Tanggal:26 February 2024

11 Cara Memulai Usaha Angkringan, Bisa Hasilkan Omzet Puluhan Juta!

Cara memulai usaha angkringan yang hasilkan omzet puluhan juta rupiah.

Makanan menjadi salah satu kebutuhan paling mendasar yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Dalam sehari, setidaknya mereka membutuhkan asupan makanan tiga kali. Hal itu belum mencakup camilan-camilan yang juga dimakannya. Oleh karena itu, membuka usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang memiliki keuntungan besar. Usaha kuliner juga memiliki peluang yang menjanjikan karena adanya kebutuhan manusia terhadap makanan tersebut. Dengan pintar mengolah usaha kuliner yang dimiliki, selain tak perlu takut dengan kegagalan, omzet puluhan juta dalam sebulan pun dapat dihasilkan. Nah, jika kamu tertarik untuk menggeluti usaha angkringan, berikut akan dijelaskan beberapa cara memulai usaha angkringan yang bisa mendatangkanmu laba puluhan juta. Namun, sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui apa itu usaha angkringan.

Nah, usaha angkringan adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner, biasanya menggunakan gerobak dan terpal yang dibuka di pinggir-pinggir jalan. Usaha angkringan menawarkan berbagai makanan yang dijual dengan harga miring. Oleh karena itu, usaha angkringan banyak didatangi pembeli dan laris manis. Ketika membuka usaha angkringan ini, kamu tak memerlukan modal yang besar karena biasanya makanan yang dijual pun juga sangat sederhana, misalnya nasi kucing. Adapun hal tersebut berbanding terbalik dengan laba yang akan dihasilkan. Setelah mengetahui pengertian usaha berikut, berikut cara memulainya.

1. Susun Perencanaan secara Matang

Susun rencana dengan matang.
Susun rencana dengan matang. Sumber: Pixabay

Sebelum memulai suatu usaha apapun, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat atau menyusun suatu perencanaan dengan matang dan cermat. Adanya perencanaan ini dimaksudkan agar usaha yang dibuat tersebut dapat mencapai tujuan yang dikehendaki dengan lancar. Meskipun usaha angkringan yang akan kamu buat ini hanyalah usaha kecil di pinggir jalan, tetapi kamu juga wajib menyusun perencanaan ini. Di dalam penyusunannya, kamu bisa melihat kebutuhan yang dimiliki masyarakat, dan darinya kamu bisa memanfaatkannya, misalnya dengan membuka usaha kuliner angkringan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap makanan. Kamu juga bisa memprediksi apakah usaha yang akan kamu buat ini memiliki masa depan yang menjanjikan atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa menganalisis pesaing di usaha angkringan ini. Dari adanya analisis kompetitor, kamu bisa meningkatkan usaha milikmu sendiri.

2. Tentukan Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi yang strategis.
Pilihlah lokasi yang strategis. Sumber: Steve Buissine/Pixabay

Di dalam tahapan perencanaan usaha, salah satu yang harus direncanakan dengan jeli adalah ketika kamu menentukan lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat membuka usaha angkringanmu tersebut. Secara cermat dan jeli, kamu harus bisa menentukan tempat yang sekiranya akan membuat usaha angkringanmu ini dikunjungi banyak pembeli. Dengan menentukan strategis atau tidaknya tempat tersebut menjadi langkah penting guna mengembangkan bisnis angkringan milikmu. Nah, kamu bisa membuka usahamu tersebut di lokasi yang biasanya menjadi tempat berkumpul banyak anak muda, misalnya alun-alun kota. Tentunya hal tersebut akan sangat menguntungkan. Bayangkan jika saat perencanaan, kamu tak menentukan lokasi yang strategis, dan hanya menempati suatu lokasi dengan sembarang, tentunya sepinya pembeli bisa menjadi situasi yang akan kamu hadapi nantinya.

3. Tentukan Modal Usaha secara Rinci

Hitung modal yang akan dikeluarkan.
Hitung modal yang akan dikeluarkan. Sumber: Steve Buissinne/Pixabay

Saat penyusunan rencana usaha, menentukan modal yang akan dikeluarkan juga harus direncanakan dan ditimbang secara rinci. Kamu bisa mencatat modal-modal untuk apa saja yang akan dikeluarkan nantinya ketika membuka usaha angkringan ini. Diusahakan setiap pengeluaran untuk dicatat sebaik mungkin. Adanya penentuan dan pencatatan modal secara rinci ini diharapkan agar kamu bisa melihat bagaimana laju pengeluaran usahamu. Nah, ketika memulai usaha angkringan pun, kamu tak perlu cemas perihal apakah modalnya besar atau tidak. Hal itu karena hanya dengan bermodalkan Rp 5 juta, kamu sudah bisa memulai usaha angkringanmu sendiri.

4. Lengkapi Perlengkapan Usaha yang Dibutuhkan

Lengkapi kebutuhan yang diperlukan.
Lengkapi kebutuhan yang diperlukan. Sumber: Silviarita/Pixabay

Cara memulai usaha angkringan selanjutnya adalah dengan melengkapi barang-barang yang dibutuhkan. Tentunya usaha angkringanmu ini tak bisa dimulai jika barang-barang yang diperlukan tersebut belum tersedia secara lengkap. Oleh karena itu, lengkapi kebutuhan yang diperlukan seperti membuat gerobak angkringan, meja atau bangku, alat-alat memasak, hingga kebutuhan bahan pokok terlebih dahulu. Nah setelah semua barang ini tersedia, barulah kamu bisa memulai usaha angkringanmu ini.

5. Tentukan Fasilitas yang Akan Disediakan

Sediakan fasilitas seperti TV atau WIFI.
Sediakan fasilitas seperti TV atau WIFI. Sumber: ADMC/Pixabay

Fasilitas yang dimaksudkan di sini bukanlah fasilitas dasar yang diperlukan saat memulai usaha angkringan seperti di atas. Maksud dari menentukan fasilitas yang akan disediakan adalah apakah kamu akan memberikan fasilitas berupa TV atau WIFI di usahamu tersebut. Adanya pemberian fasilitas ini dimaksudkan agar pembeli merasa betah di angkringanmu itu. Nah, dampaknya tentu saja pembeli ini akan memesan secara keterusan di warungmu, meskipun itu hanya camilan atau minuman. Tetapi tetap saja, hal itu akan memberikan keuntungan.

6. Tentukan Jam Operasional Usaha

Tentukan jam buka untuk usaha angkringanmu.
Tentukan jam buka untuk usaha angkringanmu. Sumber: Jan Vasek/Pixabay

Sebelum resmi memulai usaha angkringan milikmu itu, tentukan jam operasionalnya terlebih dahulu. Kamu bisa menentukan dengan baik kapan sekiranya waktu yang pas untukmu membuka dan menjalankan usaha angkringan itu. Apakah pagi, sore, atau malam hari. Nah, di saat menentukan jam operasional usaha angkringanmu buka ini, kamu bisa melihat situasi yang ada di tempat usahamu tersebut. Apakah tempat tersebut ramai oleh orang-orang saat pagi atau malam hari. Darinya kamu bisa menentukan dan mengoptimalkan penjualan di angkringanmu itu.

7. Tentukan Menu yang Akan Dijual dan Harganya

Tentukan menu dan harga.
Tentukan menu dan harga. Sumber: Darkmoon/Pixabay

Menu yang dijual di tenda-tenda angkringan biasanya sangat sederhana dan serba sama. Kopi, teh, wedang jahe, gorengan, nasi kucing menjadi menu yang biasanya ditemukan. Kamu pun bisa menjual menu yang sama tersebut. Namun, jika kamu ingin usaha angkringanmu tersebut menonjol, berbeda dengan pesaing dan menarik, kamu bisa mulai menjual menu istimewa yang khas dan berbeda dengan warung akringan lainnya, nih. Selain menu yang berbeda ini, kamu juga bisa memberikan cara penampilan atau pengemasan makanan yang khas. Nah, dari menu yang sederhana tersebut tentunya kamu juga harus menentukan harga yang seimbang. Pastikan agar harga yang dipatok di setiap menu tidak kemahalan dan justru membuat warungmu sepi pengunjung. Tetapi, ingat juga untuk tidak menghargainya terlalu murah, adanya kamu justru akan rugi.

8. Jaga Kebersihan

Selalu jaga kebersihan usaha angkringanmu.
Selalu jaga kebersihan usaha angkringanmu. Sumber: Michal Jarmoluk/Pixabay

Meskipun warung akringanmu sederhana, dan terletak di pinggir jalan, usahakan agar warungmu tersebut memiliki kebersihan yang terjamin. Adanya sampah-sampah yang berserakan tentunya hanya akan membuat pembeli merasa jijik dan warungmu tersebut terkesan jorok. Akibatnya tak ada lagi pembeli yang datang. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga kebersihan warungmu. Kamu bisa meletakkan tong sampah atau rajin membersihkannya. Selain itu, jaga juga agar makanan di warungmu tidak terkontaminasi debu ataupun lalat yang berterbangan. Caranya kamu bisa memfasilitasi gerobakmu dengan etalase untuk melindungi makanan yang dijual.

9. Berikan Pelayanan Terbaik

Berikan layanan yang terbaik ke pembeli.
Berikan layanan yang terbaik ke pembeli. Sumber: Pixabay

Cara memulai usaha angkringan selanjutnya adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli. Masing-masing pembeli memiliki sifat dan karakterisik yang berbeda. Ada yang sabar, pemarah, ceroboh, ataupun tidak sabaran. Nah, sebagai penjual, kamu harus memberikan pelayanan yang sama dan tentunya yang terbaik. Dengan bersikap ramah, warungmu tersebut tentunya akan menjadi tempat favorit pembeli untuk berkunjung. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada pembeli.

10. Tetapkan Strategi

Tetapkan strategi untuk usahamu dengan baik.
Tetapkan strategi untuk usahamu dengan baik. Sumber: Pixabay

Untuk memajukan usaha angkringanmu ini, kamu bisa menetapkan strategi, nih. Misalnya dengan bekerja sama dengan salah satu layanan pesan antar makanan. Adanya kerja sama tersebut, semua orang tentunya bisa mengakses dan membeli di warungmu ini. Selain itu, kamu juga bisa membuka dan menerima pesanan katering.

11. Analisis Hasil

Analisis hasil yang telah diperoleh.
Analisis hasil yang telah diperoleh. Sumber: Pixabay

Setelah berhasil memulai dan menjalankan usaha angkringan, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menganalisis hasil yang telah diperolah. Dari adanya analisis hasil ini, kamu bisa melihat progres penjualan yang telah didapatkan. Darinya, kamu bisa semakin meningkatkan usaha angkringanmu tersebut menjadi lebih baik lagi.

Baca juga :

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usaha angkringanmu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnis angkringanmu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *