Tanggal:30 May 2024

Cara Memakai Concealer Untuk Pemula

Complexion yang sempurna adalah impian setiap wanita. Dengan complexion yang rata dan rapih, tampilan kekurangan pada wajah seperti kemerahan, noda hitam, dan kantung mata akan tersamarkan. Untuk mendapatkan tampilan complexion yang baik, kamu perlu menggunakan base make up dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang lebih menutupi warna tidak merata, kamu dapat menggunakan concealer.

Namun, pemakaian concealer cukup tricky bagi pemula. Pemakaian concealer yang salah akan membuat tampilan make up kita terlihat aneh. Lalu, bagaimana cara memakai concealer yang benar? Jawabannya ada di artikel ini. Simak sampai tuntas ya, Sobat Vocasia!

Apa Itu Concealer?

Ilustrasi concealer (freepik)

Sebelum masuk ke penjelasan bagaimana cara memakai concealer, kamu perlu memahami apa itu concealer. Concealer adalah salah satu produk kosmetik yang digunakan untuk menutupi lingkaran hitam, noda hitam, pori-pori besar, bekas jerawat, dan segala noda lainnya yang terlihat di wajah. Concealer mirip dengan foundation tetapi formulanya lebih kental dan digunakan untuk menutupi berbagai noda di wajah. 

Cara Memakai Concealer

Fungsi concealer dapat kamu rasakan dengan maksimal apabila kamu mengetahui cara memakai concealer yang benar. Berikut ini cara pakai concealer agar tampilan make up kamu lebih flaweless.

  1. Carilah shade yang tepat

Carilah shade yang tepat ketika memilih concealer (freepik)

Sebelum menggunakan concealer, pilihlah shade atau warna yang tepat. Saat memilih foundation, kamu memilih warna yang paling sesuai dengan warna kulit wajah. Namun, dalam memilih concealer, akan lebih baik jika kamu memilih satu atau dua shade lebih cerah atau terang dari warna foundation yang kamu gunakan. Warna yang lebih terang ini akan memberikan dimensi pada wajah sehingga wajah tidak terlihat “flat”.

  1. Gunakan pelembab terlebih dahulu

Gunakan pelembab sebelum mengaplikasikan concealer (freepik)

Bila kamu sering menggunakan concealer tiap kali make up, jangan sampai lupa ya selalu menggunakan pelembab sebelumnya. Mengapa pelembab begitu penting untuk digunakan? Hal itu karena pelembab sangat berperan untuk menjaga kelembaban wajah dan mengunci riasan wajah supaya tidak terlihat retak atau cakey. Oleh karena itu, kamu perlu banget memilih pelembab yang tepat sesuai kulit wajah.

Perlu dicatat, apabila kulit wajahmu cenderung berminyak, sebaiknya gunakan pelembab yang mengandung oil free untuk meminimalisir wajah kamu semakin berminyak.  Sementara itu, bila kulit kamu termasuk yang kering, pilihlah pelembab yang memiliki fungsi hydrating.

Baca juga: 8 Rekomendasi Pelembab Untuk Mencerahkan Wajah

  1. Pilih jenis concealer yang tepat

Ilustrasi concealer (freepik)

Agar saat menggunakan concealer hasil yang diperoleh lebih maksimal, tentunya kamu harus memilih concealer yang tepat sesuai jenis kulit agar bisa mengoreksi dan menyamarkan kekurangan pada wajah yang tidak diinginkan. Concealer dengan bentuk cair akan lebih baik digunakan untuk menutupi noda bekas jerawat dan lingkaran hitam di bawah mata, khusunya untuk penggunaan sehari-hari.

  1. Kombinasikan dengan corrector

Gunakan corrector untuk menyempurnakan makeu up (freepik)

Selain jenis yang beragam, concealer juga memiliki banyak warna. Ya, bukan hanya warna yang menyerupai kulit, tapi juga warna hijau, kuning, orange, pink, putih, dan ungu atau biasa disebut dengan corrector. Teknik ini bisa digunakan sesuai dengan permasalahan kulit wajah seperti untuk menetralkan warna kehitaman atau kemerahan pada wajah misalnya bekas jerawat atau warna gelap di bawah mata.

Cara pengaplikasiannya mudah, pilih concealer dengan warna hijau untuk warna kulit kemerahan dan peach untuk warna kulit kehitaman. Sedangkan untuk menutupi hiperpigmentasi, noda gelap, dan kantung mata gunakanlah color corrector berwarna peach atau orange. Jangan lupa tutupi dengan concealer warna senada dengan kulit setelahnya.

  1. Perhatikan cara meratakan concealer

Perhatikan cara meratakan concealer yang benar (freepik)

Cara memakai concealer yang tepat lainnya adalah jangan menyeretnya ketika ingin meratakan dengan kulit wajah. Namun, gunakanlah concealer dengan cara ditepuk lembut dengan jari tangan atau beauty blender untuk menghindari retakan atau kerutan yang terbentuk akibat penggunaan concealer.

Untuk menggunakan concealer di bawah mata, buatlah bentuk segitiga mendekati pipi. Teknik ini bisa menutupi lingkaran hitam mata dan memberi efek wajah sedikit terangkat. Bila kamu menggunakan kuas, pastikan kuas yang dipakai adalah kuas concealer atau foundation ya.

Baca juga: 8 Rekomendasi Foundation Untuk Kulit Berjerawat Anti Geser

  1. Poles bedak secara merata

Poles bedak setelah menggunakan concealer (freepik)

Langkah selanjutnya dalam memakai concealer, kamu perlu memakai bedak untuk membuat kesan lebih halus pada tekstur concealer. Bedak berguna menjaga tekstur concealer tetap awet dan tidak mudah luntur saat terkena keringat. Fokuskan sapuan bedak di area wajah yang kamu pakaikan concealer supaya make up tahan lama.

  1. Gunakan face mist

Ilustrasi menggunakan face mist atau setting spray (freepik)

Setelah seluruh make up menempel sempurna pada wajah, kamu bisa menyemprotkan face mist atau setting spray. Penggunaan face mist berfungsi agar concealer dan make up gak berantakan dan membuat wajah jadi segar. Kamu bisa memilih setting spray sesuai dengan kebutuhanmu, apakah kamu menginginkan hasil akhir yang matte atau dewy.

Itulah cara memakai concealer untuk pemula. Perlu diingat nih, menggunakan concealer yang tepat sangat membantu membuat make up lebih sempurna dan tahan lama.  Jadi, pastikan kamu memilih concealer yang berkualitas bagus dan sesuai dengan jenis kulitmu, ya, Sobat Vocasia!

Baca juga: 7 Alat Make Up Yang Kamu Harus Bawa Saat Bepergian, Apa Aja Ya?

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *