Tanggal:02 May 2024

Cara-Cara Melamar Kerja Online!

Di era digital dan teknologi yang sudah pesat ini, kita dapat merasakan bahwa perkembangan dalam bidang teknologi sudah sangat pesat setiap tahunnya. Mulai dari handphone, televisi, drone, dan masih banyak lagi. Seperti hal yang dulunya mungkin rumit, sekarang sudah dapat kamu lakukan dengan mudah. Dengan adanya fitur-fitur yang berbasis online, kamu tidak harus melakukannya langsung, cukup dengan internet saja. 

Baca Juga : Tips Dan Cara Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan Saat Interview Kerja

Contohnya saja mencari pekerjaan dan melamarnya via online. Pasti kamu pernah kan melakukan kedua hal tersebut. Kalau sudah pasti sudah tahu dong cara-caranya bukan? Nah untuk kamu yang belum pernah nih, ingin tahu gak sih cara-cara efektifnya agar kamu melamar dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan? Yuk kita simak cara-caranya berikut!

1. Buat CV ATS-Friendly 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat CV applicant tracking system (ATS) yang berbasis friendly. Hal ini dilakukan agar CV-mu akan masuk kedalam software perusahaan dan dapat dilihat oleh recruiter. Ciri-ciri yang harus kamu perhatikan seperti format PDF, minim gambar, desain yang minimal, serta menggunakan bullet points.

Baca Juga : Cara Membuat CV ATS Friendly

2. Cari Situs Lamaran Kerja 

Pastinya kamu memerlukan situs untuk melamar kerja yang kamu ingin lamar. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan situs-situs yang mungkin kamu akan gunakan nanti setelah selesai membuat CV dan Cover Letter yang sudah kamu siapkan.

Baca Juga : 6 Situs Lowongan Kerja Terpercaya

3. Cari & Lakukan Riset Terhadap Perusahaan

Setelah mencari situs untuk melamar kerja, saatnya mencari-cari lowongan dan riset perusahaan yang mungkin menjadi pertimbangan untuk kamu lamar nantinya. Kalau kamu tidak melakukan riset sama sekali dengan perusahaan yang sedang kamu incar, akan sulit nantinya untuk kamu mendapatkanya lho.

4. Siapkan CV & Cover Letter 

Selain CV, kamu juga harus mempersiapkan cover letter yang nantinya akan digunakan pada badan email. Jadi, gunakan kata-kata dan informasi sedetail mungkin tetapi jangan sampai kepanjangan juga ya!

5. Perhatikan Setiap Lamaran Yang Sudah Diajukan 

Pastinya kamu tidak akan melamar di satu atau dua tempat. Dalam mencari pekerjaan, sangat normal untuk kamu melamar di banyak tempat, sampai akhirnya kamu diterima di satu tempat. Tetapi jangan lupa saja untuk mengingat di tempat mana saja kamu melamar ya, kalau sampai lupa itu fatal sekali!

6. Cari Teman Yang Sedang Mencari Pekerjaan Juga 

Biar tidak merasa terbebani dan stres sendiri, lebih baik kamu melakukannya bersama teman kamu yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan juga! Setelah itu, pasti rasanya menjadi lebih seru dan menyenangkan bukan? Jangan lupa tetap fokus tapi ya!

7. Jangan Gunakan Waktu Luang Untuk Santai

Terdapat waktu diantara kamu telah melamar dan menunggu jawaban. Daripada kamu menggunakan waktu tersebut untuk bersantai-santai, lebih baik gunakan waktu itu untuk kamu melakukan aktivitas yang bisa menguntungkan kamu. Contohnya mengikuti seminar, hingga membuka usaha kecil-kecilan.

Sudah siap untuk melamar kerja online? Jangan lupa untuk diperhatikan poin-poin di atas ya!

Baca Juga : Melamar Kerja Lewat Email? Yuk Ikuti Cara-Caranya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *