Tanggal:22 July 2024

Cara untuk memasang iklan di Facebook

Facebook adalah platform sosial media yang sangat populer hingga saat ini. Sudah ada sekitar 2 Miliar pengguna aktif di Facebook.

Baca Juga : Tips Mudah Beriklan di Facebook

Facebook selain bisa digunakan untuk eksis atau chatting dengan teman-teman, Facebook juga dapat menjadi tempat alternatif untuk beriklan lho.

Dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai cara beriklan di Facebook dengan benar, yuk disimak!

Facebook Ads

Facebook Ads adalah suatu kegunaan untuk pengguna yang ingin bekerja sama dengan Facebook. Cara untuk mengaktifkan fitur Facebook Ads ada beberapa cara yang perlu diperhatikan

Baca Juga : Kata-kata Promosi Facebook Untuk Bisnis

Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur Facebook Ads:

1. Buat Halaman Bisnis

Sebelum membuat halaman bisnis di Facebook pastikan Kalian sudah membuat halaman akun bisnis. Setelah membuat halaman akun bisnis Kalian bisa langsung menuju ke Facebook Ads Manager dengan tujuan untuk mengatur iklan yang ingin Kalian tampilkan.

Baca Juga : Facebook Business Manager

2. Pilih Tujuan

Setelah masuk ke halaman Facebook Ads Manager, klik ke halaman Campaign setelah itu Kalian klik Create dengan tujuan untuk memulai kampanye iklan di Facebook.

Di Facebook sudah ditawarkan beberapa kategori tujuan untuk iklan yang nanti akan Kalian tampilkan, Diantaranya adalah :

Kalian pilih kategori yang cocok dengan iklan yang akan Kalian tampilkan. Tetapi, kategori Traffic dan Video Views adalah kategori yang berbayar.

Baca Juga : Cara Buat Facebook Fans Page

3. Beri Nama Iklan

Scroll ke bawah untuk menamai kampanye iklan Facebook kalian. Kalian juga bisa memilih untuk mengaktifkan A/B split test atau tidak. Selain itu ada juga opsi untuk mengoptimalkan budget iklan jika kalian sudah menjalankan banyak iklan di Facebook.

Jika kalian memilih tujuan pemasaran Engagement, kalian juga harus memilih apakah harus fokus di post engagement, page like atau event responses. Pilih sesuai keinginan kalian.

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

4. Mengatur Akun Iklan Kalian

Jika Kalian adalah pengguna baru yang baru menggunakan fitur Facebook Ads Kalian harus mengatur dahulu akun iklan Kalian dengan cara masuk ke halaman (Set Up Ad Account) Setelah itu kalian akan diminta mengisi rincian data untuk membuat akun iklan.

Baca Juga : Iklan Online

Masukkan negara, pilihan mata uang dan zona waktu lalu klik (Continue).

5. Pilih Audiens

Setelah itu kalian akan menamai kampanye iklan Facebook dan memilih Page mana yang ingin dipromosikan. Scroll ke bawah untuk membangun segmen audiens yang ingin diincar.

Mulai dengan memilih lokasi target, usia, gender dan bahasa. Saat memilih audiens target, perhatikan indikator ukuran audiens yang ada di sisi kanan layar agar bisa mendapat bayangan seperti apa potensi jangkauan iklan kalian.

Baca Juga : Cara Memasang Iklan di Google Ads

Setelah itu kalian bisa melakukan targeting yang lebih mendetail. Kalian akan melihat dua kolom yang bisa membantu memilih audiens yang spesifik sesuai keinginan.

Di kolom (Detailed targeting) kalian bisa memasukkan atau mengecualikan orang berdasarkan demografi, minat dan perilaku. Sedangkan di kolom (Connections) kalian bisa menargetkan atau mengecualikan orang yang telah memiliki hubungan dengan halaman Facebook bisnis, aplikasi event yang kalian kelola.

Baca Juga : Iklan Niaga

6. Pilih Lokasi Iklan

Fitur ini bertujuan untuk membuat lokasi secara otomatis menempatkan iklan Kalian di Facebook, Instagram, Messenger serta Audiens Network.

7. Buat Iklan

Tahap terakhir di tutorial membuat iklan di Facebook adalah membuat iklan. Pertama, pilih format iklan kalian, lalu masukkan teks dan komponen media untuk iklan.

Baca Juga : Iklan Advertorial

Pilihan format yang tersedia akan bergantung pada tujuan pemasaran yang telah kalian pilih sebelumnya. Gunakan preview yang ada di bagian bawah untuk memastikan iklan kalian terlihat bagus dan menarik di semua platform penempatan yang dipilih.

Jika sudah puas dengan pilihan dan tampilan iklan kalian, klik tombol Confirm untuk mengirimkan order kalian dan tunggu hingga mendapatkan email dari Facebook yang mengatakan iklan kalian sudah diterima.

Baca Juga : Jingles Untuk Iklan Bisnis

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *