Tanggal:02 May 2024

Melamar Kerja Lewat Email? Yuk Ikuti Cara-Caranya!

Mencari pekerjaan bisa dilakukan dan dicari dimana saja. Contoh-contoh tempat untuk mencari seperti di internet, koran, aplikasi LinkedIn, relasi, dan masih banyak lagi. Tetapi, untuk mencari pekerjaan yang tidak melalui internet atau media sosial saat ini sudah jarang dan sulit untuk ditemukan, mengetahui kita sudah berada di era yang semuanya serba digital. 

Contohnya saja cara melamar melalui email yang akan kita bahas kali ini. Mungkin kamu pernah melamar untuk sebuah pekerjaan dalam sebuah email? Kalau sudah, pastinya kamu sudah tahu apa saja ya yang harus ditulis dan diperhatikan. Tetapi untuk kamu yang belum, jangan bingung-bingung saja, yuk kita bahas bareng bagaimana cara-cara yang tepat untuk kamu melamar untuk pekerjaan lewat email! 

1. Cek Alamat Email Yang Ditujukan 

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dan cek sebelum kamu kirim email lamaranmu adalah alamat email yang pastinya harus benar. Jangan sampai alamat email yang telah kamu ketik salah dan hal tersebut akan sangat fatal karena email yang kamu kirim tidak akan sampai.

2. Lampirkan CV & Portfolio Jika Dibutuhkan 

Selanjutnya, kamu dapat melampirkan CV atau Portfolio di badan email jika dibutuhkan dan diminta oleh job recruiter. Jika tidak, kamu tidak harus melampirkannya, tetapi sebaiknya kamu melampirkannya agar job recruiter dapat melihat informasi-informasi kamu dengan lengkap.

3. Pastikan Subjek, Pembukaan, Isi & Penutupan Email Ditulis Dengan Benar 

Jangan lupa untuk menulis subjek email yang singkat dan jelas agar job recruiter tidak bingung dalam melihat kiriman email dari kamu. Pastikan ada nama kamu dan judul email yang dapat mudah dimengerti. Hal yang sama juga berlaku di pembukaan, isi dan penutup email, pastikan semua informasi dan apa yang kamu ingin sampaikan masuk semua dalam email.

4. Pakai Bahasa Formal 

Saat kamu sedang menulis email lamaran yang akan kamu kirim, pastikan kamu menggunakan bahasa yang formal dan sopan untuk dibaca. Jangan sampai kamu menggunakan bahasa yang tidak formal yang dapat mempengaruhi proses lamaran kamu.

5. Perhatikan Waktu Pengiriman

Poin terakhir adalah waktu pengiriman yang akan kamu tentukan. Pastikan waktu mengirim emailnya masih masuk dan berada dalam jam kerja. Idealnya, kamu dapat mengirimnya pada hari kerja dari pukul delapan pagi hingga lima sore. Tetapi, kamu dapat memastikan hal tersebut pada perusahaan yang akan kamu lamar ya!

Jangan lupa cara-cara yang tepat untuk melamar pekerjaan via email di atas ya, semoga kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan! Selamat mencoba!

Baca juga :

5 Berkas Yang Harus Disiapkan Untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Body Email Lamaran Kerja

5 Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja Yang Menarik

6 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Freshgraduate Harus Tahu!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *