa membuat suatu desain grafis. 

Baca juga: 6 Cara Mengganti Background Foto Di Hp Tanpa Aplikasi

5. Desygner

Desygner (sumber: play.google.com)

Aplikasi ini menyediakan banyak yang akan memudahkan kamu dalam mendesain sesuatu. Mencakup pembuatan spanduk, banner, poster, resume, flyer, logo, infografik, dan lainnya. Jadi, hal itu akan memudahkan kamu dalam membuat suatu desain. Apalagi jika kamu berlangganan menggunakan premium, kamu akan memiliki akses di semua fitur. Misalnya, layout, aset, gambar, font, warna, dan dapat mengimpor elemen dari file berformat PDF maupun PSD.

6. Adobe Photoshop Express

Adobe PsX (sumber: www.pixel.web.id)

Apikasi ini adalah anakan dari produk Adobe. Seperti namanya, melalui aplikasi ini kamu bisa membuat desain dengan cepat dan praktis. Fitur dan filter yang dimiliki aplikasi ini pun mirip dengan Adobe yang ada di laptop/PC. Ditambah dengan format gambar yang cukup beragam. Misalnya, arw (Sony), crw (Canon), cr2 (Canon), erf (EPSON), dng, raf (Fuji), dan masih banyak lagi.

7. Snapseed

Snapseed (sumber: apps.apple.com)

Aplikasi ini memiliki banyak tools dan filter untuk membuat suatu foto menjadi lebih ciamik. Snapseed memiliki 29 tools dan filter yang tentunya sangat mumpuni untuk membuat foto terlihat lebih menarik. Format file pun bermacam-macam di aplikasi ini, seperti RAW dan JPG. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika akan mengedit foto tapi memiliki keterbatasan format file

Baca juga: Cara Edit Video Di HP? Ini Deretan Aplikasinya!

8. AutoCAD

AutoCAD (sumber: apps.apple.com)

Umumnya, AutoCAD bisa digunakan pada laptop atau PC. Aplikasi ini merupakan suatu aplikasi untuk membuat desain 3D yang biasanya berupa bangun ruang. Tetapi saat ini, AutoCAD bisa diakses melalui smartphone Android. Jadi, aplikasi ini cocok untuk kamu yang memiliki hobi menggambar. Terdapat fitur yang menarik di aplikasi ini yang membuat kamu dapat melihat setiap koordinat gambar lebih baik. Selain itu, gambar yang sudah diedit bisa diekspor dalam berbagai format file, seperti PDF atau DWF. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membawa laptop lagi untuk membuat gambar 3D 

9. 3DC.io – 3D Modeling

3DC.io (sumber: https://3dc.io/app/)

Aplikasi ini cocok bagi pemula yang ingin belajar membuat desain 3D di smartphone. Bahkan dalam aplikasi ini disediakan berbagai ide kreatif yang memudahkan kamu untuk menggambar 3D. Fitur-fiturnya pun mudah untuk dikenali dan tidak merepotkan. Kamu hanya perlu memilih shape, lalu mengeditnya dengan bantuan tools dan filter yang ada di dalamnya. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pemula dalam desain grafis.

10. Afterlight

Aplikasi Afterlight (sumber: apps.apple.com)

Afterlight juga tidak kalah bagus sebagai aplikasi pengedit desain dan foto. Pada aplikasi ini, memiliki 59 filter dan sekitar 15 adjustments tools, ditambah dengan 66 textures. Tentu, fitur-fitur ini sangat membantu kamu dalam membuat desain dan varian background. Untuk mempercantik fotomu, Afterlight juga memfasilitasi 77 frame yang artistik agar hasil editing terlihat lebih menarik.

11. Adobe Photoshop Lightroom CC

Adobe Photoshop Lightroom CC (sumber: apps.apple.com)

Anakan Adobe ini bisa kamu gunakan sebagai alat untuk mengedit foto, kamu bisa mencoba berbagai kreasi gambar menarik menggunakan tools yang ada di Adobe Photoshop Lightroom CC. Kamu bisa mengatur pencahayaan jika memang fotomu kurang oke. Hampir sama dengan AirBrush, aplikasi ini lebih cocok untuk mengedit foto daripada desain. Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit desain lainnya, loh. Fiturnya pun mudah dimengerti.

Baca juga: 7 Aplikasi Desain Arsitektur Yang Wajib Dikuasai! 

12. GoDaddy Studio

GoDaddy Studio (sumber: apps.apple.com)

Aplikasi selanjutnya, yaitu GoDaddy Studio, aplikasi ini sedikit asing, ya! Tetapi, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendesain agar pekerjaan kamu dapat selesai hanya lewat smartphone. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah jumlah template yang mencapai ribuan. Ditambah lagi, aplikasi ini menyediakan berbagai elemen untuk desain, seperti jenis, teks, warna, dan lainnya. Aplikasi ini tergolong mudah untuk digunakan jadi cocok untuk kamu sebagai pemula. 

13. Adobe Photoshop MIX

Adobe Photoshop MIX (sumber: apps.apple.com)

Masih seputar produk Adobe bernama Adobe Photoshop Mix. Beberapa produk sebelumnya memang merupakan aplikasi desain dengan cara mengedit foto menjadi lebih keren. Maka berbeda dengan Adobe Photoshop Mix yang memudahkan penggunanya saat akan menggabungkan foto. Kamu dapat menggabungkan beberapa foto dan memunculkan efek tiga dimensi pada foto tersebut.

14. Adobe Photoshop Fix

Aplikasi Adobe Photoshop Fix (sumber: apps.apple.com)

Adobe terkenal memiliki berbagai produk anakan yang masih bergerak di bidang desain grafis. Selanjutnya, yaitu ada Adobe Photoshop Fix. Aplikasi ini memiliki fitur berupa liquify, smooth, defocus, dan masih banyak lagi. Adobe Photoshop fix juga tidak kalah menarik, yaitu kamu bisa membuat gambar seperti 3D 

Baca juga: 7 Aplikasi Desain Logo Terbaik, Bikin Pemula Rasa Profesional!

15. Infinite Design

Infinite Design (sumber: apps.apple.com)

Buat kamu yang suka menggambar, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan, yaitu Infinite Design. Fitur yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan Adobe Illustrator draw. Di sini kamu akan dipermudah dengan berbagai macam pen tool sehingga kamu dapat menggambar tiga dimensi di smartphone Android.

Demikianlah ulasan tentang 15 aplikasi desain grafis yang bisa digunakan lewat smartphone Android. Tentu adanya aplikasi ini sangat membantu kamu untuk mendesain dengan lebih mudah, cepat, dan praktis. Tapi kamu tetap membutuhkan kemampuan untuk menguasai aplikasi tersebut. Nah, Vocasia memiliki kursus online tentang RESEP CANVA : PRO DESAIN PAKAI CANVA DI HP. Dalam kursus ini, kamu akan belajar tentang desain menggunakan aplikasi Canva di HP. Tenang, kamu akan dibimbing dari pemula hingga mahir untuk mendukung kemampuanmu dalam dunia desain.

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *