Tanggal:30 May 2024
ilustrasi orang over percaya diri (pixabay.com)

Berikut Bahaya Akibat Terlalu Percaya Diri, Kontrol Dirimu!

1. Sering kehilangan kesempatan berharga

Rasa over percaya diri tentunya menimbulkan efek merasa mampu akan suatu hal hingga sampai berada di tahap yang meremehkan hal baru. Padahal nih, hal baru tersebut belum ia kenal dan pahami betul tapi dengan over percaya dirinya yang menganggap hal baru itu mudah hingga enggan untuk mengerjakannya karena merasa tak level. Dimana mungkin saja saat rasa over percaya diri itu tak ada, hal baru yang selalu dianggap pembelajaran baru tanpa pandang remeh sekecil apa pun covernya tentu akan menjadi bekal pengalaman berharga di masa depan dan yang paling penting jadinya tak menghilangkan kesempatan berharga, sekali lagi sekecil apa pun itu.

Baca Juga | 4 Ide Bisnis Yang Kreatif Dan Unik, Jangan Sia-Siakan Kesempatan!

2. Pekerjaan terhambat

Dalam hal over percaya diri yang membuat pekerjaan terhambat ini terdapat dua kemungkinan bahaya yang bisa terjadi, nih. Pertama, ketika kamu over percaya diri tentu akan menganggap mudah sebuah pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu. Dimana ketika kamu menganggapnya mudah tentu akan muncul pemikiran bahwa penyelesaiannya cukup butuh waktu yang singkat. Hingga pada akhirnya terlalu meremehkan beban pekerjaan sampai dihari deadline tiba ternyata tak mampu menyelesaikannya entah karena kemampuan diri yang kurang mumpuni atuapun kurangnya waktu pengerjaan, apakah kamu mau seperti itu? Tentu saja jangan sampai, ya.

Kedua, kebiasaan meremehkan pengerjaan sebuah pekerjaan karena over percaya diri ini juga bisa membawa seseorang berani mengambil banyak pekerjaan dalam waktu yang sangat singkat. Lagi-lagi pikirannya ialah pekerjaan tersebut remeh dan tak membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Alhasil, banyaknya jumlah pekerjaan yang tak masuk akal dengan jumlah waktu pengerjaan yang diberikan itu ya membuatmu tak mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut secara tepat waktu.

Baca Juga | 5 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja, Yuk Coba!

3. Kehilangan orang-orang terdekat

Karakteristik yang menjadi bawaan dari orang yang over percaya diri ialah sikapnya yang cenderung sombong hingga memandang rendah orang lain, ya. Dimana ia selalu menganggap orang lain berada di bawahnya, padahal tak ada satu pun manusia yang sempurna dalam semua hal, lho. Dengan sikap over percaya diri yang membuatmu sombong itu pada akhirnya hanya akan membuat orang disekitarmu jadi terganggu bahkan sampai pada level tersinggung mungkin. Jadi, wajar saja apabila mereka satu persatu pergi menjauhimu bahkan meninggalkannmu sendirian, lho.

Baca Juga | 7 Cara Membina Hubungan Dengan Sesama, Terapkan Prinsip Saling Menguntungkan!

4. Kesulitan beradaptasi di tempat kerja

Rekan kerja mana sih yang suka dengan seseorang yang over percaya diri? Rasanya tak ada, ya. Dimana orang yang over percaya diri ini akan selalu bertingkah menyebalkan dengan menunjukkan kemampuannya yang berlebihan tapi sesungguhnya itu tak nyata. Ya misalnya saja, banyak biacra teori akan ini dan itu dengan nada bicara yang sombong ataupun menggurui padahal kalau disuruh praktik ternyata hasilnya nol besar. Dari sini tentu rekan kerja tak ada suka padamu dengan karakteristik layaknya istilah ‘tong kosong nyaring bunyinya’ dan pada akhirnya kamu tak akan mampu beradaptasi dengan mereka, tentunya kamu yang akan tersiksa harus bekerja dengan rekan kerja yang tak menyukaimu, jadi cobalah untuk mengkoreksi diri, ya.

Baca Juga | Cara Mendapatkan Teman Di Kantor, Kamu Sudah Tahu?

5. Hubungan menjadi berantakan

Rasa percaya diri yang berlebihan juga akan menjadi petaka bagi hubungan dengan pasangan. Sebab, sifat ini akan membuat mereka selalu menyalahkan pasangannya saat ada suatu cobaan yang datang menerpa. Mereka tidak akan mau disalahkan. Sehingga selalu mencari-cari kesalahan pihak lawan dengan argumentasinya yang sangat percaya diri seakan dialah yang paling benar. Pada akhirnya, orang-orang yang menjadi korbanmu akan pergi menjauh dan hubungan kalian jadi berantakan, lho.

Baca Juga | 7 Contoh Self Reward Yang Membahagiakan, Tapi Hemat Di Kantong!

Demikian penjelasan terkait bahaya sebagai akibat dari over percaya diri. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi seputar dunia kerja lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca Juga | Evaluasi Diri: Pengertian, Pentingnya, Dan Cara Melakukannya

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *