Tanggal:30 April 2024

7 Cara Budidaya Hamster yang Baik dan Benar

Cara budidaya hamster.

Siapa yang tidak asing dengan hewan bernama hamster? Hewan bertubuh mungil dengan tingkah lucu dan menggemaskan yang sering dipelihara oleh orang. Belum dengan corak warnanya yang sangat beragam. Banyak orang salah mengartikan jika hamster dan tikus adalah hewan yang sama. Meskipun keduanya termasuk hewan pengerat, hamster dan tikus ternyata dua jenis hewan yang berbeda loh! Jika dilihat keduanya memang memiliki bentuk yang serupa, makanya tak mengherankan jika orang-orang salah mengira. Namun, jika dilihat lebih seksama, terdapat banyak perbedaan yang bisa membedakan hamster dan tikus, misalnya saja ukuran tubuh mereka. Hamster memiliki ukuran tubuh yang besar dan gemuk, sedangkan tikus memiliki ukuran tubuh yang sedikit memanjang dan langsing. Selain itu, sebagian besar hamster tidak memiliki ekor, meskipun beberapa memiliki, tapi bentuk ekornya kecil dan pendek. Adapun tikus memiliki ekor yang panjang. Nah, untukmu yang ingin membudidayakan hamster, tentunya harus mengetahui perbedaan apa saja antara hamster dan tikus ini. Jangan sampai keliru membudidayakannya ya! Baik. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara membudidayakan hamster yang baik dan benar untuk pemula sepertimu. Langsung saja check this out!

1. Jenis Hamster yang Akan Dibudidayakan

Jenis hamster
Jenis hamster. Sumber: Pexels

Cara budidaya hamster yang baik #1 yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis hamster yang akan dibudidayakan. Terdapat banyak jenis hamster yang ada di Indonesia, nah kamu bisa memilih salah satunya untuk dibudidayakan, nih! Apa saja jenis hamster yang bisa kamu pilih?

  1. Hamster Winter White
  2. Hamster Roborovski
  3. Hamster Syrian
  4. Hamster Campbell

2. Memilih Indukan Hamster

Indukan hamster.
Indukan hamster. Sumber: Pexels

Setelah menentukan jenis hamster yang akan dibudidayakan, maka cara budidaya hamster yang baik #2 yang harus kamu lakukan adalah memilih indukan dari jenis hamster yang kamu pilih tadi tersebut. Pilihlah indukan jantan dan betinanya dengan melihat ke bagian kelaminnya untuk membedakan. Nah, dalam memilih indukan, usahakan untuk kamu memilih indukan hamster yang berkualitas baik ya! Berikut beberapa tips untukmu ketika ingin memilih indukan hamster, sehingga mendapatkan indukan yang sehat.

  1. Ciri indukan hamster jantan yang paling baik untuk dibudidayakan yaitu terdapat vents sebagai penis, jarak antara vents tersebut dengan anus skeitar 1 – 2 sentimeter, indukan hamster jantan memiliki bulu yang lebih panjang, hamster terlihat dalam keadaan sehat dan bersih, serta bergerak lincah. Hamster juga harus memiliki warna bulu yang cerah dan mengkilat.
  2. Ciri indukan hamster betina yang paling baik untuk dibudidayakan yaitu hamster memiliki dua lubang yang saling berdekatan. Adapun lubang tersebut adalah vagina dan anus. Biasanya jarak antara vagina dan anus tersebut cenderung pendek. Indukan hamster betina memiliki bulu yang lebih pendek. Indukan hamster betina juga harus berada dalam keadaan sehat dan bersih, serta bisa bergerak lincah. Terakhir, indukan harus memiliki bulu warna bulu yang cerah dan mengkilat.

3. Kandang Hamster

Kandang hamster.
Kandang hamster. Sumber: Pexels

Setelah indukan hamster didapatkan, maka cara budidaya hamster yang baik #3 yang harus dilakukan olehmu adalah membuat kandang hamsternya. Terdapat berbagai tipe kandang yang bisa digunakan dan dibeli di toko-toko. Nah, pada saat pembelian, perhatikan beberapa hal berikut ini untuk memperoleh kenyamanan bagi hamsternya.

  1. Kamu bisa memilih tipe kandang yang terbuat dari plastik, kawat, atau aquarium.
  2. Jika ingin menghemat pengeluaran, kamu bisa membuat kandang sendiri menggunakan kawat atau kayu. Nah, taruh juga serbuk kayu sebagai alasnya. Pastikan untuk menempatkan kandang hamster jauh dari hewan predator lainnya untuk menjaga keselamatan hamsternya ya!
  3. Hindari untuk memilih kandang plastik tabung yang tertutup. Hal itu karena akan menyulitkan pada proses pembersihan kandang.
  4. Jangan memilih kandang yang berbahan dasar baja karena akan mudah berkarat jika tak dibersihkan.
  5. Beli atau buat kandang dengan ukuran yang sedang atau lebar, sehingga hamster bisa bergerak bebes dan tidak stress.
  6. Setelah kandang didapatkan, maka segera beri penutup lantai menggunakan serbuk kayu tadi untuk meminimalisasi bau yang ditimbulkan dari kotoran dan air kencing hamster.
  7. Tempatkan juga selimut dari bahan kertas yang lembut.
  8. Taruh juga beberapa mainan atau aksesoris.
  9. Tak lupa, beri tempat minum di dalam kandang.
  10. Bersihkan kandang sekitar seminggu sekali untuk menjaga kandang tetap bersih dan hamster tidak stress.

4. Pemberian Pakan Hamster

Pakan hamster.
Pakan hamster. Sumber: Pexels

Cara budidaya hamster #4 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memberikan pakan, sehingga hamster bisa tumbuh dengan optimal. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya kamu harus memberikan pakan yang berkualitas dan bergizi! Pemberian pakan dapat dilakukan sehari sekali pada pagi atau sore hari. Berikut beberapa pilihan pakan yang dapat diberikan kepada hamster.

  1. Hamster Mix berupa gabungan antara gandung, pelet, jewawut, kacang tanah, maizena, sayur mayur, jagung, biji bunga matahari, dan buah-buahan kering.
  2. Sayur-sayuran dan buah-buahan.
  3. Tanaman liar seperti semanggi, rumput muda, alang-alang, bunga aster, dan lain sebagainya.

5. Perawatan Hamster

Perawatan hamster.
Perawatan hamster. Sumber: Pexels

Cara budidaya hamster yang baik #5 yang harus kamu lakukan adalah merawat hamster sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah, apa sajakah perawatan yang harus kamu lakukan?

  1. Lakukan perawatan dengan menyisir tubuh hamster menggunakan sikat gigi sekitar seminggu sekali. Jangan memandikan hamster karena akan menjadikan hamster kedinginan dan sakit.
  2. Lakukan penggantian serbuk kayu di dalam kandang. Lakukan juga pembersihan serbuk dari makanan sekitar sekali dalam dua hari untuk menghindari adanya pembusukan makanan.
  3. Berikan suplemen dan vitamin pada hamster secara berkala.
  4. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan hamster secara berkala.

6. Masa Kawin Hamster

Masa kawin hamster.
Masa kawin hamster. Sumber: Pexels

Setelah indukan dirawat dengan baik dan masuk masa kawin, maka cara budidaya hamster yang baik #6 yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengawinan antara indukan hamster jantan dan betina. Satu ekor hamster jantan dapat dikawinkan ke beberapa ekor hamster betina. Asalkan perkawinan tersebut dilakukan dalam kandang yang terpisah. Jadi, nantinya hamster jantan secara bergilir akan dipindahkan dari satu kandang ke kandang lainnya. Nah, setelah indukan betina dirasa sudah hamil, segera pisahkan dengan indukan jantannya. Jauhkan indukan betina yang hamil dari kebisingan. Berikan makanan yang bergizi. Biasanya, dalam proses kehamilan tersebut, indukan betina dapat menghasilkan sekitar 7 – 8 ekor anakan. Proses kehamilan ini berlangsung selama 18 – 22 hari.

7. Perawatan Anakan Hamster

Perawatan anakan hamster.
Perawatan anakan hamster. Sumber: Pexels

Setelah indukan hamil dan melahirkan, maka cara budidaya hamster yang baik #7 yang harus kamu lakukan terakhir adalah merawat anakan hamster tersebut sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Nah, berikut beberapa cara merawat anakan hamster yang baru lahir.

  1. Jangan membersihkan kandang pada 14 hari awal anakan hamster baru lahir.
  2. Perhatikan kesehatan indukan hamster.
  3. Jaga kenyamanan anakan dengan memastikan suhu ruangan tidak rendah atau tinggi dari 21 derajat celcius.
  4. Berikan makanan dan minuman secara teratur dan tentunya mengandung protein gizi yang tinggi.
  5. Untuk nutrisi tambahan, kamu bisa memberikan vitamin khusus untuk hamster

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Itulah cara cara merawat hamster yang bisa kamu aplikasikan dan lakukan, Jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia klit tautan berikut ini.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *