Tanggal:29 April 2024
Laptop dan Boneka

6 Cara Belajar Web Developer dan Penerapannya Pada Bisnis

Sedang Coding

Web developer menjadi profesi yang sangat dibutuhkan saat ini – @pexels.com

Apakah kamu salah satu orang yang berkeinginan menjadi seorang web developer ? Apakah kamu ingin berkecimpung di dunia bisnis ketika sudah menjadi seorang web developer ? Nah, beruntung sekali, karena Vocasia akan membahas bagaimana cara belajar untuk bisa menjadi seorang web developer dan siap menjadi web developer dalam bidang bisnis. Tanpa basa – basi lagi, yuk simak pembahasan berikut !

Seiring majunya teknologi, semakin banyak orang yang kini mengalihkan bisnisnya melalui internet. Tentunya kebutuhan akan pembuatan situs atau website kini semakin tinggi. Website memiliki banyak manfaat, diantaranya sepertinya membangun branding suatu bisnis secara digital yang bisa diakses secara mudah, kapanpun dan dimanapun oleh para calon pelanggan.  Kemajuan teknologi ini melahirkan sektor bisnis baru yang berkembang secara online yakni web development.

Web Development atau pengembangan halaman situs merupakan teknologi pengembangan yang digunakan sebuah website. Web development terdiri dari beberapa proses yang mengacu pada desain halaman web diantaranya seperti proses coding, proses markup dan beberapa proses lainnya.

Kebutuhan akan website ini akhirnya melahirkan profesi baru yakni web developer. Web developer atau pengembang web ini adalah suatu pekerjaan dimana orang tersebut bertanggung jawab merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis web yang dalam proses pembuatannya memakai bahasa pemograman. Tanggung jawab yang dilakukan oleh seorang web developer antara lain adalah membuat laman website yang dinamis, mengatur traffic web dan lain sebagainya.

Di jaman modern seperti ini banyak perusahaan besar maupun perusahaan berkembang yang mencari seorang web developer.Bagaimana cara menjadi web developer? untuk lengkapnya, simak artikel berikut ini.

1. Mempelajari Bahasa Pemrograman

html

salah satu bahasa pemograman yang sering digunakan adalah HTML – @pexels.com

Cara yang pertama untuk belajar tentang pengembangan website adalah mempelajari bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang harus dipelajari seperti bahasa pemrograman HTMLdan CSS. Kamu juga sangat disarankan untuk mempelajari tentang bahasa scripting seperti PHP, ColdFusion, Python, ASP, Javascript, SQL, dan beberapa bahasa scripting lainnya.

2. Mempelajari Metode Pengembangan Web

Kemudian cara yang kedua adalah kamu disarankan untuk mempelajari metode pengembangan web seperti USDP, Agile, dan RUP. Mulailah untuk menganalisa yang diperlukan pada sebuah aplikasi, merancang aplikasi dengan melakukan coding, mengembangkan dengan coding dan pengujian sebelum merilis sebuah web.

3. Mempelajari Pengolahan Gambar

photoshop

Diperlukan skill pengolahan gambar – @pexels.com

Cara ketiga yaitu belajar menguasai pengolahan gambar dengan menggunakan Adobe Photoshop atau Adobe Firework yang merupakan salah satu software paling populer untuk keperluan gambar web seperti icon, background, dan gambar lainnya.

4. Menggunakan Framework

Laptop dan Boneka

Dibutuhkan pengusaan Framework salah satunya menggunakan PHP

Gunakan framework sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan seperti ASP menggunakan .NET Framework. Ruby dengan Rails Framework, Python dengan Django Framework, dan PHP seperti Prado, Symfony, CakePHP, dan lainnya.

5. Mempelajari Teknik mengoptimalkan Aplikasi

Dengan mempelajari Teknik mengoptimalkan Aplikasi, kamu akan memahami bagaimana website dapat berjalan dengan cepat, lancar dan respontif. Lakukan teknik tuning dan optimalisasi database dan web server.

6. Mempelajari Control Panel Hosting

Cara yang terakhir yaitu dengan mempelajari control panel hosting yang banyak digunakan, misalnya seperti Cpanel, ISPConfig, Pleks dan lainnya. Dengan begitu kamu akan dapat mengoptimalkan aplikasi pada hosting.

Adapun cara untuk menjadi seorang web developer dalam segi perkembangan teknologi dalam dunia bisnis. Sebagai seorang web developer pemula harus mempelajari beberapa hal sebagai berikut ini.

1. Mempelajari manajemen proyek

Laporan

pelajari tentang manajemen proyek bisnis – @pixabay.com

Hal yang terpenting yakni mempelajari manajemen proyek yang harus diatur, direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Seorang web developer dalam dunia bisnis melakukan manajemen proyek untuk membangun kolaborasi dengan pengembang lainnya dalam menyelesaikan sebuah proyek bisnis.

2. Meningkatkan kemampuan terus menerus

Sebagai seorang web developer, kamu harus selalu meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan website seiring kemajuan tren model bisnis saat ini. ikuti perkembangan teknologi pada web terbaru agar aplikasi yang digunakan tidak ketinggalan jaman dan terus bisa terus bersaing dengan kompetitor.

3. Buat aplikasi sebagai portofolio

Buatlah aplikasi sesuai dengan kebutuhan pasar, dengan begitu hal ini akan meningkatkan kemampuan dan nilai jual yang tinggi kepada perusahaan yang membutuhkan jasamu.

Demikian tips dan cara menjadi web developer berikut ini agar karier kalian cemerlang. Semoga sukses.

Sumber : suara.com

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri

Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.

Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman

Yuk segara daftar, kunjungi Vocasia untuk melihat berbagai kursus online Web Development menarik  & berguna untuk kamu pastinya! 

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *