Tanggal:13 June 2024
Pengertian brand awareness (rawpixel.com)

Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan contoh

Apa itu brand awareness?

Brand awareness adalah istilah umum yang menggambarkan seberapa akrab (sadar) konsumen dengan suatu merek atau produknya. Sederhananya, kesadaran merek adalah ukuran seberapa mudah diingat dan dikenali suatu merek bagi audiens targetnya.

Membangun kesadaran merek adalah strategi pemasaran yang kuat yang mengarahkan konsumen untuk mengembangkan preferensi naluriah terhadap merek dan produknya. Membuat merek dikenali dan diingat adalah inti dari sebagian besar strategi pemasaran karena merupakan kekuatan utama di balik kepercayaan merek, dan pada akhirnya, menghasilkan penjualan.

Baca Juga | 5 Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness, Ayo Terapkan Sekarang!

Manfaat brand awareness

Pentingnya meningkatkan dan mengukur kesadaran merek. Seiring dengan loyalitas pelanggan, ini adalah salah satu dari dua variabel merek yang paling penting dalam pemasaran. Berikut penjelasan mengenai manfaat brand awareness untuk suatu produk atau merek.

  • Peningkatan brand awareness menurunkan biaya akuisisi pelanggan Anda

Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru adalah pusat biaya utama bagi sebagian besar bisnis. Peningkatan kesadaran merek membantu menarik pelanggan kepada Anda melalui metode biaya rendah atau tanpa biaya. Memahami biaya Anda saat ini untuk mendapatkan pelanggan baru dan menghitung manfaat dari menurunkannya melalui peningkatan kesadaran merek dapat menjadi argumen keuangan yang menarik.

  • Kesadaran merek yang berkelanjutan meningkatkan loyalitas pelanggan

Karena memperoleh pelanggan baru adalah proses yang mahal, mempertahankan pelanggan dan membawa mereka kembali lagi dan lagi sangat penting untuk keberlanjutan bisnis jangka panjang. Loyalitas merek menciptakan tingkat keamanan tertentu untuk bisnis. Brand awareness memainkan peran penting dalam aktivitas pelanggan berulang.

Baca Juga | Bingung Cara Meningkatkan Loyalitas Pelangganmu? Cek 5 Tips Ini!

  • Menggunakan brand awareness melalui penargetan ulang menangkap prospek yang hilang

Penargetan ulang adalah proses menghubungkan kembali dengan pelanggan yang hampir membeli, dan mendorong mereka untuk menutup penjualan. Transaksi dapat dibatalkan karena sejumlah alasan, mulai dari masalah teknologi hingga gangguan sederhana. Menindaklanjuti dengan pelanggan yang memuat item ke keranjang belanja online misalnya, dan kemudian gagal untuk check out, dapat membantu perusahaan e-commerce memperoleh pendapatan yang signifikan.

Baca Juga | 5 Tips Mempertahankan Bisnis Agar Semakin Tumbuh, Jangan Lengah!

Strategi brand awareness

Anda sudah tahu bagaimana mulai membangun kesadaran merek Anda dari bawah ke atas. Sekarang, saatnya untuk menyusun strategi kesadaran merek yang sederhana namun kuat.

  1. Blog tamu di situs web niche lainnya.

Blogging tamu adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek dengan sedikit usaha. Anda dapat memanfaatkan lalu lintas yang sudah tiba di situs web lain untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada merek Anda sambil menawarkan konten yang bermanfaat dan relevan.

Dengan kata lain, Anda tidak hanya mendorong produk Anda kepada orang-orang yang belum siap untuk membeli, tetapi juga menulis dengan suara merek Anda dan menampilkan diri Anda sebagai manusia pertama, perusahaan kedua. Alternatif hebat lainnya untuk blogging tamu adalah menerbitkan konten bersponsor di situs web khusus.

Baca Juga | Cara Membuat Blogspot Bagi Pemula, Yuk Coba!

  1. Cobalah pemasaran bersama.

Pemasaran bersama adalah cara terbaik untuk membangun kesadaran merek bukan hanya karena Anda akan memanfaatkan audiens merek lain, tetapi karena itu dapat menyoroti siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan di pasar.

Baca juga | Yuk Mengenal Mitra Usaha Tepat, Bisnis Berkembang Pesat!

  1. Beriklan di mana-mana.

Saya tahu, saya tahu: Periklanan banyak yang tidak membangun kesadaran merek seperti membangun kesadaran produk, tetapi tetap saja ini adalah salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat orang mengetahui tentang merek Anda dengan cara yang tidak mencolok dan tidak mencolok.

Pertimbangkan Tata Bahasa. Rasanya baru beberapa tahun yang lalu, tidak ada yang tahu tentang Grammarly. Sekarang ini adalah salah satu merek yang Anda pikirkan secara otomatis ketika Anda mempertimbangkan perangkat lunak proofreading online. Itu karena mereka telah meluncurkan kampanye iklan sosial, video, dan tampilan yang kuat yang muncul hampir di mana-mana.

Anda mungkin mempertimbangkan untuk memulai dengan iklan online, yang mencakup media sosial berbayar dan PPC. Jika Anda tertarik untuk benar-benar muncul di mana-mana dan meluncurkan kampanye yang lebih canggih dalam skala massal, Anda dapat meluncurkan kampanye iklan terprogram.

  1. Buat maskot untuk perusahaan.

Ini mungkin tidak dapat dilakukan untuk perusahaan kecil, tetapi jika Anda memiliki anggaran, pertimbangkan untuk menyewa aktor atau juru bicara untuk mewakili perusahaan. Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika Anda memikirkan Progresif?

Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak hanya memanusiakan merek Anda, seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya, tetapi juga memberikan kesan layanan yang ramah dan berpengetahuan yang diharapkan dapat diterima oleh pelanggan.

Anda juga tidak harus menggunakan orang. GEICO adalah contoh yang bagus untuk ini. Saat Anda melihat kadal ramah itu, Anda tahu itu GEICO. Membuat maskot animasi mungkin merupakan cara yang hemat biaya tetapi sama efektifnya untuk memberikan tampilan pada merek Anda.

  1. Pilih gambar atau simbol yang mewakili Anda.

Nike bahkan bukan Nike lagi. Ini adalah tanda centang. Saat Anda melihat tanda centang itu, Anda tahu itu Nike. Atau bagaimana dengan yel McDonald’s “M”? Atau apel yang digigit apel?

Saya juga tidak hanya berbicara tentang logo, meskipun itu pasti bisa menjadi bagian dari logo Anda. Tetapi bekerja dengan tim branding Anda atau desainer grafis lepas untuk membuat simbol yang Anda gunakan di mana-mana dalam pemasaran, periklanan, dan kampanye organik Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat catatan dari Apple, McDonald’s, dan Nike, dan memasukkan simbol tersebut ke dalam kemasan dan desain produk Anda.

  1. Buat slogan yang pendek dan menarik.

Memperluas contoh Nike, Anda langsung memikirkan merek saat mendengar “Lakukan saja.” Membuat moto atau slogan singkat adalah landasan dari strategi kesadaran merek yang kuat dan merupakan cara mudah dan sederhana untuk meningkatkan kesadaran merek.

Ini benar-benar sulit bayangkan menyimpulkan semua tentang Anda dalam satu kalimat singkat. Itu harus menjelaskan bagaimana Anda berbeda, apa yang Anda tawarkan, dan mengapa pelanggan harus memilih Anda.

Nah, itu semua penjelasan mengenai brand awareness. Ikuti teknik ini untuk membangun dan membangun kesadaran untuk merek Anda, dan Anda akan menemukan diri Anda dengan audiens setia yang mengenali merek Anda di antara pesaing, memilih produk Anda berkali-kali, dan merekomendasikan teman dan keluarga mereka melakukan hal yang sama.

Baca Juga | Apa Itu Trademark? Berikut Penjelasan Dan Contohnya

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *