Tanggal:10 May 2024

Tutorial Edit Video Menggunakan VSDC Free Video Editor

tutorial edit video dengan VSDC

Aplikasi Software Video Editor kebanyakan yang kita ketahui yang beredar di internet itu berbayar atau tidak full access jika tidak membeli semua fiturnya, harganya pun lumayan mahal. Tetapi, jangan berkecil hati. Bagi kamu yang ingin belajar menjadi video editor dengan aplikasi gratis, Kamu bisa menggunakan aplikasi Video Editor VSDC dan itu free. 

Baca Juga | 5 Software Editing Video yang lagi Rame Di Social Media, Hmm apa aja ya? Yuk Simak!

Apakah aplikasi VSDC cocok untuk para pemula?

VSDC adalah suatu aplikasi Video Editor yang sering digunakan para pemula untuk mulai belajar edit video, Seperti halnya iMovie aplikasi Video Editor dari perusahaan Apple.

Baca Juga |8 Aplikasi untuk Edit Video di HP

Walaupun gratis, kamu tetap bisa meng-akses semua fiturnya secara gratis dan lengkap. Kamu juga pasti akan sangat menikmati aplikasi ini dikarenakan tidak adanya watermark jika video hasil editan kamu sudah selesai diedit asal kamu tahu caranya.

Di internet kamu juga bisa mempelajari cara menghilangkan watermark pada hasil video yang sudah kamu edit. Sudah banyak cara remove watermark online yang beredar di internet.

Kamu juga bisa mendownload aplikasi watermark online secara gratis, klik disini!

Baca Juga | 5 Software Editing Video Yang Lagi Rame Di Social Media

Cara Menggunakan Aplikasi VSDC free Video Editor

Pertama, kamu diminta untuk import semua klip-klip yang akan diedit, dan akan muncul wizard yang siap membantu. Disini kamu dapat menambahkan efek transisi. Tapi, kamu tidak bisa mengatur ulang urutan klip-klip ke urutan yang kamu inginkan.

Biasanyavideo-video setelah diimport akan nongol di timeline. Tapi di aplikasi ini tidak. Hasil import tadi ada sebagai scene dan tidak nongol secara default. Kamu dapat menampilkannya, tapi tidak dapat mengatur ulang urutannya, karena aplikasi ini termasuk Non-Linear Editor yang bekerja berbeda.

Baca Juga | 5 Aplikasi Photo Editor yang Cocok Untuk Membuat Katalog Produk agar Terlihat Menarik

Kebingungan berlanjut lagi. Jadi ada ribbon, Project and Object Explorers, editing toolbar yang beragam, beberapa timeline, sebuah properties window, sebuah resources window, sebuah menu, beragam opsi klik kanan, dan banyak lagi. Sedihnya, tidak ada local help (kalau di aplikasi lain biasanya bisa diakses dengan menekan F1) untuk fitur-fitur tersebut, jadi harus pergi ke web nya untuk melihat dokumentasi yang sedikit.

Tapi, semuanya akan berkembang ketika kamu mulai memahami keseluruhan VSDC Free Video Editor, dimana aplikasi ini memiliki opsi dan fitur yang banyak banget, yang layak banget dioprek. Tapi, jika kamu lebih suka video editor konvensional, butuh waktu untuk bisa menguasainya, karena memang program ini tidak mudah.

Baca Juga | 6 Cara Mengganti Background Foto di Hp Tanpa Aplikasi

Untunglah versi terbarunya sudah menyertakan peningkatan di bidang grafis dan audio untuk special effects dan rendering video yang lebih profesional. Selain itu, ditambahkan beberapa peningkatan di GUI yang membuat aplikasi ini lebih sederhana daripada sebelumnya.

Baca Juga | 8 Aplikasi Untuk Edit Video Di HP

Berikut ini Langkah Sebelum Menggunakan VSDC free Video Editor :

  1. Download aplikasi VSDC free Video Editor, kamu bisa download aplikasi tersebut di website resminya.
  2. Jika sudah, buka dan pilih new project.
  3. Di bagian project setting, Kamu bisa melakukan setting pada resolusi, frame rate, frequency, dan masih banyak lagi. Kemudian, masukan video yang akan kamu edit dengan memilih import video and images, lalu klik finish.
  4. Di bagian panel project, pilih drag and drop media files here dan pilih video yang akan Anda edit. Tunggu sampai prosesnya selesai, lalu klik apply.
  5. Video akan otomatis masuk ke timeline dan kamu sudah bisa mulai melakukan editing (Baca Juga: 10 Cara untuk membuat Film Pendek).
  6. Jika terdapat tambahan gambar atau media lain, Kamu cukup klik kanan pada sprite 1 yang terdapat pada timeline, lalu pilih edit effect.
  7. Lalu, masuk menu editor. Di sana terdapat 3 pilihan, yaitu add objectvideo effect, dan audio effect. Kamu tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan saja.
  8. Jika video sudah selesai diedit, masuk menu export project dan pilih export video. Masukan nama file, dan pilih letak penyimpanannya. Kemudian, pilih save.
  9. Klik menu conversion. Klik start conversion dan tunggu sampai proses export selesai.
  10. Video kamu sudah selesai diedit.

Baca Juga | 7 Software Animasi 3D Mudah, Cocok untuk Pemula!

Kesimpulan

Tidak intuitif, awkward saat menggunakan, dan minimnya dokumentasi menjadikan penguasaan VSDC Free Video Editor menjadi susah. Aplikasi ini punya banyak fitur powerful, jika kamu adalah orang dengan hasrat ngoprek dan belajar yang kuat, bolehlah dicoba dulu aplikasinya, toh gratis.

Baca Juga | 5 Teknik Fotografi yang Harus Dikuasai Para Pemula

Jika kamu ingin memahami bagaimana menggunakan software editing video VSDC, Kamu bisa mencoba kursus online berbayar. Sebagai platform belajar online Indonesia, Vocasia menyediakan materi Cara Jitu Menjadi Video Editor Menggunakan Smartphone dan masih banyak lagi kursus yang ada di Vocasia dengan sekali bayar kamu bisa akses kursus seumur hidup dan dimentori oleh mentor-mentor yang profesional dibidangnya masing-masing.

Baca Juga | Cara Download Video Instagram Dengan Mudah

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

2 Comments

  1. CHINTYA PUTRI AMELIA Reply

    Terima kasih atas penjelasan dan rekomendasi aplikasi video editor untuk pemula. Saya akan coba belajar edit video menggunakan aplikasi yang penulis rekomendasikan. Pada zaman saat ini, menurut saya skill dalam hal video editing perlu dipelajari. Sebagaimana banyak peluang yang menjanjikan bagi seseorang apabila belajar dengan tekun hingga terampil dalam skills tersebut, baik secara skala kecil hingga besar pada era digital saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *