Tanggal:06 May 2024

Cara Membagi Waktu Kerja dan Usaha? Ini Cara-Caranya!

Ada suatu saat dimana kita sudah memiliki semua yang kita inginkan dan merasa puas, tetapi ada saja yang masih kita ingin lakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang baru. Mungkin dengan aktivitas baru, pemikiran yang baru, dan masih banyak lagi. Contohnya saja dengan memiliki pekerjaan dan usaha yang dilakukan secara bersamaan, memang bisa ya?

Tentu saja bisa! Hal ini dapat kamu lakukan asalkan kamu dapat membagi waktunya dengan benar. Contohnya sendiri sudah banyak sekali kok di kalangan masyarakat. Mereka sehari-harinya bekerja, dan usaha mereka tetap jalan dengan mempekerjakan karyawan atau usaha mereka yang dilakukan pada akhir pekan. Maka dari itu, time management yang baik akan sangat penting demi berlangsungnya kedua hal tersebut. 

Lalu, cara-caranya apa aja sih? Tentu banyak sekali hal yang harus kamu perhatikan. Hal pertama mungkin adalah keinginan kamu ingin menambah usaha, pastinya membutuhkan modal dan waktu yang mungkin akan termakan banyak, dan waktu lain-lainnya akan hilang begitu saja demi usaha kamu atau pekerjaan. Kalau kamu merasa hal itu dapat diatasi, maka tidak ada yang harus dikhawatirkan. Mau tahu cara-caranya? Yuk kita cari tahu dan cek bareng di list berikut ini! 

1. Pilih Usaha Yang Diminati 

Kamu harus memilih bidang usaha yang kamu minati, tentunya agar kamu masih bisa mengasah kemampuanmu di luar pekerjaan. Jadi, kamu masih berada di bidang yang sama dan tidak memiliki bidang yang berbeda antara pekerjaan dan usaha. Tetapi, ini hanya saran ya, kalau kamu merasa bisa dengan bidang yang berbeda, mengapa tidak?

2. Menyiapkan Modal Yang Cukup 

Modal yang cukup juga sangat penting. Jangan sampai modal yang kamu punya itu tidak sebanding dengan usaha yang sedang kamu ingin jalankan. Kamu harus memikir sisi positifnya, jika modal tidak cukup, maka kamu harus mencari bidang usaha alternatif, agar kamu tidak memikirkan hal yang seharusnya tidak kamu pentingkan. Karena masih banyak hal seperti pekerjaan kamu yang harus kamu kerjakan.

3. Mengatur Jadwal 

Membagi dan mengatur waktu antara usaha dan pekerjaan harus kamu siapkan dan lakukan dengan baik. Jangan sampai kedua hal tersebut akan menganggu waktu satu dengan yang lain. Saat bekerja, sebaiknya tidak ada pembicaraan atau pemikiran tentang usaha, begitu juga dengan sebaliknya. Jika kamu berhasil mengaturnya, maka kamu akan merasa tenang dan nyaman deh pastinya!

4. Merelakan Waktu Akhir Pekan 

Karena kemungkinan kamu bekerja pada hari kerja atau hari biasa Senin hingga Jumat, maka waktu akhir pekan-lah yang akan digunakan untuk mengurus usaha kamu. Jadi, siap-siap saja merelakan waktu senggang kamu untuk istrahat, jalan-jalan, hobi, dan lain-lainnya untuk direlakan.

5. Mengajak Orang Untuk Membantu Bisnis Kamu 

Tentunya kamu tidak akan sendiri mengerjakan bisnis kamu. Kamu harus memiliki bantuan seperti karyawan yang akan siap membantu membangun usaha kamu. Memang bisa saja sendiri kamu melakukannya, tetapi daripada kamu nanti keberatan di tengah jalan, mungkin memiliki bantuan tidak sepenuhnya buruk kan?

6. Pintar-Pintar Menyeimbangi Keduanya 

Kalau kamu sudah bisa mengatur jadwal diantara keduanya, pasti kamu juga sudah bisa menyeimbangi dengan baik. Kalau kamu tidak memiliki jadwal yang jelas, pasti kamu juga akan sulit menyeimbanginya. Maka dari itu kamu harus pintar-pintar membagi waktu agar menyeimbanginya dengan baik.

7. Kerja Sebagai Freelance 

Salah satu opsi lainnya untuk mempermudah membagi kedua waktu antara pekerjaan dan usaha adalah mengubah pekerjaan kamu menjadi freelance. Kalau pekerjaan tetap, waktu kerja kamu pastinya akan penuh dan sibuk, yang membuat usaha kamu hanya bisa dilakukan pada akhir pekan. Tetapi kalau freelance, mungkin saja kamu bisa melakukan keduanya secara bersamaan dengan beban yang tidak terlalu berat.

Kalau kamu sudah bisa menerapkan cara-cara di atas, dijamin deh pasti usaha kamu juga akan mulai lancar. Tetapi jangan lupa untuk tidak meninggalkan pekerjaan kamu ya!

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *