Tanggal:29 February 2024

Perbedaan CV dengan Resume yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika mencari pekerjaan, biasanya kamu akan dimintai beberapa hal oleh perusahaan yang kamu inginkan. Misalnya seperti resume dan CV (Curriculum Vitae).

Dua berkas ini memang memiliki kegunaan yang sama yaitu mempromosikan dirimu kepada suatu perusahan.

Salah satu perbedaan dari resume dan CV adalah dari negara yang biasa menggunakannya. CV umumnya digunakan di Negara Inggris sedangkan resume lebih sering digunakan di Amerika Serikat.

Tetapi berbeda dengan di Negara Indonesia, tidak jarang perusahaan-perusahaan meminta kepada para pelamar untuk mengirimkan CV dan resume sekaligus.

Mungkin sekilas kedua berkas ini terlihat sama. Tetapi, isi dan tujuan dari penulisannya bisa jadi berbeda lho.

Buat kamu yang masih bingung dan ingin tahu tentang apa sih perbedaan CV dengan resume. Vocasia akan memberikan kamu pembahasan mengenai hal tersebut melalui artikel berikut ini

Pengertian CV

sedang membaca resume
CV merupakan rangkuman riwayat hidup – @pexels.com

Pertama mari kita bahas CV itu apa, Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat dengan CV merupakan gambaran pengalaman seseorang mengenai perjalanan hidup, pendidikan dan karier yang telah kamu lewati selama hidup.

Konten yang ditulis dalam CV harus dibuat secara rinci yang di dalamnya berisikan pengalaman, kualifikasi, prestasi yang pernah kamu capai selama kehidupanmu.

Prestasi yang kamu tulis untuk melamar posisi pekerjaan yang kamu incar, baik prestasi secara akademis maupun prestasi non akademis yang mendukung pekerjaan impianmu.

Informasi pribadi seperti kewarganegaraan, tempat tinggal, umur, foto, status perkawinan, no telfon, email wajib kamu cantumkan ke dalam CV kamu.

Rekruiter di jaman sekarang ingin melihat bagaimana kamu melakukan personalisasi CV yang bagus dan tidak hanya sekedar biografi.

Tulislah segala informasi yang terdapat pada CV dengan benar dan berurutan.

Normalnya, CV dibuat dalam bentuk satu sampai 2 halaman. Jadi jangan ragu untuk menuliskan preastasimu selama hidup, terutama yang memiliki relevansi tinggi dengan posisi yang kamu incar.

Pengertian Resume

resume
Resume berisikan ringkasan singkat mengenai riwayat pekerjaan dan keterampilanmu – @pixabay.com

Resume itu apa? Bedanya sama CV? Buakannya sama aja ya?

CV merupakan cerita kehidupan, sedangkan resume adalah ringkasan atau rangkuman singkat tentang gambaran diri kamu.

Resume bisa juga dikatakan iklan singkat mengenai dirimu. Resume juga menjadi lebih fleksibel dibandingkan dengan CV.

Resume mengandung informasi-informasi tentang mengapa dirimu sangat penting untuk direkrut oleh perusahaan yang kamu incar dan juga tepat ditempatkan di posisi yang menjadi target kamu.

Berbeda dengan CV pada umumnya yang berisikan riwayat kehidupan, isi dari resume bisa disesuaikan sesuai kebutuhan dari perusahaan yang kamu incar. Karena resume itu sendiri isinya bisa kamu ubah sewaktu-waktu.

Resume juga bisa dikatakan lebih singkat dibandingkan dengan CV. Resume cukup dituliskan dalam satu halaman saja berbeda dengan penulisan CV yang mencapai dua halaman.

Apa Perbedaan Resume dan CV?

Perbedaan cv dan resume
CV dan Resume memiliki beberapa perbedaan – @glints.com

1. Panjang

Dari pembahasan di atas tadi, bisa kita dapat salah satu perbedaan CV dan Resume terletak dari panjangnya.

CV berisikan informasi tentant riwayat pengalaman hidup kamu, bisa memerlukan 2 halaman untuk membuatnya,

Sedangkan Resume hanya mencantumkan rangkuman singkat tentang keahlian yang kamu miliki dalam satu halaman saja.

2. Konten

Resume berisikan konten yang memiliki relevansi dengan posis pekerjaan yang kamu lamar. Sedangkan CV berisikan informasi lengkap riwayat hidup.

CV juga harus dituliskan secara berurutan yang sesuai. Mulai dari data diri, riwayat pendidikan, pekerjaan dan prestasi ditulis secara rinci.

Sementara resume hanya ditulis menyesuaikan lowongan pekerjaan yang diincar.

kamu bisa mencamtumkan informasi tentang riwayat pekerjaan dan kemampuan yang relevan pada resume kamu.

3. Tujuan penggunaan

Banyak orang menganggap, resume dan CV hanya dapat digunakan untuk urusan profesional dan kepentingan kerja saja. Dari aspek ini kita bisa mendapat salah satu perbedaan.

Resume memang bisa dikatakan hanya dipergunakan untuk kepentingan mencari pekerjaan

Teteapi berbeda dengan CV, dokumen ini akan berguna buat kamu dalam urusan lainnya. Contohnya seperti, mendaftar suatu organisasi, mendaftar pendidikan dan lain sebagainya.

Beberapa universitas menggunakan CV dari calon pelajarnya sebagai bahan pertimbangan dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

Informasi yang lengkap pada CV tentu saja tidak tercantum pada resume. Maka dari itu, kegunaan dari resume itu sendiri menjadi terbatas pada pelamaran kerja saja.


Berikut di bawah ini adalah ringkasan singkat mengenai beberapa perbedaan yang terdapat pada CV dan Resume yang perlu kamu simak.

CV adalah rangkuman lengkap tentang riwayat hidup kamu. Berisikan informasi pribadi, riwayat pendidikan dan pekerjaan, serta prestasi yang sudah diraih. Semua hal tersebut ditulis dalam makasimal 2 halaman.

Sementara itu, resume lazimnya ditulis lebih pendek daripada CV, yakni dengan menggunakan 1 halaman saja.

Resume merupakan riwayat pekerjaan dan skill kamu yang relevan. Isi dari resume bisa diubah-ubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.


Buat kamu yang ingin mempercantik CV atau resumemu dengan keterampilan yang memukau.
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk daftar !

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *