Tanggal:26 February 2024
presentasi

11 Cara agar Public Speaking Bagus buat Si Pemalu

Saat kamu mulai memasuki dunia kerja kemampuan public speaking atau berbicara di depan orang banyak sangat memiliki peran penting. Faktanya, sangat memungkinkan pada saat di lingkungan kerja kamu akan mendapat kepercayaan untuk melakukan presentasi saat meeting atau menerima tanggung jawab lain yang sejenisnya.

Berbicara di depan umum atau di depan orang banyak akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang pemalu, ditambah lagi berbicara di depan orang – orang penting.

Eits, kamu tak perlu khawatir karena Vocasia tau cara mengatasinya. Yuk sima pembahasan di bawah ini !

1. Pergaulan

nongkrong
Pergaulan bisa menghilangkan rasa canggung – @unsplash.com

Tips yang pertama ini adahal salah satu cara ampuh untuk mengatasi rasa malumu. Perhatikanlah bagaimana pergaulanmu sehari – hari di lingkungan pertemanan. Cobalah mulai memperluas pergaulanmu, dengan begitu rasa malu akan lambat – laun akan teratasi. Pergaulan yang luas akan membuatmu untuk tidak merasa canggung saat berkomunikasi, tentunya hal ini akan menjadi modal kepercayaan diri saat melakukan public speaking nanti

2. Merekam saat Kamu Berlatih Presentasi

selfie
Rekam dirimu saat berlatih – @unsplash.com

Sering sekali kegugupan itu timbul karena adanya rasa ketidaktahuan, tidak terkecuali saat presentasi. Kamu tidak memiliki bayangan seperti apa penampilanmu nanti ketika berada di depan banyak orang. Nah, alangkah baiknya sebelum kamu berbicara di depan umum, cobalah untuk berlatih di depan kamera sekaligus merekamnya untuk melihat bagaimana penampilanmu saat berbicara di depan banyak orang nanti.

3. Evaluasi Melalui Rekaman Video Latihanmu

video call
Perbaiki kesalahan saat latihan – @unsplash.com

Cobalah untuk menulis apa saja kelebihan dan kekuranganmu saat latihan melalui video yang sudah kamu rekam sebelum. Tunjukan juga video itu kepada teman atau keluarga agar kamu bisa mendapatkan saran yang membantu.

4. Tulis Materi dalam Bentuk Poin – Poin Penting

notes
Materi berbentuk poin – poin penting – @unsplash.com

Kamu mungkin pernah merasa gugup saat berbicara di depan sehingga kamu menjelaskannya tanpa arah atau pembahasaannya ke sana kemari. Sebelum memulai presentasi cobalah untuk menulis poin-poin penting inti dari isi pembicaraanmu, hal ini juga akan sangat membantu kamu untuk menghafal materi presentasimu.

5. Persiapan

berangkat kerja
Datang lebih awal untuk persiapan – @unsplash.com

Datanglah ke lokasi lima belas menit sampai dua puluh menit sebelum kamu memulai berbicara di panggung. Sisa waktu ini bisa membuatmu merasa lebih nyaman karena kamu sudah mulai mengenal sekaligus beradaptasi dengan ruangan tempat kamu tampil nanti. Lagipula, saat kamu presentasi nanti kamu juga harus menyiapkan beberapa hal seperti kerapian penampilan atau alat-alat pendukung. Ketika kamu tergesa-gesa dalam melakukan presentasi itu akan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi nanti. Ditambah lagi kesalahan teknis yang mungkin terjadi karena adanya kekurangan kesiapan.

6. Gunakan Cerita

tampil di depan
Ceritakan pengalaman pribadimu atau studi kasus – @unsplash.com

Dengan bercerita saat membuka pembicaraan, suasana hatimu akan menjadi rileks dan lebih santai sekaligus juga dengan bercerita audiens akan merasa antusias dan mulai fokus memusatkan perhatiannya kepada orang yang sedang berbicara di depan. Emosi diantara kamu dan audiensmu akan terkoneksi, seperti kekesalan, kegembiraan atau rasa penuh harapan.

7. Bangun Kredibilitas

bersalaman
Berikan kepercayaan kepada audiens – @unsplash.com

Terkadang seorang yang sedang berbicara di depan memiliki kecemasan apakah presentasinya akan bisa dipercaya oleh para audiensnya, jadi hal ini bisa saja yang akan membuat kamu gugup sampai berkeringat dingin. Jadi cobalah kamu untuk memperkuat argumenmu dengan cara menceritakan suatu kasus, bisa itu diambil dari pengalaman pribadimu sendiri atau orang lain yang kamu kenal. Hal ini akan lebih baik kamu lakukan dengan memberikan pembuktian melalui argumen yang kamu sampaikan.

8. Jadilah Spontan

tertawa
Jangan terlalu menghafal teks – @unsplash.com

Berbicaralah dengan spontan dan tidak terlalu terpaku dengan teks materi, karena dengan menghapal teks maka pembawaanmu akan terlihat sangat kaku dan kedekatan dengan para hadirin kurang terasa. Ditambah lagi jika lupa akan membuatmu panik.

9. Interaksi

guru mengajar murid dengan papan
Berinteraksilah dengan audiens – @unsplash.com

Suasana presentasi akan jauh lebih hidup jikakamu melakukan interaksi dnegan penonton. Ditambah lagi kamu bisa mengukut selera humor dan suasana hati para audiens

10. Bahasa Tubuh

Tidak jarang terdapat speaker tidak menggunakan bahasa tubuhnya saat berbicara di depan publik. Bahasa tubuh sangat ampuh dalam memberikan penegasan atas kalimat yang kamu lontarkan saat berbicara di depan umum. Bahasa tubuh bisa kamu latih di depan cermin, sehingga kamu bisa menentukan bahasa tubuh yang sesuai saat akan bebicara di depan nanti

11. Jam Terbang

presentasi
Berbicara di depan umum sesering mungkin – @unsplash.com

Cara terakhir dan cara terampuh adalah berbicaralah di depan umum sesering mungkin, dengan begitu kamu akan sering mengalami trial & error. Trial & error akan membuatmu belajar banyak dari kesalahan yang sebelumnya

Nah jadi itu dia 11 Cara agar Public Speaking Bagus, dengan kamu menerapkan tips diatas presentasimu akan jauh lebih baik. Walaupun sulit, public speaking hanya butuh latihan dan pengalaman yang cukup kok untuk menguasainya

Kamu juga bisa melatih skill public speaking mu dengan mengikuti pelatihan online dari Vocasia
Kursus Pelatihan Public Speaking For Business “Sukses Karir Profesional Melalui Komunikasi Publik” oleh Farid Subkhan. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, seperti

  • Kamu akan mampu melakukan Public Speaking dengan karakter yang unik dari diri Anda.
  • Mampu Merencanakan Public Speaking Dengan Baik
  • Mampu Mengendalikan Masalah Public Speaking
  • Sukses Mempraktikkan Public Speaking Secara Efisien

Daftarkan diri kamu sekarang dengan cara mengklik tautan berikut, KLIK DISINI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *