Tanggal:25 April 2024

15+ Rekomendasi Makanan Pembesar Otot

Begitu banyak cara jika seseorang ingin menambahkan otot di bagian-bagian tubuhnya, seperti otot tangan, otot perut, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan banyak olahraga secara rutin, hal itu mungkin akan terjadi. Tetapi, apakah olahraga hanya jawabannya untuk mendapatkan otot-otot tersebut? Tentu tidak. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut, ini akan membantu kamu untuk menumbuhkan otot-otot di tubuhmu. Mulai dari berbagai macam makanan dan minuman, berikut 6 makanan yang akan membantu kamu membesarkan otot.

1. Kacang Kedelai

Soy Beans
Soy Beans. Photo: Pixabay

Kacang kedelai bisa bantu kamu untuk besarin otot, masa sih? Ternyata, dengan konsumsi kacang kedelai, kamu bisa memanfaatkan tubuh kamu untuk banyak lho. Beberapa contohnya seperti menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker, mencegah demensia, dan mengurangi gejala menopause. Yang terakhir, tentu saja membantu kamu untuk membesarkan otot, tetapi kamu juga harus sering-sering olahraga seperti rutin gym atau olahraga lainnya. Kamu sudah siap untuk membesarkan otot dengan konsumsi kacang kedelai belum?

Baca Juga | Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Doyan

Baca Juga | Tempat Wisata Keren yang Wajib Dikunjungi

2. Yogurt

Yoghurt and Berries
Yoghurt and Berries. Photo: Pixabay

Apakah kamu pecinta yogurt? Tentunya makanan yang satu ini juga dapat membantu kamu untuk membesarkan otot. Tetapi komposisi dan manfaat-manfaat yang dimiliki yogurt itu ada apa sih? Yogurt adalah suatu produk yang diolah dari susu yang telah dipasteurisasi, lalu kemudian difermentasi dengan bakteri untuk memperoleh bau, rasa dan keasamaan yang sempurna. Yogurt sendiri sering dikonsumsi secara langsung, dengan buah, diminum, dicampurkan untuk membuat smoothie, dan masih banyak lagi. Yogurt memiliki berbagai macam rasa yang berdasarkan buah-buah segar, seperti stroberi, anggur, jeruk, kiwi, dan lain-lain. Kamu sudah pernah makan yogurt rasa apa aja?

Baca Juga | Inilah Cara Agar Mahir Bermain Gitar

3. Bubuk Protein

Protein Shake. Photo: Pixabay

Bagi kamu yang sering workout dan rutin ke gym, pastinya kamu pernah dan sering mencoba hal yang satu ini. Memang dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang benar sudah dapat membantu kamu membuat dan memperbesar otot yang ada. Tetapi dengan mengkonsumsi bubuk protein, kamu dapat membentuk otot-otot dengan cepat dan baik. Dengan melakukan olahraga secara bersamaan, hal ini akan membantu kamu mendapatkan otot secara benar dengan mengkonsumsi bubuk protein. Bahan-bahan dasar dari bubuk protein sendiri adalah daging merah dan ayam, kacang kedelai, kacang polong, dan masih banyak lagi.

4. Salmon

Salmon with lemon and veggies. Photo: Pixabay

Jadi kalau kita konsumsi sushi yang berkomposisi salmon, kita sudah dapat membantu perkembangan otot ya? Belum tentu, tetapi dengan kamu mengkonsumsi salmon saja, itu bisa membantu kamu dengan pembesaran otot. Salmon sendiri sudah digolongkan sebagai makanan yang memiliki protein tinggi untuk pembesaran otot. Lemak yang dimiliki salmon sendiri mengandung asam lemak omega-3. Jika kamu sering melakukan olahraga secara rutin dan memakan salmon, kamu sudah bisa menghilangkan lemak tubuh lebih cepat dan efektif. Tidak hanya itu, salmon juga dapat menambah kecerdasan otak dan menjaga kesehatan jantung kamu lho. Sudah siap untuk konsumsi salmon belum kamu?

5. Jambu Biji

Guava's
Guava’s. Photo: Pixabay

Buah yang satu ini bisa membantu dalam pembentukan otot, masa iya? Iya, jambu biji dapat membantu kamu mendapatkan protein setiap harinya jika kamu mengkonsumsi buah ini. Jambu biji memiliki sekitar 4 gram protein dalam satu cangkir, dengan itu sudah dapat membantu kamu mendapatkan protein yang kamu butuhkan. Jambu biji juga mengandung vitamin C yang juga dapat memperlancar sirkulasi, mencegah penuaan kulit, dan meningkatkan fungsi kolagen kamu. Yuk konsumsi jambu biji!

Baca Juga : Buah Asli Indonesia yang Mendunia

6. Telur

A Box of Eggs
A Box of Eggs. Photo: Pixabay

Kamu kalau makan telur dengan tipe apa, diceplok, dadar, orak-arik, atau bagaimana? Karena telur dapat membantu kamu untuk memperbesar otot lho! Telur sendiri memiliki komposisi dari protein, lemak, kolin, asam amino esensial, dan vitamin D. Dengan kamu mengkonsumsi telur ukuran sedang, kamu sudah mendapatkan sekitar 5-6 gram protein lho. Tentu saja, kamu harus mengkonsumsi telur setelah dimasak ya! Kamu sendiri sudah mengkonsumsi telur secara rutin belum? Rutin boleh, tetapi jangan sampai setiap makan kamu konsumsi telur ya, nanti bisa bisulan! Dan yang terakhir, kamu juga harus menyeimbangi telur dengan melakukan olahraga secara rutin. Dengan kamu menyeimbangkan apa yang kamu konsumsi dengan melakukan olahraga secara rutin, tidak hanya untuk pembentukan otot.

7. Tuna

Tuna in the market. Photo: Pixabay

Selain memiliki 20 gram protein dalam 3 ons (85 gram) daging tuna, ikan ini juga mengandung vitamin A dan beberapa vitamin B dalam jumlah yang tinggi, termasuk B12, niacin, dan B6. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan, energi, dan asupan pendamping yang bagus untuk berolahraga.

Selain itu, tuna juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi untuk menjaga kesehatan otot. Tuna mungkin sangatlah tepat untuk dikonsumsi oleh orang dewasa, karena diketahui bahwa asam lemak omega-3 dapat memperlambat hilangnya massa dan kekuatan otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

8. Susu

Milk. Photo: Pixabay

Susu skim atau 1% lemak mengandung 8 g protein per 8 ons, dan susu berprotein tinggi mengandung 13 g protein per 8 ons. Selama individu menoleransi susu, itu bisa menjadi pilihan yang sehat untuk meningkatkan protein dan hidrasi setelah berolahraga. Susu juga mengandung kalsium yang dibutuhkan orang untuk kesehatan tulang.

9. Daging Sapi tanpa Lemak

Daging Sapi. Photo: Pixabay

Daging sapi mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin B, mineral dan creatine Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi daging sapi tanpa lemak dapat meningkatkan jumlah massa otot. 3 ons (85 gram) dari 70% daging sapi tanpa lemak mengandung 228 kalori dan 15 gram lemak. Namun, jumlah yang sama dari 95% daging tanpa lemak mengandung sedikit lebih banyak protein dan hanya memiliki 145 kalori dan 5 gram lemak.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Satu cangkir kacang mengandung hampir 41 g protein. Dua sendok makan selai kacang mengandung 7 g protein. Kacang tanah juga mengandung 257 mg magnesium per cangkir, dan secangkir almond panggang kering tanpa garam mengandung hampir 29 g protein. Kacang-kacangan ini juga menyediakan serat untuk membantu seseorang kenyang lebih lama dan vitamin B untuk meningkatkan energi selama latihan yang menurut penelitian dapat meningkatkan kinerja olahraga.

11. Udang

Udang. Photo: Pixabay

Udang adalah bahan makanan yang terkenal karena memiliki protein murni. Setiap 3 ons (85 gram) udang berisi 18 gram protein, 1 gram lemak dan nol karbohidrat. Meskipun lemak dan karbohidrat adalah dua hal penting dalam diet Anda secara keseluruhan, menyertakan beberapa panganan udang adalah cara mudah untuk mendapatkan protein pembentuk otot tanpa terlalu banyak kalori tambahan. Seperti banyak protein hewani lainnya, udang mengandung amino leusin asam dalam jumlah tinggi yang diperlukan untuk pertumbuhan otot yang optimal.

12. Keju

Cheese. Photo: Pixabay

Secangkir keju cheddar potong dadu mengandung sekitar 30 g protein, sedangkan secangkir keju Mozarella memiliki lebih dari 31 g protein. Namun, banyak jenis keju merupakan sumber lemak jenuh. Pedomannya menyarankan orang untuk membatasi lemak jenuh tidak lebih dari 10% dari kalori harian.

13. Quinoa

Quinoa. Photo: Pixabay

Quinoa termasuk sumber protein sekaligus karbohidrat yang baik untuk otot. Sebagai gambaran, secangkir quinoa matang mengandung 40 gram karbohidrat, 8 gram protein, 5 gram serat, serta mineral yang sebagian besar berupa fosfor dan magnesium.

Protein pada quinoa membantu membentuk otot yang kamu inginkan. Sementara itu, kandungan karbohidratnya menyediakan energi sehingga otot bisa beraktivitas. Inilah mengapa quinoa kerap digadang-gadang sebagai makanan pembentuk otot.

14. Edamame

Edamame. Photo: Pixabay

Edamame adalah istilah untuk kedelai yang belum matang. Kacang yang sedang tumbuh ini bisa kamu temukan dalam kacang polong dan biasa disajikan dalam berbagai hidangan, terutama masakan khas Asia. Satu cangkir (155 gram) edamame beku mengandung sekira 17 gram protein dan 8 gram serat.

Edamame juga mengandung asam folat tinggi, vitamin K dan mangan. Seperti diketahui, asam folat membantu tubuh kamu memproses asam amino yang merupakan bahan pembangun protein. Selain itu, asam float juga penting menambah massa otot, terutama pada orang tua.

15. Buah Nanas

Pineaple. Photo: Pixabay

Jika kita ingin memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, sudah sepatutnya kita memasukkan buah-buahan ke dalam menu makanan pembentuk otot pria. Buah yang kami rekomendasikan untuk dikonsumsi dikala proses meningkatkan massa otot adalah nanas. Mengapa demikian? Nanas sendiri memiliki kandungan bromelin yang dapat membantu tubuh mencerna kandungan protein yang telah kita konsumsi.

Oleh karena itu, jika kamu sudah melakukan serangkaian latihan fisik, mengonsumsi makanan tinggi gizi, maka tutup harimu dengan mengonsumsi buah nanas, agar kandungan gizi yang kamu konsumsi dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

Jika kamu sedang pembuatan dan pembesaran otot, apakah kamu sudah siap mengkonsumsi makanan-makanan yang ada di atas?

Baca Juga : 6 Makanan dan Minuman Ini Ampuh Mencegah Jerawat

Baca Juga : 6 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *