Tanggal:03 May 2024

Cara Edit Video Di HP? Ini Deretan Aplikasinya!

Dengan kemajuan dunia digital, membuat konten video saat ini bisa dilakukan walaupun hanya mengandalkan Handphone saja. Apakah kamu tertarik dan penasaran bagaimana cara edit video di HP? Kamu bisa berkreasi dalam mengedit video dengan aplikasi yang dapat diunduh ke ponsel kamu. 

Selain mudah digunakan, aplikasi edit video dapat membuat produksi video kamu tetap menarik dan berkualitas tinggi, walaupun hanya memprosesnya dari HP saja. Namun, keterampilan mengedit juga berperan penting dalam membuat video yang bagus. Jika kamu tertarik mencari cara edit video di HP, berikut adalah daftar aplikasi edit video yang harus kamu coba!

10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di HP Terbaik dan Gratis!

Ilustrasi Video di HP (Sumber: Freepik.com)

1. InShot

InShot bisa dijadikan pilihan terbaik bagi kamu yang ingin mengedit video di ponsel Android maupun IOS. Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana, yang membuatnya cocok untuk pemula. Meskipun terkadang kamu mungkin melihat beberapa iklan yang muncul sehingga mengganggu proses pengeditan.

Setelah selesai diedit, kamu dapat membagikan video tersebut di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan berbagai media sosial lainnya. Namun, jika kamu tidak ingin membagikannya ke media sosial, kamu dapat memilih opsi untuk menyimpannya ke galeri smartphone kamu. Bagaimana? Cukup mudah, bukan?

Baca Juga: 8 Aplikasi Untuk Edit Video

2. FilmoraGo

FilmoraGo (Sumber: youtube.com)

Cara edit video di HP menggunakan aplikasi selanjutnya adalah FilmoraGo. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur dasar yang dibutuhkan oleh editor video, seperti: fitur trimming, cropping, splitting, theme enhancer, music enhancer dan masih banyak fitur penting lainnya yang bisa kamu gunakan. Kamu juga dapat mengubah ukuran tampilan video tersebut. 

Tak hanya itu, kamu juga dapat menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan, seperti ukuran video Instagram atau Facebook. FilmoraGo juga memiliki banyak template gratis yang dapat kamu gunakan. Namun, untuk menggunakan semua fitur yang disediakan, kamu harus membayar biaya berlangganan terlebih dahulu.

3. KineMaster

KineMaster adalah aplikasi pengeditan video di HP dengan fitur-fitur canggih yang mudah digunakan. Kamu dapat dengan mudah mengimpor file dari berbagai media yang berdeda dengan sangat mudah. Tingkat editing dan proses pengeditan yang sederhana dari KineMaster juga menghasilkan hasil video yang cepat. 

Jadi, melalui KineMaster ini, akan membantu bagi pemula untuk menggunakan aplikasi mengedit video di ponsel. Ada banyak efek yang dapat kamu gunakan untuk membuat videomu terlihat lebih profesional. Kamu juga dapat menggunakan berbagai jenis transisi untuk membuat video kamu terlihat lebih menarik.

4. PowerDirector

PowerDirector menawarkan lebih dari 30 efek dan efek transisi yang dapat kamu tambahkan ke video kamu. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat video green screen. Aplikasi ini juga menyertakan video tutorial untuk semua fiturnya, sehingga memudahkan bagi pemula yang ingin belajar video editing di HP.

Jika kamu ingin membuat video unik seperti video slow motion, aplikasi ini juga dapat membantu. Jika kamu ingin membuat video 4K dengan kualitas yang lebih baik, kamu dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini membutuhkan waktu untuk kamu membiasakan diri. Tentu saja, setelah kamu terbiasa, kamu dapat membuat video yang terlihat profesional dalam hitungan detik.

5. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush (Sumber: vidacelular.com)

Aplikasi ini hadir dengan fitur tanpa watermark. Meskipun gratis, aplikasi Adobe Premiere Rush ini tidak mengandung iklan yang mengganggu pengguna dan sangat mendukung pekerjaan editing kamu.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menggunakan fitur pengeditan video dasar seperti menambahkan efek video, mengubah warna, dan menambahkan animasi khusus. Terdapat juga fungsi kamera yang dapat digunakan dengan kualitas gambar tertinggi. 

6. VideoShow

VideoShow telah memenangkan banyak penghargaan sebagai salah satu aplikasi pengeditan video terbaik untuk Android. Aplikasi ini adalah pilihan 500 juta pengguna. VideoShow menawarkan berbagai fitur pengeditan video HP yang sangat bervariasi. 

Melalui aplikasi ini, kamu dapat membuat meme, menambahkan stiker, pengeditan dasar, efek, GIF, filter trendi, dan sebagainya untuk membuat video kamu lebih menarik. Video yang dihasilkan tidak kehilangan kualitas apapun dan tidak memiliki batasan durasi. Jika file video kamu terlalu besar, kamu juga bisa mengompresnya langsung di aplikasi untuk memperkecil ukuran video.

Baca Juga: Tutorial Edit Video Menggunakan VSDC Free Video Editor

7. Magisto

Jika kamu tidak memiliki pengalaman mengedit video formal sama sekali, aplikasi ini cocok untuk kamu. Gabungkan foto, musik, efek, teks, klip video, dan filter bisa membuat kamu secara mudah menghasilkan video yang sangat menarik. Aplikasi ini juga menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang dapat menganalisis video dan memilih fragmen yang paling menarik. Setelah mengedit, kamu dapat membagikan video yang telah diedit ke media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok dan berbagai media sosial lainnya. 

8. Quik Video Editor

Selanjutnya, Vocasia merekomendasikan Quik Video Editor sebagai aplikasi pengeditan video dengan konsep kemudahan penggunaan. Di sini, pengguna dapat memilih video dari Galeri, Album, Facebook, dan Kamera Go Pro dan mengeditnya menjadi video yang menakjubkan. Kamu dapat menambahkan teks dan filter yang menarik untuk mengedit video.

Kombinasi video dan foto dapat dibuat dengan menyisipkan hingga 75 foto ke dalam video. Selain itu, aplikasi ini menawarkan hingga 25 tema dan 80 musik soundtrack gratis untuk menghadirkan tampilan video yang menyenangkan.

9. VivaVideo

VivaVideo (Sumber: youtube.com)

Rekomendasi aplikasi edit video selanjutnya yang banyak digunakan di Android adalah VivaVideo. Aplikasi ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga memiliki tampilan dan nuansa yang sederhana dengan fungsionalitas yang luar biasa. Beberapa fitur dari aplikasi edit video ini dapat membuatnya lebih menarik seperti mengedit video dengan melakukan trimming dan menambahkan efek.

Menambahkan teks untuk membuat video tutorial lebih mudah dipahami. Fitur unggulan dari aplikasi edit video ini antara lain: membuat video dengan lagu, mendukung transisi dengan efek menarik, memotong, menambah atau menggabungkan beberapa video, membuat efek blur dan bokeh, mengedit teks video HD 720p, 1080p, sampai 4K. 

10. YouCut

Rekomendasi terakhir dari Vocasia untuk aplikasi edit video terbaik adalah YouCut. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengurangi ukuran file video dengan tetap menjaga kualitas tinggi. Hasil editannya sendiri biasanya berukuran kecil, sehingga aplikasi ini juga tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan. 

Ditambah lagi dengan format video yang dihasilkan, kamu bisa memilih sesuai keinginan. Beberapa fitur hebat dari YouCut adalah bebas watermark, crop video, cut, trim, split, dan compress, kontrol speed video dari 0,5x hingga 2,0x, photo slideshow maker, tambahkan musik, teks, filter, hingga rotate video.

Baca Juga: Ingin Menjadi Editor Video Profesional? Ikuti Cara-Cara Berikut!

Itu dia tadi rekomendasi dari Vocasia sebagai cara edit video di HP menggunakan aplikasi yang dapat kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan pembuatan video kamu. Hal ini memungkinkan hasil video kamu diunggah melalui media sosial dan platform streaming lainnya untuk dinikmati banyak orang. Jika kamu ingin meningkatkan skill dalam mengedit video, kamu bisa mengikuti kelas Kursus Adobe Premiere Pro Untuk Pemula” Di sini, kamu akan mempelajari tutorial menggunakan adobe premiere pro untuk pemula! Yuk, ikuti kelasnya!

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *