Tanggal:30 May 2024

Walk In Interview: Arti dan Tips Menjawabnya

Walk in interview adalah salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para kandidat pelamar pekerjaan. Sebab di momen tersebut, proses melamar pekerjaan dapat berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

Orang yang melamar pekerjaan pun tidak perlu membuat janji secara resmi dengan perusahaan, atau pihak penerima kerja dalam sesi wawancara tersebut. Perusahaan akan mengadakan walk interview tersebut pada saat mereka berencana merekrut pekerja di waktu bersamaan.

Baca Juga : Pertanyaan Interview User

Dari segi teknis, tidak ada perbedaan yang signifikan antara walk in interview dengan perekrutan atau interview pekerja secara konvensional. Perusahaan akan menerima surat lamaran, portofolio serta dokumen lain yang dibutuhkan, dilanjutkan dengan mewawancarai pelamar kerja.

Baca Juga : Hindari Kesalahan ini Saat Kamu Sedang Interview

Wawancara dilakukan untuk memastikan pelamar kerja cocok atau tidak di posisi yang tersedia. Bedanya, proses perekrutan berlangsung lebih cepat karena calon pekerja tidak perlu menunggu respons lamaran hingga berhari-hari atau berbulan-bulan. Pelamar kerja bisa mendapatkan kepastian apakah lamarannya diterima atau tidak sesegera mungkin.

Akan tetapi, mungkin hingga saat ini masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu yang dimaksud dengan walk in interview. Selain itu, mungkin juga ada yang penasaran dengan tips menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umumnya sering ditanyakan perekrut kepada kandidat calon pekerja. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Baca juga: 6 Etika Saat Interview yang Harus Kamu Perhatikan!

Arti Walk in Interview

Arti Walk in Interview. Sumber: pexels.com

Walk in interview berarti wawancara berjalan. Pengertian walk in interview adalah sesi wawancara layaknya pertemuan informal, yang diatur oleh suatu perusahaan dalam perekrutan kandidat dan berjalan dengan waktu singkat. Walk interview juga sering disebut dengan wawancara terbuka yang dilakukan untuk skala khusus dan di posisi tertentu pada suatu perusahaan.

Kegiatan ini biasanya terbuka untuk umum dengan sasaran utama para job seeker. Lokasinya kebanyakan di hall, hotel, atau tempat besar lainnya. Waktu pelaksanaan tidak dilakukan sepanjang tahun, melainkan bersifat kondisional, hanya beberapa hari atau pekan saja. Durasi penyelenggaraannya juga menyesuaikan kesiapan dan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga : Contoh Jawaban Motivasi Kerja

Biasanya penyelenggara walk in interview adalah perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan kuota yang cukup banyak. Mereka ditempatkan dalam booth–booth yang tertata sehingga kamu bisa dengan mudah memasukkan lamaran dan melakukan wawancara dengan perusahaan tertarget.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengambil brosur terkait promosi dan info perusahaan ketika mendatangi booth-booth tersebut. Di luar itu, terkadang ada pula perusahaan yang membuka sesi wawancara singkat ini di kantor mereka.

Baca juga: Beberapa Pertanyaan Wawancara dengan CEO

Tips Menjawab Pertanyaan Walk in Interview

Tips Menjawab Pertanyaan Walk in Interview. Sumber: pexels.com

Kesiapan mental dan rasa percaya diri biasanya terkikis dalam walk in interview ketika kamu bingung menjawab sejumlah pertanyaan dalam wawancara. Terlebih, jika kamu berstatus fresh graduate dan belum berpengalaman. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang biasanya diajukan dalam interview kerja.

Baca Juga : Tips Saat Phone Interview

Adapun hal-hal yang sering ditanyakan dalam wawancara kerja di antaranya:

1. Silakan ceritakan tentang diri kamu

Pertanyaan yang satu ini diajukan oleh pewawancara dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kamu mengenal diri sendiri. Sebab, jika kamu telah mengenal diri sendiri dengan baik, maka bisa dipastikan kamu juga dapat bekerja dengan baik.

Nah, ceritakanlah diri kamu sendiri dengan penuh rasa percaya diri serta tidak terkesan dibuat-buat. Jangan sampai kamu menunjukkan sifat yang manipulatif, karena hal ini akan sangat merugikan dan membuat pekerjaan tersebut gagal didapatkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Grogi Saat Interview

2. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?

Pertanyaan ini masih berkaitan dengan yang pertama di mana kamu masih harus menceritakan tentang dirimu, lebih spesifik ke kelebihan dan kekuranganmu. Kamu harus menjawab dengan konsisten, yakni bersikap apa adanya dan penuh percaya diri. Pertanyaan jenis ini akan membuat pewawancara menganalisis tingkat kepercayaan diri dan kejujuranmu dalam menerima keadaan diri sendiri.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Kontak Mata saat Interview

3. Apa alasan kamu melamar ke perusahaan ini?

Berdasarkan The Balance Careers, pertanyaan ini lazim ditanyakan dalam walk in interview. Kamu harus memiliki motif yang tepat ketika melamar kerja di suatu perusahaan. Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu memiliki jawaban yang rasional dengan menterkaitkan minat dan latar belakang yang kamu miliki, baik dari segi pendidikan atau pengalaman kerja. Dengan demikian perekrut akan lebih yakin jika kamu adalah kandidat yang kompeten.

Baca Juga : Cara Mengatasi Telat Saat Interview

4. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?

Pastikan bahwa kamu sudah memahami tentang perusahaan secara general dan posisi yang kamu lamar, agar kamu dapat menjawab dengan tepat. Lakukan proses pencarian informasi di situs resmi perusahaan tersebut agar informasi yang diperoleh benar.

Baca Juga : Apa itu Negosiasi?

5. Mengapa kami harus merekrut kamu?

Pertanyaan ini merupakan kesempatan bagi kamu untuk menceritakan kemampuanmu terkait posisi yang dilamar. Jawab pertanyaan ini dengan tegas dan percaya diri untuk meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah kandidat yang paling tepat untuk posisi tersebut. Dan tak hanya itu, kamu juga harus mengetahui visi dan misi perusahaan sehingga jawaban yang nantiya terlontar akan mendukung kemajuan perusahaan.

Nah, itulah informasi seputar walk in interview hingga tips menjawab pertanyaannya saat wawancara. Sejumlah tips dalam menghadapi pertanyaan walk in interview di atas akan menjadi panduan yang tepat untuk kamu terapkan. Bila kamu seorang job seeker, ada baiknya kamu selalu upgrade skill-mu, agar kamu bisa menceritakan versi terbaik dirimu hingga menarik simpati perekrut saat diwawancarai. Sebab kesuksesan pelamar dalam proses seleksi, 70% dipengaruhi oleh keberhasilan dalam wawancara.

Baca juga: Ini Lho Tips Interview untuk Introvert, Buruan Simak!

Apabila kamu ingin tahu kiat sukses memikat HRD, User, Manajemen hingga Direksi dalam wawancara kerja, kamu dapat mengikuti course “Sukses Wawancara Kerja: Dari User Hingga Direksi”. Di program kursus ini kamu akan dibimbing oleh Farid Subkhan, CEO Citiasia Inc. Kamu juga bisa kunjungi web Vocasia untuk mengikuti berbagai kursus demi meningkatkan skill-mu. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga : Negosiasi Gaji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *