Tanggal:21 June 2024

Urutan Basic Skincare untuk Remaja, Wajib Diikuti!

Sumber: Unsplash

Di era sekarang, hampir semua remaja mulai mengenal apa itu skincare. Selain berfungsi dalam hal kecantikan, skincare juga berguna bagi kesehatan. Jenis skincare pun bermacam-macam yang biasanya disesuaikan dengan jenis kulit. Cara memakai skincare pun juga tidak sembarang, loh. Ada beberapa tahapan dan jenis skincare apa yang digunakan sebelum pemakaian lainnya. Apalagi bagi para remaja yang memerlukan basic skincare dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 9 Alasan Pentingnya Menggunakan Skincare, Ternyata Bermanfaat Banget Loh!

Lalu, bagaimana urutan pemakaian basic skincare untuk remaja? Yuk, simak ulasannya agar kamu tahu urutan pemakaian basic skincare agar kulit menjadi lebih sehat.

Pengertian Basic Skincare

Basic skincare merupakan rangkaian perawatan kulit yang umum atau dasar yang rutin dilakukan, baik sebelum beraktivitas maupun sesudahnya. Baik akan menggunakan make up maupun tidak.

Penggunaan basic skincare ini dilakukan secara rutin dan biasanya cocok untuk semua kulit karena untuk mendasari rutinitas perawatan kulit harian terlebih dahulu. 

Baca juga: 7 Merek Skincare Murah Tapi Kualitas Gak Murahan, Lokal Punya! 

Sumber: Pixabay

Pentingnya Memakai Basic Skincare

Penggunaan basic skincare ini memang sederhana tapi sering di-skip karena terlalu ribet untuk memulai make up atau lainnya. Padahal basic skincare ini memiliki peran yang penting, loh, dalam menjaga kesehatan kulit. Berikut beberapa poin tentang pentingnya melakukan basic skincare secara rutin.

1. Menjaga kulit wajah dari permasalahan seperti kulit kering, kusam, jerawat, dan lainnya.

Apalagi Indonesia merupakan negara tropis yang dapat dikatakan bahwa matahari akan selalu ada. Jadi, penting juga melakukan basic skincare secara rutin untuk hasil yang lebih baik. 

Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi Dan Malam Yang Benar

2. Tidak Ribet Dengan Berbagai Skincare.

Menggunakan skincare dari yang paling dasar membuat pengaplikasian produk menjadi lebih mudah dan sederhana sehingga tidak membutuhkan banyak produk.

3. Jika sudah menggunakan skincare maka bisa menggunakan make up maupun tidak.

Hal ini karena menggunakan basic skincare saja sudah membuat kulit lebih bersih. Jika ada aktivitas yang mendadak dan tidak memungkinkan untuk berdandan maka hanya melakukan basic skincare saja sudah cukup.

4. Mencegah penuaan dini, sunburn, dan kanker kulit.

Banyak pertanda bahwa kulit telah mengalami penuaan dini akibat sinar UV, contohnya keriput, kulit kasar, flek, dan warna kulit tidak merata.

5. Mencerahkan dan menyehatkan kulit.

Tujuan penggunaan skincare selain menyehatkan, juga dapat mencerahkan kulit atau biasa disebut glowing. Kandungan yang ada dalam basic skincare jika digunakan secara rutin maka manfaat ini bisa terwujud.

Baca juga: 11 Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Kulit Berminyak Dan Kusam

Karena menggunakan basic skincare merupakan hal yang penting maka setelah itu perlu diketahui tata cara atau urutan penggunaan basic skincare. Yuk, simak tutorial penggunaan basic skincare untuk remaja berikut.

Urutan Pemakaian Basic Skincare

Berhubung basic skincare merupakan suatu urutan yang cocok untuk semua jenis kulit, maka urutannya pun bisa diaplikasikan ke siapa saja. Hal yang membedakannya, yaitu brand atau merek skincare yang akan disesuaikan dengan jenis kulit.

1. Pembersih Wajah

Penggunaan facial wash (Sumber: Pexels)

Basic Skincare yang pertama, yaitu pembersih wajah. Penggunaan facial wash ini bertujuan untuk mengangkat make up dan kotoran yang menempel di wajah. Ketika membersihkan wajah, perlu dilakukan dua kali  (double cleansing) agar kotoran, minyak, debu, dan sisa make up tidak ada yang tersisa.

Dalam membersihkan wajah, tentunya menggunakan sabun khusus yang disesuaikan dengan jenis kulit. Sebaiknya menghindari pemakaian sabun mandi (untuk badan) agar tidak memunculkan jerawat dan komedo atau menyebabkan iritasi pada pori-pori.

Untuk membersihkan wajah, bisa menggunakan cleanser atau facial wash. Ada berbagai jenis pembersih wajah yang bisa digunakan seperti facial foam, facial gel, cleansing oil, cleansing balm, micellar water, dan lainnya.

Jika menggunakan make up, maka dibersihkan dulu menggunakan make up removal, baru setelah itu mencuci wajah. Normalnya, membersihkan wajah ini dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam (dan setelah menggunakan make up). Jangan terlalu sering membersihkan wajah, karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kekurangan minyak.

Baca juga: 9 Facial Wash Yang Cocok Untuk Remaja 

2. Toner

Pengaplikasian toner (Sumber: Pexels)

Toner ini digunakan setelah mencuci wajah dengan tujuan membersihkan pori-pori dan sel kulit mati, menyeimbangkan pH kulit, dan menyiapkan kulit agar bisa menyerap dan menerima kandungan skincare selanjutnya dengan baik.

Selain itu, toner juga berguna untuk mengempeskan jerawat dan meredakan peradangan. Sebaiknya hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol atau bahan kimia lain agar tidak merusak kulit.

Baca juga: Yuk Ketahui Perbedaan Toner Dan Essence! 

3. Pelembab

Menggunakan moisturizer (Sumber: Pexels)

Untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap stabil maka diperlukan penggunaan pelembab atau moisturizer. Step ini berguna untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi, menghindari radikal bebas, dan menjaga kulit tetap kenyal. Apalagi untuk remaja yang produktif berkegiatan ini ruangan ber-AC atau di luar ruangan dengan udara yang kering, membutuhkan pelembab sebagai pelindung kulit.

Pemilihan pelembab pun menyesuaikan jenis kulit. Misal, jenis kulit yang berminyak atau berjerawat maka lebih baik menggunakan pelembab yang bertekstur gel yang mudah meresap ke dalam kulit. Sedangkan untuk kulit yang sensitif, bisa menggunakan jenis pelembab yang bertekstur krim agar bisa mengunci kelembaban kulit. Untuk kulit remaja sendiri, sebaiknya menggunakan moisturizer yang ringan dan tidak mengandung bahan aktif karena  kulit remaja masih rentan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Pelembab Untuk Mencerahkan Wajah

4. Tabir Surya

Memakai sunscree (Sumber: Unsplash)

Urutan basic skincare yang terakhir, yaitu tabir surya atau yang biasa disebut dengan sunscreen. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa saja menyebabkan kulit kusam, noda hitam, dan tanda-tanda penuaan dini.

Tabir surya memiliki kandungan Sun Protection Factor (SPF) yang dapat disesuaikan dengan tempat aktivitas yang dilakukan, misalnya jika beraktivitas di pantai dibandingkan aktivitas yang dominan di ruang tertutup maka sunscreen yang digunakan pun memiliki tingkatan SPF yang berbeda. Untuk remaja sendiri, biasanya memakai sunscreen normal dengan SPF minimal 30 dengan penggunaan paling tidak 15 menit sebelum berkegiatan.

Baca juga: Yuk Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock 

5. Rajin Eksfoliasi

Langkah terakhir dalam penaplikasian basic skincare (Sumber: Unsplash)

Sebagai tambahan, rutin melakukan eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga bisa membuat wajah tampak lebih bersih dan berseri. Step ini bisa dilakukan dengan menggunakan masker wajah berbahan alami.

Baca juga: Apa Itu Eksfoliasi Wajah dan Bagaimana Cara Melakukannya? 

Nah, itulah beberapa urutan penggunaan basic skincare untuk remaja yang harus dilakukan secara rutin. Pengaplikasian basic skincare ini sangat penting sebelum mencoba produk skincare lainnya. Urutan tersebut memanglah sama, tapi untuk brand skincare lebih baik menyesuaikan dengan jenis kulit masing-masing agar tidak menyebabkan kerusakan pada kulit.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Body Scrub Untuk Memutihkan Kulit

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *