Tanggal:21 February 2024

8 Cara Mengatur atau Mengelola Karyawan yang Baik

Dampak UU cipta kerja kepada pekerja. Sumber: Pixabay

Adanya lingkungan kerja yang nyaman dengan karyawannya yang saling mendukung menjadi idaman bagi semua pekerja. Tak ada drama saling sikut, saling jegal, sindiran, perundungan, dan lain sebagainya. Permasalahannya adalah untuk menciptakan kondisi demikian diperlukan kerja sama antara perusahaan, pemimpin, dan karyawan itu sendiri. Kondisi lingkungan yang suportif tak bisa datang dengan sendirinya. Adapun untuk menciptakan keadaan demikian, dibutuhkan suatu usaha agar tujuan dan keinginan masing-masing dapat terpenuhi. Nah, berikut akan dibahas secara rinci mengenai cara mengelola karyawan dengan baik, sehingga kondisi di atas dapat terealisasikan. Langsung saja, check it out! Kamu bisa mulai mencoba dan menerapkannya, nih.

1. Sampaikan Ekspetasi dengan Jelas

Sampaikan ekspetasi dengan jelas.
Sampaikan ekspetasi dengan jelas. Sumber: Pixabay

Masalah besar yang seringkali dihadapi antara karyawan dan pemimpin adalah bagaimana adanya kesalahpahaman dalam menyikapi dan ketidaksamaan dalam mengambil sikap ketika melakukan suatu projek. Apalagi jika karyawan yang dibawahi sangat banyak dan memiliki tingkatan yang berbeda. Bisa jadi ketika disampaikan keinginan si pemimpin, semuanya akan berubah drastis ketika sampai ke telinga para karyawan di tingkatan terendah. Darinya semua proses menjadi berbeda dari yang diinginkan oleh pemimpin tersebut. Oleh karenanya, sebuah kesalahpahaman dan ketidakmengertian biasanya menjadi penyebab utama suatu masalah timbul. Untuk menyikapi dan meminimalisasi adanya hal tersebut, sebagai seorang pemimpin, kamu harus bisa menjelaskan secara rinci dan cermat mengenai ekspetasi, dan tujuan yang akan dicapai dari projek yang sedang dilakukan tersebut. Ketika menjelaskan, pastikan agar semua karyawanmu mengetahui dan memahaminya, sehingga kejadiaan di atas tak terulang. Usahakan agar kamu selalu ada ketika seorang karyawan membutuhkan saran ataupun penjelasan lebih lanjut.

2. Lakukan Komunikasi secara Rutin

Komunikasikan secara jelas dan rutin.
Komunikasikan secara jelas dan rutin. Sumber: Pixabay

Meskipun telah menjelaskan secara detail mengenai ekspetasi yang diinginkan, tak lantas menjadikan proses yang dilakukan akan berjalan lurus, tanpa ada kendala. Kadang kala, kendala, rintangan, dan masalah tetap akan ditemukan. Oleh karena itulah dibutuhkan komunikasi atau diskusi secara rutin antara karyawan dan pemimpin perusahaan. Adanya diskusi ini dimaksudkan agar baik rintangan dan masalah tersebut dapat dipecahkan bersama-sama. Pemimpin dapat dimintai saran. Adapun karyawan dapat memberikan progres yang telah dilakukan. Dari adanya komunikasi yang rutin ini dimaksudkan agar segala hal-hal kecil diketahui bersama, dan bisa mencapai tujuan yang dikehendaki.

3. Pantau Kinerja

Pantau kinerja karyawan.
Pantau kinerja karyawan. Sumber: Pixabay

Sebagai seorang pemimpin, bukan berarti tugasmu hanyalan duduk dan menunggu hasil. Justru dengan kamu menjadi seorang pemimpin, maka kamu bertanggung jawab terhadap semua proses yang sedang dilakukan oleh karyawan-karyawanmu tersebut. Oleh karena itu, kamu harus memantau kinerja mereka sehari-harinya. Jarak ataupun kondisi tak membatasimu melakukan hal ini. Justru dengan kamu memantau kinerja para karyawannya, kamu bisa melihat progres projek tersebut secara jelas. Kamu pun bisa memberikan komentar, saran ketika karyawan tersebut sedang melakukan prosesnya. Adanya kegiatan memantau kinerja ini dapat membuatmu melihat produktivitas dari karyawanmu.

4. Berikan Pelatihan

Berikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawanmu.
Berikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawanmu. Sumber: Pixabay

Nah, mengelola karyawan dengan baik salah satunya dengan memberikan pelatihan kepada mereka. Kamu bisa memberikan pelatihan ini ke seluruh karyawanmu. Pelatihan ini dimaksudkan agar para karyawan tersebut memiliki kualitas kemampuan yang memadai, sehingga tentunya hal tersebut juga akan berdampak baik ke projek yang ditangani. Kamu bisa mulai memberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh karyawanmu tersebut, nih!

5. Ramah, tetapi Tetap Tegas

Jangan memasang pribadi yang sulit didekati.
Jangan memasang pribadi yang sulit didekati. Sumber: Pixabay

Menjadi pemimpin tak mengharuskanmu memasang tembok tinggi. Adanya hal tersebut menjadikan para karyawanmu menjadi segan untuk mendekatimu. Dampaknya, kamu akan sulit untuk melihat kemajuan atau pendapat-pendapat dari para bawahanmu tersebut. Oleh karena itu, sikap ramah dibutuhkan olehmu agar kamu bisa dekat dengan karyawan. Dengan dipasangnya sikap ramah ini, para karyawan tak akan segan lagi ketika mendekatimu hanya untuk meminta bantuan, saran, dan sebagainya. Meskipun begitu, tetap terapkan juga sikap tegas. Hal itu agar kamu juga tak diremehkan oleh karyawanmu tersebut.

6. Peka terhadap Lingkungan

Kenali lingkungan lebih jauh.
Kenali lingkungan lebih jauh. Sumber: Pixabay

Menjadi seorang pemimpin artinya kamu harus peka terhadap lingkungan kantormu bekerja. Para karyawan memiliki lingkungan dan kepribadian yang berbeda-beda. Adanya keberbedaan tersebut kadang kala membawa masalah di dalam tim. Oleh karena itu, sebagai pemimpin, kamu harus memiliki kepekaan yang tajam terhadap situasi atau kondisi di lingkungan. Kamu harus jeli dan dapat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang mungkin saja timbul di antara karyawanmu tersebut.

7. Pahami Tim dengan Baik

Pahami timmu.
Pahami timmu. Sumber: Pixabay

Sebuah tim tersusun dari lingkungan, kepribadian atau sifat yang tak sama. Kadang kala, di dalam suatu tim justru terdiri dari orang-orang yang bertolak belakang. Nah, sudah saatnya kamu untuk memahami mereka dengan baik. Kamu bisa memulainya dengan mengamati kelebihan dan kekurangan yang dimiliki timmu tersebut.

8. Apresiasi Kerja Karyawan

Apresiasi kinerja karyawanmu.
Apresiasi kinerja karyawanmu. Sumber: Pixabay

Cara terakhir ketika mengelola karyawan adalah dengan mengapresiasi kerja yang telah mereka lakukan. Dengan ini, kerja keras yang telah mereka lakukan akan terasa dihargai olehmu. Kamu bisa mengapresiasi kerja mereka ini dengan pujian, naikkan gaji atau bonus, dan sebagainya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *