Tanggal:11 May 2024

Hal-Hal Yang Menghambat Produktivitas Kerja, Hindari Hal-Hal Berikut!

Dalam bekerja, pastinya banyak faktor yang dapat menghambat produktivitas kerja setiap harinya. Faktor-faktor ini yang harus segera dihindari agar kamu dapat bekerja dengan tenang, lancar dan juga fokus. Jika tidak kamu hindari dan hilangkan secepatnya, produktivitas kamu akan mulai hilang dan kamu jadi lalai akan pekerjaan kamu. Lalu, cara menghidarinya bagaimana ya?

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Banyak cara untuk menghilangkannya. Mulai dari banyak istirahat, olahraga, sosialisasi dengan orang yang positif untuk diajak sosialisasi, dan mencoba untuk tidak memperdulikan hal-hal yang seharusnya tidak kamu pikirkan. Masih banyak lagi contoh-contohnya, tetapi kamu sudah tahu hal-hal yang dapat memperhambat produktivitas kerja kamu? 

Baca Juga : Contoh Meningkatkan Produktivitas Kerja

Seperti yang sudah disebutkan tadi, banyak sekali contoh-contohnya. Mulai dari gampang lelah, tidak fokus, sering main media sosial, hingga mendengarkan lagu yang cocok pada seleramu. Kamu ingin tahu kan apa saja contoh-contohnya? Yuk kita simak dan cek bersama di list berikut ini! Dan ingat, jangan lupa untuk mempelajari, mengingat, dan menghindarinya setelah membaca ya!

1. Tertidur dan Kelelahan 

Hal pertama yang harusnya kamu hindari adalah tertidur atau kelelahan. Kita terkadang memang tidak bisa menghindarinya, hal ini dikarenakan kita bisa kerja hingga larut malam, jadi saat sudah pagi lagi, badan kamu merasa belum cukup istirahat. Lalu, kamu harus sudah berangkat kerja lagi tetapi badanmu masih butuh istirahat. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup, agar tidak ngantuk dan tertidur pada saat jam kerja.

Baca Juga : Cara Kerja di Luar Negeri

2. Ikut Meeting Yang Tidak Relevan Dengan Pekerjaanmu 

Meeting merupakan salah satu esensial yang biasanya harus diikuti oleh orang kantoran. Mulai dari meeting mengenai pekerjaan kamu dengan atasan, divisi lain, dan masih banyak lagi. Tetapi kamu tahu tidak, terkadang meeting yang diikuti oleh pekerja itu tidak ada hubungannya atau relevannya sama pekerjaan kamu lho. Hal itu juga dapat membuat produktivitas kamu menurun. Jadi, disarankan untuk mengikuti meeting yang relevan sama pekerjaan kamu, agar tidak mengganggu mood kerja-mu.

Baca Juga : Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

3. Candu Bermain Media Sosial 

Siapa nih yang biasanya kalau sambil kerja main media sosial juga? Alangkah baiknya dikurangi karena kalau sudah main media sosial, susah banget untuk ditinggalkan, padahal kamu sedang dalam jam kerja. Media sosial memang asik untuk dimainkan, tetapi pekerjaan kamu yang belum selesai juga penting bukan?

Baca Juga : Tips Agar WFH Tetap Produktif

4. Mengabaikan Tugas-Tugas 

Melanjutkan poin sebelumnya, bermain media sosial dengan waktu yang cukup sering itu adalah sebuah kecanduan. Sampai-sampai, kamu mengabaikan tugas kamu di kantor. Padahal, waktu-waktu tersebut digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kamu. Hal ini harus dikurangi dan dihindari saat sedang berada di jam kerja ya. Mengabaikan tugas-tugas kamu berujung fatal lho!

Baca Juga : Cara Mengukur Produktivitas Kerja

5. Bermunculan Notifikasi di HP-mu 

Terkadang, notifikasi handphone suka banyak sekali. Memang sih notifikasi-notifikasi tersebut bisa saja surat email dan terkait dengan pekerjaan kamu. Tetapi kalau ternyata bukan dan notifikasi tersebut berasal dari media sosial kamu, itu bahaya banget! Bisa-bisa kamu ujungnya malah main media sosial deh!

Baca Juga : Teamwork Dalam Dunia Kerja

6. Aktivitas-Aktivitas Malam Hari 

Setelah jam kerja, sebaiknya kamu istirahat di rumah atau tempat tinggal kamu, agar kamu memiliki waktu istirahat yang cukup. Kalau fisik kamu merasa kuat, memang tidak apa-apa. Tetapi hal ini dilakukan kan agar menghindari kelelahan kamu. Kalau besoknya lelah saat bekerja, kan akan sulit untuk fokus kerjanya.

Baca Juga : Pekerjaan Wanita Dengan Gaji Tertinggi

7. Telat Makan dan Minum 

Poin terakhir dan sangat penting untuk kamu tidak kamu lakukan adalah telat makan dan minum. Walaupun keseharian kamu bekerja, jangan sampai kamu lupa dan telat makan-minum ya! Fatal sekali kalau sampai tidak makan, bisa-bisa kamu jatuh sakit hingga pingsan saat bekerja. Selalu sempatkan untuk makan dan minum sambil kerja, dan pastinya kamu diberikan waktu kok untuk makan dan istirahat di kantor.

Baca Juga : Manfaat Produktivitas Kerja

Bagi kamu yang sering bekerja, jangan lupa untuk menghindari hal-hal di atas ya! Agar pekerjaan kamu tidak terhambat dan lancar terus produktivitas kerjanya!

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *