Tanggal:13 May 2024

Berikut Ini Tips untuk Mempersiapkan Mental Sebelum Interview

Persiapan mental merupakan salah satu aspek terpenting sebelum wawancara kerja. Mengapa demikian? Karena sebagus apapun CV dan portfoliomu, rekruter akan menganggap kamu bukan kandidat yang tepat atau merasa kurang yakin profilmu sebagus yang ditulis di CV jika saat wawancara kamu terlihat gugup dan tidak percaya diri.

Baca Juga : Website Gratis Untuk Membuat Cv Menarik

Menyiapkan mental memang sulit, tetapi ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan mentalmu dalam menghadapi wawancara kerja.

Jika kamu sudah mendapatkan sebuah panggilan dari perusahaan, maka yang perlu kamu siapkan adalah jawaban-jawaban yang ditanyakan ketika wawancara. Terkadang tes yang diberikan ada 2 macam, yaitu tes tulis dan tes lisan. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan hal-hal yang nampak menjadi hal utama dilihat pewawancara.

Baca Juga : Kesalahan Saat Interview

1. Memiliki Tujuan 

Tentunya dalam mencara pekerjaan kamu harus memiliki tujuan. Misalnya kenapa kamu melamar di perusahaan itu? Bagaimana cara kerjamu ketika diterima nanti? Dan beberapa pertanyaan yang menyangkut perusahaan dan tujuanmu dalam bekerja. Semua itu harus kamu miliki dan pahami karena pada saat wawancara akan ditanyakan kembali oleh pewawancara.

Baca Juga : Cara Mengatasi Grogi Saat Interview

2. Sugesti Diri 

Penting melakukan sugesti diri sebelum melakukan tes wawancara, terlebih bagi kamu yang mudah patah semangat sebelum bejuang. Selalu buat dirimu yakin bahwa semua bisa dilakukan dan yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya.

Baca Juga : Evaluasi Diri

Dengan sugesti, kamu bisa menenangkan diri sehingga tidak terlalu tertekan dan merasa lebih santai dan nyaman. Sugesti juga menghindari diri dari pikiran negatif, maksudnya adalah kamu tidak perlu memikirkan hal-hal yang hanya membuat kamu menjadi tidak nyaman sehingga kurang konsentrasi. Jangan terlalu fokus pada hasilnya nanti, lakukan sesuai dengan kemampuan kamu, tidak perlu memaksakan diri. Proseslah yang paling penting agar hasilnya juga sesuai dengan apa yang diharapkan.

Baca Juga : Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri

3. Berdoa dan Usaha

Dalam setiap apa yang kita lakukan tidak akan lepas dari campur tangan Tuhan. Sebelum melakukan interview, berdoalah kepada Tuhan agar dipermudah dan dilancarkan hingga selesai. Namun berdoa saja tidak cukup, jadi harus diikuti ikhtiar dengan bekerja keras.

Baca Juga : Tips Saat Phone Interview

4. Mencari Kenyamanan 

Menjelang interview tentunya tidak menutup kemungkinan akan muncul rasa gugup yang berlebih, terlebih itu untuk yang pertama kali. Di saat seperti ini hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari kenyaman untuk menenangkan diri, misalnya dengan mendengarkan musik, mencari teman untuk bercerita, atau melakukan hal lain yang bisa mengurangi rasa nerveous.

Baca Juga : Cara Menjaga Kontak Mata Saat Interview

5. Perbanyak Latihan

Sebelum interview, cobalah untuk lebih sering latihan dalam hal berbicara. Kamu bisa berlatih di depan cermin atau bisa meminta orang lain untuk membantumu dalam latihan. Misalnya dari keluarga atau teman bisa menjadi pewawancara pada saat latihan sehingga kamu menjadi lebih terbiasa. Lalu, pikirkan kira-kira apa pertanyaan interview yang akan diajukan dan cobalah untuk mencari jawabannya yang tepat. Setidaknya, dengan berlatih nantinya kamu bisa lebih siap secara mental. Selain itu, latihan juga membantu meminimalisir terjadinya kesalahan ketika wawancara kerja.

Baca Juga : Cara Perkenalan Diri

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *