Tanggal:21 February 2024

5 Ide Berbisnis Syariah, Peluangnya Besar di Indonesia!

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa masyarakat di Indonesia mayoritas beragama islam. Maka dari itu, tak menutup kemungkinan bisnis-bisnis yang bersedia menerapkan sistem syariah akan laku keras di pasaran, ya. Langsung aja deh simak 5 ide berbisnis syariah di bawah ini.

1. Kuliner halal

ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)
ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)

Ngomongin soal peluang berbisnis di bidang kuliner nih, apa sih alasan besarnya? Tentu saja karena kuliner ialah salah satu hal yang pastinya kebutuhan pokok setiap orang, nih. Sesederhana kalau kamu lagi jalan-jalan mungkin kamu akan berpikr dua kali untuk membeli baju, sepatu, atau tas. Tapi kalau urusan kuliner yakin gak mau isi perut kalian? Pati mau membeli kuliner pastinya.

Atas dasar alasan di atas, maka kamu yang hendak berbinis kuliner tak perlu sebegitu khawatir tak ada calon konsumen, ya. Hanya saja dengan jadi kebutuhan pokok, ya bisnis kuliner tentu banyak peminatnya yang artinya kamu punya banyak saingan, nih. Eitss jangan risau kalau kamu sudah memastikan antara lokasi, target konsumen hingga jenis kuliner itu tepat sasaran rasanya mudah kok untung bersaing. Terlebih lagi saat kamu memastikan bahwa kuliner yang kamu tawarkan itu ialah halal. Label halal itu tentu saja menjadi nilai plus tersendiri mengingat mayoritas agama di Indonesia ialah agama islam, ya. Jadi, tentu saja penyumbang konsumen terbesar berasal dari kalangan muslim yang saat berkuliner akan mempertimbangkan halal tidaknya kuliner yang hendak dibeli.

2. Usaha Daycare Islami

ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)
ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)

Di masa sekarang nih berkat emansipasi, wanita kini sudah bisa memiliki pekerjaan yang setara dengan pria, lho. Oleh sebab itu, banyak sekali wanita karier yang harus meninggalkan anaknya di penitipan anak atau daycare. Namun daycare biasa yang umumnya itu tak bisa memenuhi kebutuhan anak dalam mempelajari nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, nih.

Oleh sebab itu, muncullah usaha daycare bernuansa islami ialah peluang bisnis syariah yang tepat. Yang mana daycare islami akan melayani penitipan anak dengan menanamkan nilai-nilai islami, jadi para orangtua yang bekerja tak perlu risau anak tumbuh di lingkungan eksternal tanpa ilmu agama islam.

Untuk membuka usaha daycare, maka kamu perlu merekrut tenaga ahli yang dapat mengasuh anak yang tentunya yang beragama Islam. Tentunya tak cukup bergama islam saja, melainkan juga bersertifikat dalam urusan ilmu agama juga, ya. Hal tersebut tentunya untuk meyakinkan para orangtua yang hendak menitipkan anaknya tanpa takut anak diasuh tanpa nilai-nilai islami. Lebih lanjutnya, kalai kamu tertarik pada bisnis daycare islami, kamu harus persiapkan izin dari pemerintah di daerah setempat, terutama dari dinas pendidikan dan kebudayaan, ya.

3. Salon muslimah

ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)
ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)

Siapa sih yang tak suka merawat diri? Khususnya berlaku bagi para wanita, ya. Tapi sayangnya kebanyakan salon umum tak menerapkan bahwa konsumen pria hanya akan dilayani oleh seorang pria begitu pula dengan konsumen wanita hanya akan dilayani oleh seorang pria. Yang mana di salon umum yang terpenting ialah pelayanannya sudah berkualitas, nih. Misalnya saja kalau ada dokter pria yang berkualitas, maka wanita yang membutuhkan perawatan boleh menggunakan jasanya.

Nah, ilustrasi di atas menyebabkan para muslimah enggan menggunakan jasa salon umum. Memamg sih kualitas pelayanan dan hasil salonnya bagus dan terjamin. Tapi kalau urusan perawatan, ya harus membuka aurat agar bisa melihat kondisi kulit dan sejenisnya lalu dilakukan perawatan seperti lulur, facial, dan sebagainya. Perawatan semacam itu dalam islam hanya boleh dilakukan oleh sesama jenis atau bersama mukhrimnya saja, nih. Maka dari itu, hadirnya salon muslimah yang memberikan solusi atas permasalahan itu tentu sangat berpeluang sukses dalam dunia bisnis, nih. Eitss jangan hanya dari sisi pelayanan wanita hanya dilayani oleh wanita dan pelayanan untuk pria dilakukan oleh pria, tapi tetap kualitas harus terjamin juga, ya!

4. Blogging Islami

ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)
ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)

Blog adalah salah satu media yang biasa dipakai untuk berbagi informasi, ya. Dari sisi pemilik blog, media ini tentunya selain berbagi informasi juga bisa menjadi sumber penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, membuat blog yang berisi konten-konten islami ialah ide cermerlang mengingat mayoritas masyarakat di Indonesia ialah beragama islam. Jadi, tentu saja peminat blogmu sebesar kemayoritasan agama islam, nih.

Kalau kamu masih bingung ingin membuat konten seperti apa ya? Coba saja buat konten tentang :

  • Travelling islami
  • Parenting islami
  • Kisah-kisah muslim yang inspiratif
  • Gaya hidup islami

Apa pun jenis konten yang kamu bagikan, sebaiknya buatlah semenarik mungkin. Semakin menarik, maka masyarakat otomatis terus mengunjungi blog milikmu. Setelah pembaca semakin banyak, Anda dapat melakukan monetisasi pada blog tersebut yang pada akhirnya menghasilkan uang sembari memberikan edukasi islami berbalut hiburan, ya.

5. Kosmetik Halal

ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)
ilustrasi bisnis syariah (pixabay.com)

Wanita mana sih yang tak mau tampil cantik mempesona? Rasanya tak ada. ya. Maka dari itu, untuk menyeimbangi keinginan memakai make up dengan tetap menjalankan syariar islam hadirlah kosmetik halal tengah menjadi tren di kalangan wanita muslimah. Pasalnya banyak sekali jenis-jenis kosmetik yang beredar di pasaran tidak mencantumkan status halal. Hal ini menyebabkan muslimah merasa ragu ketika akan menggunakan produk tersebut.

Tahukah Anda bahwa brand dan toko yang menjual kosmetik halal masih sangat sedikit, lho. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis kosmetik halal. sekarang juga. Dimana kamu bisa mencari distributor terlebih dahulu kemudian membuka toko kosmetik khusus produk halal. Kalau masih bingung produk apa ya yang sesuai? Coba mulai dari jenis kosmetik apa sih yang ingin kamu pakai dan berlabel halal. Mungkin kutek yang umumnya tak bisa dipakai mengambil air wudhu jadinya para muslimah hanya bisa memakai kutek saat periode menstruasi saja. Kini sudah ada kutek yang bisa dikelupas dengan tangan kapan saja, termasuk saat mengambil air wudhu. Jadi, tetap bisa cantik kapan saja tapi tetap tidak melanggar aturan-aturan islami, ya.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *